Senin, 21 April 2014

RPP Biologi Kelas X Semester 2 I Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem (bag. 2)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                 : 13 dan 14
Alokasi Waktu           :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 4.   Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
 Kompetensi Dasar    :       4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3  Menganaisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4  Membuat produk dau ulang limbah
Tujuan                          :        Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah lingkungan dan pelestarian lingkungan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.                   Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
·         Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
·         Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
·         Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
·         Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
·         Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·         Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang

II.                Materi Ajar
·         Keseimbangan lingkungan
·         Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
·         Beberapa bahan pencemara dan dampaknya
·         Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·         Penanganan limbah dengan cara daur ulang


III.             Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengidentifikasi tujuan berbagai aktivitas manusia
·     Mengidentifikasi dampak berbagai aktivitas manusia
·     Meneliti pengaruh zat pencemar terhadap organisme
·     Mengidentifikasi dampak berbagai zat pencemar terhadap lingkungan
·     Dikusi pengaruh aktivitas manusia terhadap lingkungan
·     Diskusi tentang pencemaran lingkungan, sebab, dampak, dan upaya pencegahannya
·     Melakukan eksperimen tentang pencemaran
·     Siswa dapat Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
·     Siswa dapat Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
·     Siswa dapat Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
·     Siswa dapat Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
·     Siswa dapat Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
·     Siswa dapat Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·     Siswa dapat Mengetahui penanganan limbah dengan cara dau ulang

IV.    Langkah Langkah pembelajaran
Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari aktivitas tersebut.
·         Guru dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan dalam lingkungan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru bersama siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
·         Guru bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran lingkungan.
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran lingkungan, sebab, dan dampaknya.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menyimpulkan pencemaran lingkungan sebab dan dampaknya.

Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya.
·         Guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan untuk eksperimen dengan menggunakan Kegiatan 11.1 atau 11.2.
B   Kegiatan inti (65 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk eksperimen.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa membuat perlakuan eksperimen.
·         Siswa melakukan pengamatan.
·         Siswa menyusun laporan hasil pengamatan lalu mengumpulkan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)

C. Kegiatan akhir (15 menit)
·         Guru menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru bersama siswa mendiskripsikan penanganan limbah dengan cara daur ulang dan produk-produk hasil daur ulang limbah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat kertas daur ulang di rumah dengan menggunakan Kegiatan 11.3. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.    Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IB, Esis
·         Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab XI
·         Beberapa aktivitas manusia
·         Bahan untuk daur ulang kertas

VI. Penilaian
·         Laporan hasil eksperimen
·         Uji kompetensi tertulis


Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Biologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................




Sumber : 
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...