Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : X
/ 2
Pertemuan Ke : 7
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
A. Standar
Kompetensi
Berbicara
10. Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan
monolog sederhana berbentuk narrative,
descriptive dan news item dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
10.1. Mengungkap-kan makna
dalam bentuk teks lisan fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan
dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam
berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
§
Memberi pengumuman lisan
§
Menyampaikan undangan lisan
§
Melakukan monolog untuk mengiklankan sesuatu
§
Menggunakan bahasa lisan
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan).
D. Tujuan
Pembelajaran
§
Siswa dapat memberi pengumuman
lisan
§
Siswa dapat menyampaikan
undangan lisan
§
Siswa dapat melakukan monolog
untuk mengiklankan sesuatu
§
Siswa dapat menggunakan bahasa
lisan
E. Materi Pokok
Congratulate and compliment others; &
Perform a monologue of narrative texts.
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
§
Pendekatan
: Contextual Teaching and Learning (CTL)
§
Strategi
Pembelajaran : Cooperative Learning
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Siswa
dapat membuat dan menggunakan pengumuman lisan, monolog untuk mengiklankan sesuatu
dengan bahasa lisan dan melakukan teks monolog lisan berbentuk narrative
|
Siswa
mampu menganalisa pengumuman lisan, monolog untuk mengiklankan sesuatu dengan
bahasa lisan dan melakukan teks monolog lisan berbentuk narrative
|
Siswa
mampu mengerjakan dan mengerti pengumuman lisan, monolog untuk mengiklankan
sesuatu dengan bahasa lisan dan melakukan teks monolog lisan berbentuk narrative
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki
ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin)
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari
dengan karakter
Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar,
menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait
dengan SK/KD
Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku
teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi pengumuman lisan, monolog untuk mengiklankan
sesuatu dengan bahasa lisan dan melakukan teks monolog lisan berbentuk narrative.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pengumuman
lisan, monolog untuk mengiklankan sesuatu dengan bahasa lisan dan melakukan teks monolog lisan
berbentuk narrative.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan berbagai teks lisan fungsional
pendek berupa pengumuman
lisan, monolog untuk mengiklankan sesuatu dengan bahasa lisan dan melakukan teks monolog lisan
berbentuk narrative.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai pengumuman lisan, monolog untuk mengiklankan sesuatu dengan bahasa
lisan dan melakukan teks
monolog lisan berbentuk
narrative.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa berbagai teks lisan fungsional pendek berupa pengumuman lisan,
monolog untuk mengiklankan sesuatu dengan bahasa lisan dan melakukan teks monolog lisan
berbentuk narrative.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi pengumuman
lisan, monolog untuk mengiklankan sesuatu dengan bahasa lisan dan melakukan teks monolog lisan
berbentuk narrative.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi teks lisan
fungsional pendek berupa pengumuman
lisan, monolog untuk mengiklankan sesuatu dengan bahasa lisan dan melakukan teks monolog lisan
berbentuk narrative.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi teks lisan fungsional pendek berupa Pengumuman Kematian dengan tindak
tutur: mengingat kejadian tertentu.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
Developing
English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbahasa Inggris
Majalah
I. Penilaian
- Teknik : Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
- Bentuk Instrumen : Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.
Contoh Instrumen :
Answer the following
questions.
1.
What do you know about storytelling?
2.
Did you ever tell a story to your friend?
3.
If yes, what was the story about?
4.
What can you get from a story?
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar