Jumat, 14 September 2012

Manajemen Perencanaan Kurikulum


    Manajemen Perencanaan Kurikulum

a.     Karakteristik Perencanaan Kurikulum

a)      Pengertian pengembangan kurikulum adalah perencanaan kesempatan belajar yang dimaksudkan untuk membina siswa/ peserta didik ke arah perubahan tingkah laku yang diinginkan dan menilai hingga mana perubahan-perubahan telah terjadi pada diri siswa/ peserta didik.

b)      Fungsi Perencanaan Kurikulum

-          ­perencanaan kurikulum berfungsi sebagai pedoman atau alat manajemen, yang berisi petunjuk tentang jenis dan sumber peserta yang diperlukan, media penympaiannya, tindakan yang perlu dilakukan, sumber biaya, tenaga, sarana yang diperlukan, sistem kontrol dan evaluasi, peran unsur-unsur ketenagaan untuk mencapai tujuan manajemen organisasi

-          Perencanaan kurikulum berfungsi sebagai penggerak roda organisasi dan tata laksana untuk menciptakan perubahan dalam  masyarakat sesuai dengan tujuan organisasi. Perencanaan kurikulum yang matang besar sumbangannya terhadap pembuatan keputusan oleh pimpinan dan oleh karenanya perlu membuat informasi kebijakan yang relevan, disamping seni kepemimpinan dan pengetahuan yang telah dimilikinya

-          Perencanaan kurikulum berfungsi sebagai motivasi untuk melaksanakan sistem pendidikan sehingga mencapai hasil optimal

c)      Model perencanaan kurikulum:
-          Model perencanaan rasional dedukatif atau rasional
-          Model interaktif rasional
-          The disciplines model
-          Model tanpa perencanaan

d)     Desain kurikulum, prosesnya berbeda dari proses sosial yang lebih luas, perluasan waktu dari perencanaan kurikulum. Kelayakan dan potensi pendidikan pada desain kurikulum akhir dapat dianalisis secara rasional, tetapi formulasinya atau sintesis adalah suatu seni.

e)      Sifat perencanaan kurikulum: strategis, komprehensif, integratif, humanistik, futuralistik, desentralistik, merupakan bagian integral yang mendukung manajemen pendidikan secara sistemik, perencanaan kurikulum mengacu pada pengembangan kompetensi sesuai dengan standar nasional, berdeversifikasi untuk melayani keragaman peserta didik.

b.      Asas- Asas Perencanaan Kurikulum
a)      Objektifitas
b)      Keterpaduan
c)      Manfaat
d)     Efisiensi dan Efektivitas
e)      Kesesuaian
f)       Keseimbangan
g)      Kemudahan
h)      Berkesinambungan
i)        Pembakuan
j)        Mutu

c.       Pengembangan Kurikulum dengan Pendekatan Sistem
  Pendektan sistem lahir dalam lapangan sistem engineering dan pertama-tama dilaksnakan dalam desain elektronik, mekanik, militer dan sistem ruang. Salah satu model penggunaan pendekatan sistem dalam rangka mengembangkan suatu course design adalah sebagai berikut

a)      Identifikasi tugas-tugas
b)      Analisis tugas-tugas
c)      Spesifikasi pengetahuan keterampilan sikap
d)     Penetapan kemampuan
e)      Identifikasi kebutuhan pendidikan dan latihan
f)       Perumusan tujuan pendidikan
g)      Kriteria pengukuran penguasaan tugas
h)      Organisasi sumber-sumber belajar
i)        Pemilihan strategi pengajaran
j)        Tes lapangan dan evaluasi sistem
k)      Pengukuran reabilitas program
l)        Monitoring sistem

d.      Perumusan Tujuan Kemampuan

  Untuk memperoleh kemampuan-kemampuan tersebut (dalam kategori kemampuan generik), setiap insan kerja dituntut.

a)      Memiliki pengetahuan dan pemahaman serta mampu melakukan pengkajian teoritis terhadap semua informasi dan keseluruhan “peta pengetahuan” bersumber dari bacaan-bacaan yang tersedia, khususnya yang berkenaan dengan materi sesuai bidang garapannya

b)      Memiliki kemampuan menyadari masalah-masalah serta mampu memecahkan sendiri hal-hal yang berkenaan dengan pekerjaannya, baik yang ditemukan di lapangan (desa, kota, lembaga dsb) maupun yang ditemukan sumber-sumber di lingkungan

c)      Memiliki keterampilan menggunakan alat-alat teknologi dan perlengkapan lainnya yang digunakan dalam operasionalisasi program kerja

e.       Perumusan Isi Lurikulum
   Isi kurikulum adalah keseluruhan materi dan kegiatan yang tersusun dalam urutan dan ruang lingkup yang mencakup bidang pengajaran, mata pelajaran, masalah-masalah, proyek-proyek yang perlu dikerjakan.

f.       Merancang Strategi Pembelajaran
a)      Konsep pembelajaran
b)      Strategi pembelajaran
c)      Jenis-jenis strategi pembelajaran

g.      Merancang Strategi Bimbingan
a)      Konsep kepembimbingan
b)      Jenis-jenis bimbingan

h.      Merancang Strategi Penilaian
a)      Konsep penilaian
b)      Jenis-jenis penilaian

DAFTAR PUSTAKA

Hamalik, Oemar. 2007. “Manajemen Perkembangan Kurikulum”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2006). “Kurikulum dan   Pembelajaran”. UPI Press Bandung.

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...