Senin, 21 April 2014

RPP Biologi Kelas X Semester 2 I Memahami manfaat keanekaragaman hayati



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                 : 9 dan 10
Alokasi Waktu           :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3.  Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar     : 3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan                       : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri hewan dan membandingkan ciri-ciri masing-masing filum Dunia Hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.       Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan
·         Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan
·         Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
·         Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan

II.    Materi Ajar
·         Ciri umum dunia hewan
·         Dasar klasifikasi dunia hewan
·         Klasifikasi dunia hewan

III. Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengamati beberapa contoh kelas hewan
·     Membandingkan ciri-ciri filum-filum hewan dan perkembangan struktur tubuhnya
·     Siswa dapat Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan


IV. Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.
B.     Kegiatan inti (75 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru dan siswa mendiskusikan klasifikasi dunia hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa mengumpulkan tabel hasil perbandingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menyimpulkan ciri umum dunia hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 10 (2 X 45 menit)
A.    Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya dan mempersiapkan alat dan bahan pengamatan arthropoda
B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa mengamati contoh hewan arthropoda dengan menggunakan kegiatan 9.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mencatat hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa membersihkan alat dan bahan, dan mengembalikan ke tempat semula. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa menyusun laporan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan Akhir
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengumpulkan laporan pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V.    Alat / Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IB, Esis
·         Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab IX
·         Belalang, laba-laba, udang dan lipan/kelabang
·         Loupe
VI.             Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis

Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Biologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................



Sumber : 
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...