RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMA .................
Kelas / Semester : XI (Sebelas) / Semester II
Mata Pelajaran : FISIKA
Standar
Kompetensi
3. Menerapkan
konsep termodinamika dalam mesin kalor
Kompetensi Dasar
3.1
Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal
monoatomik
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mendeskripsikan persamaan umum gas ideal pada persoalan
fisika sehari-hari
2.
Menerapkan persamaan umum gas ideal pada proses
isotermik, isokhorik, dan isobarik
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
§ Mendeskripsikan
persamaan umum gas ideal pada persoalan fisika sehari-hari
§ Menerapkan
persamaan umum gas ideal pada proses isotermik, isokhorik, dan isobarik
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Toleransi, Kerja keras,
Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan
hasil.
B. Materi Pembelajaran
Teori kinetik gas : Persamaan umum
gas, Tekanan dan energi kinetik gas
C. Metode Pembelajaran
-
Model : - Direct
Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
-
Metode : - Diskusi kelompok
-
Observasi
- Eksperimen
- Ceramah
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik
|
·
Menerapkan konsep tekanan, volume, suhu, kecepatan, dan
energi kinetik dalam diskusi pemecahan masalah
|
· Siswa
dapat Merumuskan hubungan antara
tekanan, volume, suhu, kecepatan, dan energi kinetik dalam diskusi kelas
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan Apersepsi:
l Apakah
yang terjadi jika sebuah pegas diregangkan?
-
Prasyarat pengetahuan:
l Apakah
yang dimaksud dengan sifat elastis?
-
Pra
eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan
pegas.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Merumuskan hubungan antara tekanan, volume, suhu,
kecepatan, dan energi kinetik dalam diskusi kelas (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Menerapkan konsep tekanan, volume, suhu, kecepatan,
dan energi kinetik dalam diskusi pemecahan masalah (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
E. Sumber
Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 2b
b. Buku referensi yang relevan
c. Lembar kerja
d. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian
Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
l Tes
tertulis
l Penugasan
l Tes
unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen:
l PG
l Uraian
l Proyek
ilmiah
l Uji
petik kerja produk
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP/NIK. NIP/NIK.
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar