Jumat, 18 April 2014

RPP B. Inggris Kelas X Semester 2



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : 
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : X / 2
Pertemuan Ke             :  3
Alokasi Waktu             : 2 x 45 menit


A.      Standar Kompetensi
         Mendengarkan
8.            Memahami makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative, descriptive, dan news item  sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.      Kompetensi Dasar
8.1           Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
§ Mengidentifikasi topik sebuah pengumuman lisan
§ Mengidentifikasi informasi tertentu dari undangan lisan
§ Mengidentifikasi tujuan dari pengumuman yang didengar.
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
-       Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
-       Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
-       Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
-       Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


D.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat mengidentifikasi topik sebuah pengumuman lisan
§  Siswa dapat mengidentifikasi informasi tertentu dari undangan lisan
§  Siswa dapat mengidentifikasi tujuan dari pengumuman yang didengar.

E.      Materi Pokok

Responding to expressions of congratulating and complimenting
Responding to narrative texts

F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
Three-phase technique

G.      Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
§ Siswa mampu mengidentifikasi topik sebuah pengumuman lisan, undangan lisan dan pengumuman yang didengar.
2   Siswa mampu menganalisa topik sebuah pengumuman lisan, undangan lisan dan pengumuman yang didengar.
3   Siswa mampu mengerjakan dan mengerti topik sebuah pengumuman lisan, undangan lisan dan pengumuman yang didengar.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi topik sebuah pengumuman lisan, undangan lisan dan pengumuman yang didengar.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai topik sebuah pengumuman lisan, undangan lisan dan pengumuman yang didengar.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan berbagai topik sebuah pengumuman lisan, undangan lisan dan pengumuman yang didengar.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai topik sebuah pengumuman lisan, undangan lisan dan pengumuman yang didengar.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa berbagai topik pengumuman lisan, undangan lisan dan pengumuman yang didengar.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi topik sebuah pengumuman lisan, undangan lisan dan pengumuman yang didengar.
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi topik sebuah pengumuman lisan, undangan lisan dan pengumuman yang didengar.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi topik sebuah pengumuman lisan, undangan lisan dan pengumuman yang didengar.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.      Sumber/Bahan/Alat
-       Developing English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
-       Tape
-       Kamus
-       Kaset/CD
-       Tape/CD Player
-       OHP/LCD
-       Foto/ Poster
-       Gambar
-       Koran berbahasa Inggris
-       Majalah
I.       Penilaian
  • Teknik                          :     Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
  • Bentuk Instrumen    :     Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.
Contoh Instrumen     :

Mengetahui,
Kepala Sekolah,





, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,




.


Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/



Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...