Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Procedure
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Membaca
5. Memahami makna teks
tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan .
Menulis
6 Mengungkapkan makna
dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
5.2 Merespon makna dan
langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks
berbentuk: recount, narrative, dan procedure.
6.2 Mengung-kapkan makna
dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan
menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk: recount, narrative, dan procedure.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
§ Mengidentifikasi makna dalam teks procedure
§ Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam teks procedure
§
Membaca nyaring teks
procedure
§
Menulis teks
berbentuk procedure.
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada
tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko
(suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa
depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
·
Siswa
dapat menjawab pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure
·
Siswa
dapat melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure
·
Siswa
mempresentasikan teks monolog lisan berbentuk procedure
E. Materi Pokok
Teks
tulis monolog/esei sederhana berbentuk procedure,contohnya ;
THE HOLE GAME
Materials
needed:
Two players, one
marble per person, a hole
in ground,a line
(distance) to start from.
Steps:
You
must dub (click marbles together)
You must check that
the marbles are in good condition and are nearly worth the same value. Dig a
hole in the ground and draw a line a fair distance away from the hole. The
first player carefully throws his or her marble towards the hole. Then the
second player tries to throw his or her marble closer to the hole than his or
her opponent. The player whose marble is closest to the hole tries to flick his
/ her marble into the hole. If successful, this player tries to flick his or
her opponent’s marble into the hole. The person flicking the last marble into
the hole wins and gets to keep both marbles.
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab
tentang pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam pertanyaan teks
monolog sederhana berbentuk procedure.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan
yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§ Dengan kelompok
belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ Bertanya jawab
tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton,
dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa melakukan
berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap
muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan
setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah
diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir
karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks monolog
sederhana berbentuk procedure.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks monolog sederhana
berbentuk procedure.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai pertanyaan teks monolog
sederhana berbentuk procedure.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa membuat kalimat pertanyaan teks monolog
sederhana berbentuk procedure.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi
mengenai pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai pertanyaan teks monolog sederhana
berbentuk procedure.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks monolog sederhana
berbentuk procedure.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§
Buku
Look Ahead 1 , English for Better Life
§
Buku
Inter-Language Kelas X
§
Kaset/CD
§
Tape
§
Script
dari Look Ahead 1 dan Inter-Language
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Membaca nyaring teks procedure
Menulis teks berbentuk procedure.
|
Tes
Lisan
Tes
Tulis
|
Melengkapi
dialog
Tugas
Individu
|
Complete
the dialogue below using the suitable expression!
Make
writing by completing the following procedure text
|
II. Instrumen Penilaian
Make writing by completing the following
procedure text. Don’t forget to use time connectors in your writing.
Tomato
Soup
Ingredients:
• 4
large tomatoes • spices
• 1
small onion • ½
teaspoon of salt
• 8
cups of water • ¼ teaspoon of pepper
•
small clove garlic • ¼
teaspoon of butter
Steps:
1.
Cut ……………………………………………….
2.
Fry ……………………………………………….
3.
Add……………………………………………….
4.
Heat ………………………………………………
5.
Turn……………………………………………….
III. Pedoman Penilaian
No
|
Aspect of Scoring
|
Scoring
|
||
Low (45-59)
|
Average (60-75)
|
Good (76-100)
|
||
1
|
Pronunciation
|
|
|
|
2
|
Intonation
|
|
|
|
3
|
Stress
|
|
|
|
4
|
Gestures
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
|
|
Total
Score
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
.
SUmber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar