Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : X
/ 2
Pertemuan Ke : 14
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
A. Standar
Kompetensi
Menulis
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei
sederhana berbentuk narrative,
descriptive dan news item dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
12.2 Mengungkap-kan makna dan langkah
retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news
item.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
§
Menggunakan kalimat reported speech dalam
menyampaikan sebuah berita
§
Menggunakan kalimat simple present dalam
membuat sebuah deskripsi
§
Menggunakan adverbial clause dalam menulis
sebuah narasi
§ Menghasilkan teks berbentuk news item
§
Menghasilkan teks berbentuk narrative
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
D. Tujuan
Pembelajaran
§
Siswa
dapat menggunakan
kalimat reported speech dalam menyampaikan sebuah berita
§
Siswa
dapat menggunakan
kalimat simple present dalam membuat sebuah deskripsi
§
Siswa
dapat menggunakan
adverbial clause dalam menulis sebuah narasi
§ Siswa dapat menghasilkan
teks berbentuk news item
§
Siswa
dapat menghasilkan
teks berbentuk narrative
E. Materi Pokok
Write a short description;
Write descriptive texts.
the
tower of london
the
tower of london was first built in the 11th century within the roman city walls
its purpose was to protect and control the city.
since
then it has been a fortress a palace and a prison the scene of murder execution
ceremonies and years of imprisonments.
the
tower is one of the UK's finest castles and as one of the strongest fortresses
in the land is the home of the crown jewels it also houses a fine collection of
armour and many other displays showing nine centuries of british history
Taken from Take Off, 2006
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
§
Pendekatan
: Contextual Teaching and Learning (CTL)
§
Strategi
Pembelajaran : Cooperative Learning
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Siswa
dapat menggunakan kalimat reported speech dalam menyampaikan sebuah
berita, kalimat simple present dalam membuat sebuah deskripsi, adverbial
clause dalam menulis sebuah narasi, teks berbentuk news item,dan
narrative.
|
Siswa
mampu menganalisa kalimat reported speech dalam menyampaikan sebuah
berita, kalimat simple present dalam membuat sebuah deskripsi, adverbial
clause dalam menulis sebuah narasi, teks berbentuk news item,dan
narrative.
|
Siswa
mampu mengerjakan dan mengerti kalimat reported speech dalam
menyampaikan sebuah berita, kalimat simple present dalam membuat
sebuah deskripsi, adverbial clause dalam menulis sebuah narasi, teks
berbentuk news item,dan narrative.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
·
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
·
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin)
·
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari
dengan karakter
·
Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar,
menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait
dengan SK/KD
·
Siswa berdiskusi
mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi mengenai kalimat reported speech dalam
menyampaikan sebuah berita, kalimat simple present dalam membuat sebuah
deskripsi, adverbial clause dalam menulis sebuah narasi, teks berbentuk news
item,dan narrative..
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai kalimat reported
speech dalam menyampaikan sebuah berita, kalimat simple present dalam
membuat sebuah deskripsi, adverbial clause dalam menulis sebuah narasi,
teks berbentuk news item,dan narrative.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai kalimat reported speech dalam menyampaikan
sebuah berita, kalimat simple present dalam membuat sebuah deskripsi, adverbial
clause dalam menulis sebuah narasi, teks berbentuk news item,dan
narrative.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai kalimat reported speech dalam menyampaikan sebuah berita,
kalimat simple present dalam membuat sebuah deskripsi, adverbial
clause dalam menulis sebuah narasi, teks berbentuk news item,dan
narrative.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa membuat kalimat reported speech dalam menyampaikan sebuah berita,
kalimat simple present dalam membuat sebuah deskripsi, adverbial
clause dalam menulis sebuah narasi, teks berbentuk news item,dan
narrative.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi
mengenai kalimat reported speech dalam menyampaikan sebuah berita,
kalimat simple present dalam membuat sebuah deskripsi, adverbial
clause dalam menulis sebuah narasi, teks berbentuk news item,dan
narrative.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai kalimat reported speech dalam
menyampaikan sebuah berita, kalimat simple present dalam membuat sebuah
deskripsi, adverbial clause dalam menulis sebuah narasi, teks berbentuk news
item,dan narrative..
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai kalimat reported
speech dalam menyampaikan sebuah berita, kalimat simple present dalam
membuat sebuah deskripsi, adverbial clause dalam menulis sebuah narasi,
teks berbentuk news item,dan narrative.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
·
Developing
English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
·
Tape
·
Kamus
·
Kaset/CD
·
Tape/CD
Player
·
OHP/LCD
·
Foto/
Poster
·
Gambar
·
Koran
berbahasa Inggris
·
Majalah
I. Penilaian
- Teknik : Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
- Bentuk Instrumen : Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.
Contoh Instrumen :
Have you ever visited Bali or another
famous tourist resorts in Indonesia?
Write the description about it on a
paper. Compare it to your friend's.
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar