Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : X
/ 2
Pertemuan Ke : 8
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
A. Standar
Kompetensi
Berbicara
10. Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan
monolog sederhana berbentuk narrative,
descriptive dan news item dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
10.2. Mengungkap-kan makna
dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, descriptive, dan
news item.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
§
Menggunakan kalimat simple present dalam
mendeskripsikan benda atau orang
§
Melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah berita
§
Melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah deskripsi
§
Bercerita secara lisan
§
Menjadi reporter
§
Menjadi toryteller
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan).
D. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat membuat dan
menggunakan pengumuman lisan, monolog untuk mengiklankan sesuatu atau sebuah
berita, menyampaikan sebuah deskripsi ,
bercerita, menjadi reporter , toryteller dengan bahasa lisan.
Siswa dapat melakukan teks monolog lisan
berbentuk narrative.
E. Materi Pokok
Congratulate and compliment others; &
Perform a monologue of narrative texts.
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
§
Pendekatan
: Contextual Teaching and Learning (CTL)
§
Strategi
Pembelajaran : Cooperative Learning
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Siswa
dapat membuat dan menggunakan pengumuman lisan, monolog untuk mengiklankan
sesuatu atau sebuah berita,
menyampaikan sebuah deskripsi , bercerita, menjadi reporter ,
toryteller dengan bahasa lisan dan melakukan
teks monolog lisan berbentuk narrative.
|
Siswa
mampu menganalisa pengumuman lisan, monolog untuk mengiklankan sesuatu atau
sebuah berita, menyampaikan sebuah
deskripsi , bercerita, menjadi reporter , toryteller dengan bahasa lisan dan
melakukan teks monolog lisan berbentuk
narrative.
|
Siswa
mampu mengerjakan dan mengerti pengumuman lisan, monolog untuk mengiklankan
sesuatu atau sebuah berita,
menyampaikan sebuah deskripsi , bercerita, menjadi reporter ,
toryteller dengan bahasa lisan dan melakukan
teks monolog lisan berbentuk narrative.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin)
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari
dengan karakter
Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar,
menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait
dengan SK/KD
Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku
teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi teks lisan fungsional
pendek berupa Pengumuman Kematian dengan tindak tutur: mengingat kejadian tertentu.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan berbagai teks lisan fungsional
pendek berupa Pengumuman Kematian dengan tindak tutur: mengingat kejadian tertentu.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai tindak tutur:
berkenalan, bertemu dan berpisah.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa berbagai teks lisan fungsional pendek berupa Pengumuman Kematian
dengan tindak tutur: mengingat
kejadian tertentu.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi teks lisan fungsional pendek berupa Pengumuman Kematian dengan tindak
tutur: mengingat kejadian tertentu.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi teks lisan
fungsional pendek berupa Pengumuman Kematian dengan tindak tutur: mengingat kejadian tertentu.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi teks lisan fungsional pendek berupa Pengumuman Kematian dengan tindak
tutur: mengingat kejadian tertentu.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
Developing
English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbahasa Inggris
Majalah
I. Penilaian
- Teknik : Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
- Bentuk Instrumen : Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.
Contoh Instrumen :
Work in pairs and
make a dialogue based on the following situations. Use the expressions and
responses you have learned.
·
You
introduce yourself to a new neighbour and ask him/her to come to your house.
·
You
meet a new classmate at school. Ask his/her name, hometown and address.
·
You
introduce yourself to a new English teacher in the classroom.
·
Your
brother/sister brings his/her friends to the house. Introduce yourself to them.
·
When
you are going shopping with your father, you meet your father's friend.
Introduce yourself to him/ her.
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar