Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : X
/ 2
Pertemuan Ke : 12
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
A. Standar
Kompetensi
Membaca
11. Memahami makna teks
fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk
narrative, descriptive dan news item
dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan.
B. Kompetensi
Dasar
11.2 Merespon makna dan langkah-langkah
retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk
narrative, descriptive, dan news item.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
§
Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
§
Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca
§
Mengidentifikasi komplikasi dalam sebuah cerita narasi
§
Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca
§
Mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan
§
Mengidentifikasi inti berita yang didengar
§
Mengidentifikasi sumber berita yang didengar
§
Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks
§
Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan).
D. Tujuan
Pembelajaran
§
Siswa
dapat mengidentifikasi
makna kata dalam teks yang dibaca
§
Siswa
dapat mengidentifikasi
makna kalimat dalam teks yang dibaca
§
Siswa
dapat mengidentifikasi
komplikasi dalam sebuah cerita narasi
§
Siswa
dapat mengidentifikasi
kejadian dalam teks yang dibaca
§
Siswa
dapat mengidentifikasi
ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan
§
Siswa
dapat mengidentifikasi
inti berita yang didengar
§
Siswa
dapat mengidentifikasi
sumber berita yang didengar
§
Siswa
dapat mengidentifikasi
langkah-langkah retorika dari teks
§
Siswa
dapat mengidentifikasi
tujuan komunikasi teks dibaca
E. Materi Pokok
Identify
factual meaning in the texts;
Identify
the structure of narrative texts;
Reading
and understanding narrative texts.
The
Fox and the Crow
A
crow, perched in a tree with a piece of cheese in his beak, attracted the eye
and nose of a fox. "If you can sing as prettily as you sit," said the
fox, "then you are the prettiest singer within my scent and sight."
The fox hadread somewhere, and somewhere, and somewhere else, that praising the
voice of a crow with a cheese in his beak would make him drop the cheese and
sing. But this is not what happened to this particular crow in this particular
case.
"They
say you are sly and they say you are crazy," said the crow, having
carefully removed the cheese from his beak with the claws of one foot,
"but you must be nearsighted as well. Warblers wear gay hats and colored
jackets and bright vest, and they are a dollar a hundred. I wear black and I am
unique.
"I
am sure you are," said the fox, who was neither crazy nor nearsighted, but
sly. "I recognize you, now that I look more closely, as the most famed and
talented of all birds, and I fain would hear you tell about yourself, but I am
hungry and must go."
"Tarry awhile," said the crow
quickly, "and share my lunch with me." Whereupon he tossed the
cunning fox the lion's share of the cheese, andbegan to tell about himself.
"A ship that sails without a crow's nest sails to doom," he said.
"Bars may come and bars may go, but crow bars last forever. I am the
pioneer of flight, I am the map maker. Last, but never least, my flight is
known to scientists and engineers, geometricians, and scholar, as the shortest
distance between two points. Any two points," he concluded arrogantly.
"Oh,
every two points, I am sure," said the fox. "And thank you for the
lion's share of what I know you could not spare." And with this he trotted
away into the woods, his appetite appeased, leaving the hungry crow perched
forlornly in the tree.
Taken
from www.aesopfables.com
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
§
Pendekatan
: Contextual Teaching and Learning (CTL)
§
Strategi
Pembelajaran : Cooperative Learning
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Siswa
dapat mengindentifikasi makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam
sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang
dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang
dibaca, inti berita yang didengar
|
Siswa
mampu menganalisa makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah
cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang
dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang
dibaca, inti berita yang didengar.
|
Siswa
mampu mengerjakan dan mengerti makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi
dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang
yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks
yang dibaca, inti berita yang didengar.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin)
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari
dengan karakter
Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar,
menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait
dengan SK/KD
Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku
teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi mengenai makna kata dan kalimat dalam teks
komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari
benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi
dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai makna
kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian
dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah
retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam
sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang
dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang
dibaca, inti berita yang didengar. informasi tertentu. berhubungan dengan
penyelesaian suatu soal.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita
narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan,
langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita
yang didengar.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi,
kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan,
langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita
yang didengar.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi
mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita
narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan,
langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita
yang didengar.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai cara membaca nyaring bermacam
wacana ragam tulis yang di bahas dengan
ucapan dan intonasi yang benar,
mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca dan informasi tertentu.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai makna kata dan
kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks,
ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika,
tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar. dari
soal-soal latihan yang belum terselesaikan di kelas .
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
Developing
English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbahasa Inggris
Majalah
I. Penilaian
- Teknik : Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
- Bentuk Instrumen : Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.
Contoh Instrumen :
Read and study the story in Activity
5 once again. Then decide whether these statements are true or false.
1. There
are two main characters in the story.
2. The
story probably took place in the jungle.
3. The
fox had read somewhere that praising the voice of a crow with a cheese in his
beak would make him drop the cheese and sing.
4. The
fox said that the crows are sly and crazy.
5. The
fox recognise that the crow look more closely, as the most famed and talented
of all birds
6. Whereupon
the crow tossed the cunning fox the crow's share of the cheese.
7. The
fox is really arrogant. He is the map maker.
8. The
crow's appetite appeased, leaving the hungry crow perched forlornly in the
tree.
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar