Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : X
/ 2
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
7. Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
7.2 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang
menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan
rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
§
Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa
terkejut
§
Merespon tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§
Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa
tak percaya
§
Merespon tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
§
Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui
undangan, tawaran, ajakan.
§
Merespon tindak tutur menyetujui undangan, tawaran,
ajakan.
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
-
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
-
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
-
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
-
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
§
Siswa dapat mengidentifikasi
makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§
Siswa dapat merespon
tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§
Siswa dapat mengidentifikasi
makna tindak tutur menyatakan rasa tak percaya
§
Siswa dapat merespon
tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
§
Siswa dapat mengidentifikasi
makna tindak tutur menyetujui undangan,
tawaran, ajakan.
§ Siswa dapat merespon tindak tutur menyetujui undangan,
tawaran, ajakan.
E. Materi Pokok
Responding to expressions of congratulating and
complimenting
Responding to narrative texts
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Three-phase
technique
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Siswa
mampu mengidentifikasi dan merespon makna tindak tutur menyatakan rasa
terkejut, rasa tak percaya, menyetujui undangan, tawaran, ajakan.
|
Siswa
mampu menganalisa makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut, rasa tak
percaya, menyetujui undangan, tawaran,
ajakan.
|
Siswa
mampu mengerti dan menghafal makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut,
rasa tak percaya, menyetujui undangan,
tawaran, ajakan.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir
karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi merespon makna tindak tutur menyatakan rasa
terkejut, rasa tak percaya, menyetujui undangan, tawaran, ajakan.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai merespon
makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut, rasa tak percaya, menyetujui
undangan, tawaran, ajakan.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan berbagai merespon makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut,
rasa tak percaya, menyetujui undangan,
tawaran, ajakan.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai tindak tutur merespon makna tindak tutur menyatakan rasa
terkejut, rasa tak percaya, menyetujui undangan, tawaran, ajakan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa berbagai teks lisan fungsional pendek merespon makna
tindak tutur menyatakan rasa terkejut, rasa tak percaya, menyetujui
undangan, tawaran, ajakan.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi merespon
makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut, rasa tak percaya, menyetujui
undangan, tawaran, ajakan.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi merespon makna tindak tutur menyatakan
rasa terkejut, rasa tak percaya, menyetujui undangan, tawaran, ajakan.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi merespon makna tindak
tutur menyatakan rasa terkejut, rasa tak percaya, menyetujui undangan, tawaran, ajakan.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
-
Developing
English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
-
Tape
-
Kamus
-
Kaset/CD
-
Tape/CD
Player
-
OHP/LCD
-
Foto/
Poster
-
Gambar
-
Koran
berbahasa Inggris
-
Majalah
I. Penilaian
- Teknik : Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
- Bentuk Instrumen : Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.
Contoh Instrumen :
Listen to the tape
and choose the best response from the expressions you hear.
For
example:
You
will hear : My sister got a car accident last night.
The
best response is ….
a.
Oh really? It is nice to hear that.
b.
Oh really? I'm sorry to hear that.
The
correct response is (b) Oh really? I'm sorry to hear that.
1.
a. Oh, that's good news.
b.
Oh, that's bad news.
2.
a. How terrible!
b.
I'm delighted to hear that.
3.
a. Is that right? That's too bad.
b.
Is that right? How nice! I'm happy with that.
4.
a. I'm sorry to hear that.
b.
How poor she is.
5.
a. Oh really? That's too bad.
b. Oh really? That's great.
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar