Senin, 21 April 2014

RPP Fisika Kelas X Semester 2 I Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik. (bag. 2)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                     : SMA
Kelas / Semester    : X (sepuluh) / Semester II
Mata Pelajaran        : FISIKA
Alokasi Waktu         : 2 Jam Pelajaran

Standar Kompetensi
                 6.      Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik.

Kompetensi Dasar
                  6.2.  Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari.

Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. Mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik dalam bidang komunikasi.
  2. Mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik dalam bidang  kesehatan dan industri.
  3. Menjelaskan perbedaan penggunaan rentang frekuensi atau panjang gelombang pada alat-alat komunikasi.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
l  Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang komunikasi.
l  Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang kesehatan.
l  Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang industri.
l  Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang militer.
l  Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang astronomi.
l  Membedakan penggunaan rentang frekuensi atau panjang gelombang pada komunikasi radar, telepon, radio, dan televisi.
Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

B. Materi Pembelajaran
            Gelombang Elektromagnetik

C. Metode Pembelajaran
             1.   Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                   -  Cooperative Learning
             2.   Metode: -  Diskusi kelompok
                                  -  Ceramah
                                  -  Observasi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·       Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari.
·       Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai pemanfaatan gelombang elektromagnetik dalam bidang komunikasi.
·       Siswa dapat  Mendeskripsikan pemanfaatan gelombang elektromagnetik dalam bidang kesehatan dan industri melalui presentasi kelompok.

D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
            a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
l  Gelombang apakah yang digunakan pada oven microwave?
l  Apakah manfaat gelombang inframerah?
·       Prasyarat pengetahuan:
l  Bagaimana mekanisme kerja gelombang mikro?
l  Apakah ciri gelombang inframerah?
            b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·         Guru membagi tugas kelompok: (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang komunikasi.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang kesehatan.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang industri.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang militer.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang astronomi.
l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Setiap kelompok diminta untuk menuliskannya dalam bentuk karya tulis. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan perbedaan penggunaan rentang frekuensi atau panjang gelombang pada komunikasi radar, telepon, radio, dan televisi yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
            c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);

E. Sumber Belajar
a.  Buku Fisika SMA dan MA Jl.1B (Esis) halaman 159-186
 b.  Buku referensi yang relevan
             c.  Lingkungan
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian: Tes tertulis, Penugasan
             b. Bentuk Instrumen:
    -  Tes PG
    -  Tes uraian
    -  Tugas rumah
            c. Contoh Instrumen:
 -  Contoh tes PG
Jenis gelombang yang dapat dipakai untuk menembus kabut adalah ....
 A. inframerah                             D. cahaya biru
 B. radio                                        E. ultraviolet
 C. cahaya merah
-  Contoh tes uraian
Jelaskan pemanfaatan gelombang elektromagnetik dalam bidang kesehatan dan industri.
         -   Contoh tugas rumah
Buatlah artikel tentang pemanfaatan gelombang elektromagnetik pada komunikasi radar, telepon, radio, dan televisi. Kalian dapat mencari sumber gambar atau artikel mengenai topik tersebut dari majalah, koran, atau internet, kemudian kumpulkan ke guru.

                                                                   ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                         Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                         ..............................
NIP/NIK.                                                                                  NIP/NIK.                             

Sumber : 
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...