RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ II
Pertemuan : 10, 11, 12, 13, 14
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu
Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu,
kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.6
Menjelaskan
keterkaitan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
Tujuan : Siswa dapat
mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mengidentifikasi stuktur dan fungsi neuron
·
Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses
pada sistem saraf manusia
·
Mengkaitkan
sturktur, fungsi, dan proses sistem saraf manusia
·
Mengidentifikasi sistem saraf pada hewan
·
Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses
pada sistem indra manusia
·
Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem
indera manusia
·
Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses
sistem hormon manusia
·
Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem
hormon manusia
·
Menjelaskan
mekanisme umpan balik dalam pengaturan homeostasis manusia
·
Menyimpulkan
gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang
terjadi pada sistem koordinasi manusia
II.
Materi Ajar
·
Sistem saraf
1. Sel-sel saraf
(neuron)
2. Struktur otak
3. Sistem saraf sadar dan tak adar
·
Sistem indra
1. Penglihatan
2. Pendengaran
3. Pembau
4. Pengecap
5. Peraba
·
Sistem hormon
1. Kelenjar hipofisis
2. Kelenjar tiroid
3. Kelenjar paratiroid
4. Kelenjar
suprarenalis
5. Kelenjar
pankreas
6. Ovarium
7. Testis
·
Mekanisme pengaturan homeostasis tubuh
III.
Metode Pembelajaran
·
Diskusi-
Penugasan- Pengamatan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Membuat
peta konsep sistem koordinasi manusia
·
Mengidentifikasi
komponen yang terlibat dalam sistem koordinasi manusia
·
Menggambar
struktur alat indera
·
Menguji
kerja alat indera
·
Menghubungkan
fungsi sistem syaraf dan alat indra
·
Menjelaskan
mekanisme pengaturan homeostasis
|
·
Diskusi
mengenai struktur, fungsi, dan proses pada system saraf manusia
·
Eksperimen
tentang gerak refleksi dan disadari
·
Diskusi dan membuat poster tentang narkoba
·
Praktikum
tentang system indera manusia
·
Diskusi
tentang struktur dan fungsi pada system indera manusia
·
Studi
membaca dan diskusi mengenai system hormone
·
Membuat
rangkuman tentang system hormon
|
· Siswa dapat Mengidentifikasi struktur dan
fungsi neuron
· Siswa dapat Mengidentifikasi stuktur,
fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia
· Siswa dapat Mengkaitkan struktur,
fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia
· Siswa dapat Mengidentifikasi struktur,
fungsi, dan proses sistem indera manusia
· Siswa dapat Mengkaitkan sturktur,
fungsi, dan proses sistem indra manusia pencegahan/pengobatan pada kelainan
atau penyakit yang terjadi pada system indera manusia
· Siswa dapat Mengidentifikasi stuktur,
fungsi, dan proses sistem hormon manusia
· Siswa dapat Mengkaitkan struktur,
fungsi, dan proses sistem hormon manusia
· Siswa dapat Menjelaskan mekanisme umpan
balik dalam pengaturan homeostasis manusia
· Siswa dapat Menyimpulkan gejala,
penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi
pada sistem koordinasi manusia
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 10 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
menanyakan pengertian sistem koordinasi dan komponen penyusunnya pada manusia.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hubungan antara sistem saraf dan Indra bekerja untuk
menerima dan menanggapi rangsang.
B.
Kegiatan
inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Dengan
menunjukkan gambar struktur sel saraf (neuron) guru meminta siswa
mengidentifikasi nama bagian-bagian neuron dan fungsinya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan berbagai jenis neuron berdasarkan struktur atau
fungsinya. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hubungan antarsel saraf (sinaps) dan impuls saraf. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Dengan
menunjukkan gambar sayatan membujur saraf pusat (sumsum dan tulang belakang),
guru meminta siswa mengidentifikasi struktur
selaput otak, bagian-bagian saraf pusat
manusia dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Dengan
menunjukkan Gambar sistem saraf tepi, siswa diminta mengidentifikasi
bagian-bagian dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan saraf simpatik dan parasimpatik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pengaruh obat-obatan terhadap sistem saraf. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan sistem saraf pada manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
menugaskan kepada siswa untuk mengerjakan Kegiatan 9.2 dan 9.3, di rumah dan
mengumpulkannya pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Pertemuan 11 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
meminta beberapa siswa mendemonstrasikan Kegiatan 9.1 di depan kelas.
·
Siswa
mengamati hasil demontrasi.
A.
Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskuikan jawaban pertanyaan dari Kegiatan 9.1. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan gerak refleks dan gerak yang disadari. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan mekanisme
kerja sistem saraf. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Guru
menyimpulkan mekanisme kerja sistem saraf. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 12 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan fungsi sistem indera.
·
Guru
menanyakan macam-macam indera pada manusia.
·
Guru
menyiapkan untuk mendemonstrasikan
Kegiatan 9.4 Indera pembau.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
meminta siswa melakukan demonstrasi kegiatan 9.4 indera pembau. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
yang lain mencatat hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
menyimpulkan hasil kegiatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Dengan
memberikan gambar struktur indera pembau siswa diminta mengidentifikasi
bagian-bagian indera pembau dan menjelaskan proses penginderaan bau. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Dengan
diberikan gambar struktur lidah, siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagian
lidah dan fungsinya dan proses penginderaan kecap. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan struktur dan proses penginderaan bau dan kecap
(rasa). (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 13 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kepada siswa tentang syarat manusia dapat melihat.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Dengan
memberikan gambar struktur mata guru meminta siswa untuk menyebutkan struktur
dan fungsi bagian-bagian mata. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan proses melihat pada mata manusia. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa untuk mendemonstrasikan Kegiatan 9.5 bintik buta. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang bintik buta. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan beberapa gangguan/kelainan/penyakit yang terjadi
pada mata. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
memberikan gambar struktur telinga kemudian meminta siswa mengidentifikasi
bagian-bagian telinga dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan proses pendengaran pada telinga manusia. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan/kelainan pada indra pendengaran
manusia. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa mendemonstrasikan Kegiatan 9.6 saraf sensorik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru menarik kesimpulan saraf sensorik di kulit dengan menjawab
pertanyaan diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
memberikan gambar struktur kulit dan meminta siswa untuk menentukan proses
perabaan di kulit. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
menyimpulkan proses penginderaan penglihatan, pendengaran dan perabaan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 14 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali kepada siswa hubungan antara sistem saraf dan sistem indera
dalam proses koordinasi.
·
Guru
menanyakan adanya sistem koordinasi ketiga selain sistem saraf dan sistem
indera.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hubungan sistem saraf dan hormon. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
memberikan gambar sistem hormon/endokrin dalam tubuh manusia kemudian, meminta
siswa mengidentifikasi bagian-bagiannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
menugaskan siswa untuk membaca tentang sistem hormon (termasuk mekanisme
penyatuan homeostatis tubuh) dari buku teks, kemudian membuat rangkuman tentang
kelenjar dan hormon yang dihasilkan dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan kelenjar pada sistem endokrin, hormon yang dihasilkan
dan fungsinya. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Diskusikan
tentang gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan/ penyakit
yang terjadi pada sistem koordinasi manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan);
V.
Alat/Bahan/Sumber
·
Buku
Kerja Biologi 2B, Ign, Khristiyono, Esis
·
Buku
Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab IX
·
Gambar sistem saraf, alat indera dan sistem hormon
VI.
Penilaian
·
Poster
tentang narkoba
·
Laporan
hasil kegiatan/pengamatan
·
Uji
kompetensi tertulis
·
Rangkuman
sistem kurva
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar