Jumat, 18 April 2014

RPP B. Inggris Kelas X Semester 2



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : 
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : X / 2
Pertemuan Ke             :  8
Alokasi Waktu             :  2 x 45 menit

A.      Standar Kompetensi
         Berbicara
10.           Mengungkapkan makna   dalam teks fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk   narrative, descriptive dan news item   dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.      Kompetensi Dasar
10.2.        Mengungkap-kan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, descriptive, dan news item.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
§  Menggunakan kalimat simple present dalam mendeskripsikan benda atau orang
§  Melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah berita
§  Melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah deskripsi
§  Bercerita secara lisan
§  Menjadi reporter
§  Menjadi  toryteller
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).

D.      Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membuat dan menggunakan pengumuman lisan, monolog untuk mengiklankan sesuatu atau sebuah berita,  menyampaikan sebuah deskripsi , bercerita, menjadi reporter , toryteller dengan bahasa lisan.
Siswa dapat melakukan  teks monolog lisan berbentuk narrative.

E.      Materi Pokok
Congratulate and compliment others; &
Perform a monologue of narrative texts.

F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
§  Pendekatan                        : Contextual Teaching and Learning (CTL)
§  Strategi Pembelajaran        : Cooperative Learning
G.      Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Siswa dapat membuat dan menggunakan pengumuman lisan, monolog untuk mengiklankan sesuatu atau sebuah berita,  menyampaikan sebuah deskripsi , bercerita, menjadi reporter , toryteller dengan bahasa lisan dan melakukan  teks monolog lisan berbentuk narrative.
Siswa mampu menganalisa pengumuman lisan, monolog untuk mengiklankan sesuatu atau sebuah berita,  menyampaikan sebuah deskripsi , bercerita, menjadi reporter , toryteller dengan bahasa lisan dan melakukan  teks monolog lisan berbentuk narrative.
Siswa mampu mengerjakan dan mengerti pengumuman lisan, monolog untuk mengiklankan sesuatu atau sebuah berita,  menyampaikan sebuah deskripsi , bercerita, menjadi reporter , toryteller dengan bahasa lisan dan melakukan  teks monolog lisan berbentuk narrative.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi teks lisan fungsional pendek berupa Pengumuman Kematian dengan tindak tutur: mengingat kejadian tertentu.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan berbagai teks lisan fungsional pendek berupa Pengumuman Kematian dengan tindak tutur: mengingat kejadian tertentu.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa berbagai teks lisan fungsional pendek berupa Pengumuman Kematian dengan tindak tutur: mengingat kejadian tertentu.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi teks lisan fungsional pendek berupa Pengumuman Kematian dengan tindak tutur: mengingat kejadian tertentu.
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi teks lisan fungsional pendek berupa Pengumuman Kematian dengan tindak tutur: mengingat kejadian tertentu.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi teks lisan fungsional pendek berupa Pengumuman Kematian dengan tindak tutur: mengingat kejadian tertentu.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

H.      Sumber/Bahan/Alat
Developing English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape/CD Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran berbahasa Inggris
Majalah

I.       Penilaian
  • Teknik                          :     Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
  • Bentuk Instrumen    :     Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.

Contoh Instrumen     :
Work in pairs and make a dialogue based on the following situations. Use the expressions and responses you have learned.

·         You introduce yourself to a new neighbour and ask him/her to come to your house.
·         You meet a new classmate at school. Ask his/her name, hometown and address.
·         You introduce yourself to a new English teacher in the classroom.
·         Your brother/sister brings his/her friends to the house. Introduce yourself to them.
·         When you are going shopping with your father, you meet your father's friend. Introduce yourself to him/ her.

Mengetahui,
Kepala Sekolah,






, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,









Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...