Manajemen
Perencanaan Kurikulum
a.
Karakteristik
Perencanaan Kurikulum
a) Pengertian
pengembangan kurikulum adalah perencanaan kesempatan belajar yang dimaksudkan
untuk membina siswa/ peserta didik ke arah perubahan tingkah laku yang
diinginkan dan menilai hingga mana perubahan-perubahan telah terjadi pada diri
siswa/ peserta didik.
b) Fungsi
Perencanaan Kurikulum
-
perencanaan kurikulum
berfungsi sebagai pedoman atau alat manajemen, yang berisi petunjuk tentang
jenis dan sumber peserta yang diperlukan, media penympaiannya, tindakan yang
perlu dilakukan, sumber biaya, tenaga, sarana yang diperlukan, sistem kontrol
dan evaluasi, peran unsur-unsur ketenagaan untuk mencapai tujuan manajemen
organisasi
-
Perencanaan kurikulum
berfungsi sebagai penggerak roda organisasi dan tata laksana untuk menciptakan
perubahan dalam masyarakat sesuai dengan
tujuan organisasi. Perencanaan kurikulum yang matang besar sumbangannya
terhadap pembuatan keputusan oleh pimpinan dan oleh karenanya perlu membuat
informasi kebijakan yang relevan, disamping seni kepemimpinan dan pengetahuan
yang telah dimilikinya
-
Perencanaan kurikulum
berfungsi sebagai motivasi untuk melaksanakan sistem pendidikan sehingga
mencapai hasil optimal
c) Model
perencanaan kurikulum:
-
Model perencanaan
rasional dedukatif atau rasional
-
Model interaktif
rasional
-
The
disciplines model
-
Model tanpa perencanaan
d) Desain
kurikulum, prosesnya berbeda dari proses sosial yang lebih luas, perluasan
waktu dari perencanaan kurikulum. Kelayakan dan potensi pendidikan pada desain
kurikulum akhir dapat dianalisis secara rasional, tetapi formulasinya atau
sintesis adalah suatu seni.
e) Sifat
perencanaan kurikulum: strategis, komprehensif, integratif, humanistik,
futuralistik, desentralistik, merupakan bagian integral yang mendukung
manajemen pendidikan secara sistemik, perencanaan kurikulum mengacu pada
pengembangan kompetensi sesuai dengan standar nasional, berdeversifikasi untuk
melayani keragaman peserta didik.
b.
Asas-
Asas Perencanaan Kurikulum
a) Objektifitas
b) Keterpaduan
c) Manfaat
d) Efisiensi
dan Efektivitas
e) Kesesuaian
f) Keseimbangan
g) Kemudahan
h) Berkesinambungan
i)
Pembakuan
j)
Mutu
c.
Pengembangan
Kurikulum dengan Pendekatan Sistem
Pendektan sistem lahir dalam lapangan sistem engineering dan pertama-tama dilaksnakan
dalam desain elektronik, mekanik, militer dan sistem ruang. Salah satu model
penggunaan pendekatan sistem dalam rangka mengembangkan suatu course design adalah sebagai berikut
a) Identifikasi
tugas-tugas
b) Analisis
tugas-tugas
c) Spesifikasi
pengetahuan keterampilan sikap
d) Penetapan
kemampuan
e) Identifikasi
kebutuhan pendidikan dan latihan
f) Perumusan
tujuan pendidikan
g) Kriteria
pengukuran penguasaan tugas
h) Organisasi
sumber-sumber belajar
i)
Pemilihan strategi
pengajaran
j)
Tes lapangan dan
evaluasi sistem
k) Pengukuran
reabilitas program
l)
Monitoring sistem
d.
Perumusan
Tujuan Kemampuan
Untuk memperoleh kemampuan-kemampuan tersebut
(dalam kategori kemampuan generik), setiap insan kerja dituntut.
a) Memiliki
pengetahuan dan pemahaman serta mampu melakukan pengkajian teoritis terhadap
semua informasi dan keseluruhan “peta
pengetahuan” bersumber dari bacaan-bacaan yang tersedia, khususnya yang
berkenaan dengan materi sesuai bidang garapannya
b) Memiliki
kemampuan menyadari masalah-masalah serta mampu memecahkan sendiri hal-hal yang
berkenaan dengan pekerjaannya, baik yang ditemukan di lapangan (desa, kota,
lembaga dsb) maupun yang ditemukan sumber-sumber di lingkungan
c) Memiliki
keterampilan menggunakan alat-alat teknologi dan perlengkapan lainnya yang
digunakan dalam operasionalisasi program kerja
e.
Perumusan
Isi Lurikulum
Isi kurikulum adalah keseluruhan materi dan
kegiatan yang tersusun dalam urutan dan ruang lingkup yang mencakup bidang
pengajaran, mata pelajaran, masalah-masalah, proyek-proyek yang perlu
dikerjakan.
f.
Merancang
Strategi Pembelajaran
a) Konsep
pembelajaran
b) Strategi
pembelajaran
c) Jenis-jenis
strategi pembelajaran
g.
Merancang
Strategi Bimbingan
a) Konsep
kepembimbingan
b) Jenis-jenis
bimbingan
h.
Merancang
Strategi Penilaian
a) Konsep
penilaian
b) Jenis-jenis
penilaian
DAFTAR PUSTAKA
Hamalik, Oemar.
2007. “Manajemen Perkembangan Kurikulum”.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan
Pembelajaran. (2006). “Kurikulum dan Pembelajaran”. UPI Press Bandung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar