Jumat, 18 April 2014

RPP B. Inggris Kelas X Semester 2



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : 
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : X / 2
Pertemuan Ke             :  12
Alokasi Waktu             :  2 x 45 menit


A.      Standar Kompetensi
         Membaca
11.           Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  narrative, descriptive dan news item   dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

B.      Kompetensi Dasar
          11.2         Merespon makna dan langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
§  Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
§  Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca
§  Mengidentifikasi komplikasi dalam sebuah cerita narasi
§  Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca
§  Mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan
§  Mengidentifikasi inti berita yang didengar
§  Mengidentifikasi sumber berita yang didengar
§  Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks
§  Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).

D.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
§  Siswa dapat mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca
§  Siswa dapat mengidentifikasi komplikasi dalam sebuah cerita narasi
§  Siswa dapat mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca
§  Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan
§  Siswa dapat mengidentifikasi inti berita yang didengar
§  Siswa dapat mengidentifikasi sumber berita yang didengar
§  Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks
§  Siswa dapat mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca

E.      Materi Pokok
Identify factual meaning in the texts;
Identify the structure of narrative texts;
Reading and understanding narrative texts.

The Fox and the Crow

A crow, perched in a tree with a piece of cheese in his beak, attracted the eye and nose of a fox. "If you can sing as prettily as you sit," said the fox, "then you are the prettiest singer within my scent and sight." The fox hadread somewhere, and somewhere, and somewhere else, that praising the voice of a crow with a cheese in his beak would make him drop the cheese and sing. But this is not what happened to this particular crow in this particular case.

"They say you are sly and they say you are crazy," said the crow, having carefully removed the cheese from his beak with the claws of one foot, "but you must be nearsighted as well. Warblers wear gay hats and colored jackets and bright vest, and they are a dollar a hundred. I wear black and I am unique.
"I am sure you are," said the fox, who was neither crazy nor nearsighted, but sly. "I recognize you, now that I look more closely, as the most famed and talented of all birds, and I fain would hear you tell about yourself, but I am hungry and must go."

 "Tarry awhile," said the crow quickly, "and share my lunch with me." Whereupon he tossed the cunning fox the lion's share of the cheese, andbegan to tell about himself. "A ship that sails without a crow's nest sails to doom," he said. "Bars may come and bars may go, but crow bars last forever. I am the pioneer of flight, I am the map maker. Last, but never least, my flight is known to scientists and engineers, geometricians, and scholar, as the shortest distance between two points. Any two points," he concluded arrogantly.

"Oh, every two points, I am sure," said the fox. "And thank you for the lion's share of what I know you could not spare." And with this he trotted away into the woods, his appetite appeased, leaving the hungry crow perched forlornly in the tree.


F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
§  Pendekatan                        : Contextual Teaching and Learning (CTL)
§  Strategi Pembelajaran        : Cooperative Learning

G.      Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Siswa dapat mengindentifikasi makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar
Siswa mampu menganalisa makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar.
Siswa mampu mengerjakan dan mengerti makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar. informasi tertentu. berhubungan dengan penyelesaian suatu soal.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar.
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi mengenai cara membaca nyaring bermacam wacana ragam tulis yang  di bahas dengan ucapan dan  intonasi yang benar, mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca dan informasi tertentu.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar. dari soal-soal latihan yang belum terselesaikan di kelas .
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.      Sumber/Bahan/Alat
Developing English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran berbahasa Inggris
Majalah
I.       Penilaian
  • Teknik                          :     Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
  • Bentuk Instrumen    :     Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.
Contoh Instrumen     :
Read and study the story in Activity 5 once again. Then decide whether these statements are true or false.

1.      There are two main characters in the story.
2.      The story probably took place in the jungle.
3.      The fox had read somewhere that praising the voice of a crow with a cheese in his beak would make him drop the cheese and sing.
4.      The fox said that the crows are sly and crazy.
5.      The fox recognise that the crow look more closely, as the most famed and talented of all birds
6.      Whereupon the crow tossed the cunning fox the crow's share of the cheese.
7.      The fox is really arrogant. He is the map maker.
8.      The crow's appetite appeased, leaving the hungry crow perched forlornly in the tree.

Mengetahui,
Kepala Sekolah,





, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,







Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...