Senin, 21 April 2014

RPP Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 I Menulis naskah drama



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
5  x  45 menit
TEMA

STANDAR KOMPETENSI
16. Menulis naskah  drama
KOMPETENSI DASAR
16.1 Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mampu menulis teks drama dengan menggunakan bahasa yang   sesuai untuk:
·   Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
·    Menghidupkan konflik
·   Memunculkan penampilan (performance)
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Mandiri
·   Kepemimpinan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks drama
Deskripsi watak tokoh-tokoh dalam teks drama
Menulis teks drama dengan bahasa yang sesuai
Unsur-unsur drama (tema, penokohan, konflik)
Cara mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog dalam drama
Cara menghidupkan konflik
Cara memunculkan penampilan





STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama
·        Menulis naskah  drama
·     Siswa Mampu menulis teks drama dengan menggunakan bahasa yang   sesuai untuk 


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F  Siswa ditanya mengenai unsur-unsur drama
F  Siswa diminta menyebutkan cara mendeskripsikan watak tokoh
·   Bersahabat/ komunikatif

INTI
& Eksplorasi
F  Siswa membaca teks drama yang sudah disediakan
& Elaborasi
F  Siswa menulis teks drama*) dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
·         Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
·         Menghidupkan konflik
·         Memunculkan penampilan (performance)
&  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Mandiri
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

F  Siswa diminta menjelaskan kesulitan yang dialaminya dalam mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog drama
F  Siswa diminta mengungkapkan pengalamannya yang sesuai dengan konflik dalam drama yang disusunnya
·   Bersahabat/ komunikatif
METODE DAN SUMBER BELAJAR



Sumber Belajar
  V
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 180-189
Rumadi (Ed). 1991. Kumpulan Dra ma Remaja. Jakarta : PT Grasindo
Harymawan, RMA Dramaturgi. Bandung : PT Rosdakarya
  V
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pengajaran drama, rekaman drama
  V
Media cetak dan elektronik
Naskah drama di majalah/koran Siaran langsung atau rekaman drama/sinetron/film dari televisi
  V
Website internet
Naskah drama atau rekaman pementasan drama/sinetron/film
  V
Narasumber
Penulis skenario
  V
Model peraga
Siswa yang mempunyai pengalam an sebagai penulis skenario, sutra dara, pemain drama/sinetron/film
  V
Lingkungan
Pementasan drama/sinetron/film


Metode
  V
Presentasi

  V
Diskusi Kelompok

  V
Inquari

  V
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  V
Tes  Lisan
  V
Tes Tertulis 
  V
Observasi Kinerja/Demontrasi
  V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  V
Pengukuran Sikap
  V
Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang unsur-unsur drama dan cara mendeskripsikan watak tokoh
Tugas/perintah untuk membaca teks drama, mementaskan drama
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI


PENILAIAN DESKRIPSI WATAK PADA DIALOG NASKAH DRAMA

Kompetensi Dasar     : Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama
Nama Siswa                 :
Kelas/Nomor Absen  :
Tanggal Penilaian      :
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
1
2
3
4
5
1.
Ketepatan diksi dengan watak yang dideskripsikan





2.
Ketepatan jenis kalimat dengan watak yang dideskripsikan





3.
Ketepatan struktur kalimat dengan watak yang dideskripsikan





4.
Ketepatan isi kalimat dengan watak yang dideskripsikan





5.
Ketepatan isi dialog dengan watak yang dideskripsikan





6.
Ketepatan isi monolog dengan watak yang dideskripsikan





7.
Penulisan kostum pendukung deskripsi watak





8.
Penulisan latar pendukung deskripsi watak





9.
Penulisan tata lampu pendukung deskripsi watak





10
Penulisan tata panggung pendukung deskripsi watak





JUMLAH SKOR



Mengetahui,
Kepala Sekolah






                    Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Indonesia






Sumber : 
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...