Jumat, 18 April 2014

RPP B. Inggris Kelas X Semester 2



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : 
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : X / 2
Pertemuan Ke             :  2
Alokasi Waktu             : 2 x 45 menit

A.      Standar Kompetensi
Mendengarkan
7.            Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.      Kompetensi Dasar
7.2           Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
     
C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
§ Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§ Merespon tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§ Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa tak percaya
§ Merespon tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
§ Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui undangan,  tawaran, ajakan.
§ Merespon tindak tutur menyetujui undangan, tawaran, ajakan.
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
-       Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
-       Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
-       Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
-       Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§  Siswa dapat merespon tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§  Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa tak percaya
§  Siswa dapat merespon tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
§  Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui undangan,  tawaran, ajakan.
§  Siswa dapat merespon tindak tutur menyetujui undangan, tawaran, ajakan.

E.      Materi Pokok
Responding to expressions of congratulating and complimenting
Responding to narrative texts

F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
Three-phase technique

G.      Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Siswa mampu mengidentifikasi dan merespon makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut, rasa tak percaya, menyetujui undangan,  tawaran, ajakan.
Siswa mampu menganalisa makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut, rasa tak percaya, menyetujui undangan,  tawaran, ajakan.
Siswa mampu mengerti dan menghafal makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut, rasa tak percaya, menyetujui undangan,  tawaran, ajakan.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
-       Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
-       Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
-       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
-       Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
-       Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi merespon makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut, rasa tak percaya, menyetujui undangan,  tawaran, ajakan.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai merespon makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut, rasa tak percaya, menyetujui undangan,  tawaran, ajakan.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan berbagai merespon makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut, rasa tak percaya, menyetujui undangan,  tawaran, ajakan.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai tindak tutur merespon makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut, rasa tak percaya, menyetujui undangan,  tawaran, ajakan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa berbagai teks lisan fungsional pendek merespon makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut, rasa tak percaya, menyetujui undangan,  tawaran, ajakan.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi merespon makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut, rasa tak percaya, menyetujui undangan,  tawaran, ajakan.
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi merespon makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut, rasa tak percaya, menyetujui undangan,  tawaran, ajakan.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi merespon makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut, rasa tak percaya, menyetujui undangan,  tawaran, ajakan.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.      Sumber/Bahan/Alat
-       Developing English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
-       Tape
-       Kamus
-       Kaset/CD
-       Tape/CD Player
-       OHP/LCD
-       Foto/ Poster
-       Gambar
-       Koran berbahasa Inggris
-       Majalah

I.       Penilaian
  • Teknik                          :     Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
  • Bentuk Instrumen    :     Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.

Contoh Instrumen     :

Listen to the tape and choose the best response from the expressions you hear.

For example:
You will hear     :           My sister got a car accident last night.
The best response is ….
a. Oh really? It is nice to hear that.
b. Oh really? I'm sorry to hear that.
The correct response is (b) Oh really? I'm sorry to hear that.

1.         a. Oh, that's good news.
b. Oh, that's bad news.
2.         a. How terrible!
b. I'm delighted to hear that.
3.         a. Is that right? That's too bad.
b. Is that right? How nice! I'm happy with that.
4.         a. I'm sorry to hear that.
b. How poor she is.
5.         a. Oh really? That's too bad.
b. Oh really? That's great.


Mengetahui,
Kepala Sekolah,






, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,









Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...