RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X
(Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 9 dan 10
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami
manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam
Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan
: Siswa
mampu menjelaskan ciri-ciri hewan dan membandingkan ciri-ciri masing-masing
filum Dunia Hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mendeskripsikan
ciri umum dunia hewan
·
Menjelaskan
dasar klasifikasi dunia hewan
·
Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam
dunia hewan
·
Mendeskripsikan
ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan
II.
Materi Ajar
·
Ciri
umum dunia hewan
·
Dasar
klasifikasi dunia hewan
·
Klasifikasi
dunia hewan
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan
– Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati
beberapa contoh kelas hewan
|
·
Membandingkan
ciri-ciri filum-filum hewan dan perkembangan struktur tubuhnya
|
·
Siswa
dapat Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
|
IV.
Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan 9 (2 jam
pelajaran)
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.
B. Kegiatan inti (75 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
dan siswa mendiskusikan klasifikasi dunia hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri
masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (5 menit)
·
Siswa
mengumpulkan tabel hasil perbandingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
menyimpulkan ciri umum dunia hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 10 (2 X 45 menit)
A. Kegiatan awal
·
Guru
meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya dan mempersiapkan alat dan bahan
pengamatan arthropoda
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
mengamati contoh hewan arthropoda dengan menggunakan kegiatan 9.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mencatat hasil pengamatan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
membersihkan alat dan bahan, dan mengembalikan ke tempat semula. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
menyusun laporan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan Akhir
·
Guru
bersama siswa mengambil kesimpulan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengumpulkan laporan pengamatan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V.
Alat / Bahan/ Sumber
·
Buku
Kerja Biologi IB, Esis
·
Buku
Biologi SMA kelas X, Esis, Bab IX
·
Belalang,
laba-laba, udang dan lipan/kelabang
·
Loupe
VI.
Penilaian
·
Laporan
hasil pengamatan
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar