RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X
(Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 13 dan 14
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis
hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan
manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi
Dasar : 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan
manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian
lingkungan
4.3
Menganaisis jenis-jenis limbah dan daur
ulang limbah
4.4
Membuat produk dau ulang limbah
Tujuan : Siswa mampu
menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah lingkungan dan
pelestarian lingkungan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mengidentifikasi
berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
·
Mengidentifikasi
berbagai dampak akibat aktivitas manusia
·
Meneliti
pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
·
Menyimpulkan
pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
·
Menjelaskan
dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
·
Mendeskripsikan
upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·
Mengetahui
penanganan limbah dengan cara daur ulang
II.
Materi Ajar
·
Keseimbangan
lingkungan
·
Aktivitas
manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
·
Beberapa
bahan pencemara dan dampaknya
·
Upaya
pencegahan pencemaran lingkungan
·
Penanganan
limbah dengan cara daur ulang
III.
Metode Pembelajarn
·
Pengamatan
– Eksperimen – Diskusi – Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengidentifikasi
tujuan berbagai aktivitas manusia
·
Mengidentifikasi
dampak berbagai aktivitas manusia
·
Meneliti
pengaruh zat pencemar terhadap organisme
·
Mengidentifikasi
dampak berbagai zat pencemar terhadap lingkungan
|
·
Dikusi
pengaruh aktivitas manusia terhadap lingkungan
·
Diskusi
tentang pencemaran lingkungan, sebab, dampak, dan upaya pencegahannya
·
Melakukan
eksperimen tentang pencemaran
|
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
·
Siswa
dapat Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
·
Siswa
dapat Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
·
Siswa
dapat Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
·
Siswa
dapat Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·
Siswa
dapat Mengetahui penanganan limbah dengan cara dau ulang
|
IV. Langkah Langkah pembelajaran
Pertemuan 13 (2 jam
pelajaran)
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari
aktivitas tersebut.
·
Guru
dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
B.
Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan dalam lingkungan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan
lingkungan.
·
Guru
bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran lingkungan.
·
Guru
bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran lingkungan, sebab, dan
dampaknya.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru menyimpulkan
pencemaran lingkungan sebab dan dampaknya.
Pertemuan 14 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya.
·
Guru
meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan untuk eksperimen dengan
menggunakan Kegiatan 11.1 atau 11.2.
B Kegiatan inti
(65 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
menyiapkan alat dan bahan untuk eksperimen.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
membuat perlakuan eksperimen.
·
Siswa
melakukan pengamatan.
·
Siswa
menyusun laporan hasil pengamatan lalu mengumpulkan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan
akhir (15 menit)
·
Guru
menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama siswa mendiskripsikan penanganan limbah dengan cara daur ulang dan
produk-produk hasil daur ulang limbah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
menugaskan siswa untuk membuat kertas daur ulang di rumah dengan menggunakan Kegiatan
11.3. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Kerja
Biologi IB, Esis
·
Buku
Biologi SMA kelas X, Esis, Bab XI
·
Beberapa
aktivitas manusia
·
Bahan
untuk daur ulang kertas
VI.
Penilaian
·
Laporan
hasil eksperimen
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar