RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA PELAJARAN
|
Bahasa dan Sastra Indonesia
|
||
KELAS /SEMESTER
|
XI (sebelas) / 2 (dua)
|
||
PROGRAM
|
Umum
|
||
ALOKASI WAKTU
|
5 x 45 menit
|
||
TEMA
|
|
||
STANDAR KOMPETENSI
|
16. Menulis naskah
drama
|
||
KOMPETENSI DASAR
|
16.1 Mendeskripsikan perilaku
manusia melalui dialog naskah drama
|
||
ASPEK PEMBELAJARAN
|
Menulis
|
||
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
|
·
Mampu menulis teks drama dengan
menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
·
Mendeskripsikan perilaku manusia melalui
dialog
·
Menghidupkan konflik
·
Memunculkan penampilan (performance)
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Mandiri
|
·
Kepemimpinan
|
|
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
|
Teks drama
Deskripsi watak tokoh-tokoh dalam teks drama
Menulis teks drama dengan bahasa yang sesuai
Unsur-unsur drama (tema, penokohan, konflik)
Cara mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
dalam drama
Cara menghidupkan konflik
Cara memunculkan penampilan
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mendeskripsikan perilaku manusia melalui
dialog naskah drama
|
·
Menulis naskah drama
|
·
Siswa Mampu
menulis teks drama dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
PEMBUKA
(Apersepsi)
|
F Siswa ditanya mengenai unsur-unsur drama
F Siswa diminta menyebutkan cara mendeskripsikan watak tokoh
|
·
Bersahabat/ komunikatif
|
INTI
|
& Eksplorasi
F Siswa
membaca teks drama yang sudah disediakan
& Elaborasi
F Siswa
menulis teks drama*) dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
·
Mendeskripsikan perilaku manusia melalui
dialog
·
Menghidupkan konflik
·
Memunculkan penampilan (performance)
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Mandiri
|
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)
|
F Siswa
diminta menjelaskan kesulitan yang dialaminya dalam mendeskripsikan perilaku
manusia melalui dialog drama
F Siswa
diminta mengungkapkan pengalamannya yang sesuai dengan konflik dalam drama yang disusunnya
|
· Bersahabat/
komunikatif
|
METODE DAN
SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar
|
V
|
Pustaka rujukan
|
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI
Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 180-189
Rumadi (Ed). 1991. Kumpulan Dra ma
Remaja. Jakarta : PT Grasindo
Harymawan, RMA Dramaturgi.
Bandung : PT Rosdakarya
|
V
|
Material: VCD, kaset, poster
|
Rekaman pengajaran drama, rekaman drama
|
|
V
|
Media cetak dan elektronik
|
Naskah drama di majalah/koran Siaran langsung atau rekaman
drama/sinetron/film dari televisi
|
|
V
|
Website internet
|
Naskah drama atau rekaman pementasan drama/sinetron/film
|
|
V
|
Narasumber
|
Penulis skenario
|
|
V
|
Model peraga
|
Siswa yang mempunyai pengalam an sebagai penulis skenario, sutra dara,
pemain drama/sinetron/film
|
|
V
|
Lingkungan
|
Pementasan drama/sinetron/film
|
|
Metode
|
V
|
Presentasi
|
|
V
|
Diskusi Kelompok
|
|
|
V
|
Inquari
|
|
|
V
|
Demontrasi /Pemeragaan Model
|
|
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK
|
V
|
Tes Lisan
|
V
|
Tes Tertulis
|
|
V
|
Observasi Kinerja/Demontrasi
|
|
V
|
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
|
|
V
|
Pengukuran Sikap
|
|
V
|
Penilaian diri
|
|
INSTRUMEN /SOAL
|
||
Daftar pertanyaan lisan tentang unsur-unsur drama dan cara
mendeskripsikan watak tokoh
Tugas/perintah untuk membaca teks
drama, mementaskan drama
Daftar pertanyaan uji kompetensi
dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan
konsep yang sudah dipelajari
|
||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO
OBSERVASI
|
PENILAIAN DESKRIPSI
WATAK PADA DIALOG NASKAH DRAMA
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perilaku manusia melalui
dialog naskah drama
Nama Siswa :
Kelas/Nomor Absen :
Tanggal Penilaian :
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Ketepatan diksi dengan watak yang dideskripsikan
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ketepatan jenis kalimat dengan watak yang dideskripsikan
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ketepatan struktur kalimat dengan watak yang dideskripsikan
|
|
|
|
|
|
4.
|
Ketepatan isi kalimat dengan watak yang dideskripsikan
|
|
|
|
|
|
5.
|
Ketepatan isi dialog dengan watak yang dideskripsikan
|
|
|
|
|
|
6.
|
Ketepatan isi monolog dengan watak yang dideskripsikan
|
|
|
|
|
|
7.
|
Penulisan kostum pendukung deskripsi watak
|
|
|
|
|
|
8.
|
Penulisan latar pendukung deskripsi watak
|
|
|
|
|
|
9.
|
Penulisan tata lampu pendukung deskripsi watak
|
|
|
|
|
|
10
|
Penulisan tata panggung pendukung deskripsi watak
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
|
Juli 2011
Guru
Mapel Bahasa Indonesia
|
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar