Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : X
/ 2
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
8. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang
berbentuk narrative, descriptive, dan
news item sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
8.1 Merespon makna yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima
dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
§
Mengidentifikasi topik sebuah pengumuman lisan
§
Mengidentifikasi informasi tertentu dari undangan
lisan
§
Mengidentifikasi tujuan dari pengumuman yang didengar.
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
-
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
-
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
-
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
-
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
§
Siswa dapat mengidentifikasi
topik sebuah pengumuman lisan
§
Siswa dapat mengidentifikasi
informasi tertentu dari undangan lisan
§
Siswa dapat mengidentifikasi
tujuan dari pengumuman yang didengar.
E. Materi Pokok
Responding to expressions of congratulating and
complimenting
Responding to narrative texts
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Three-phase
technique
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Siswa mampu mengidentifikasi topik sebuah pengumuman
lisan, undangan lisan dan pengumuman yang didengar.
|
2
Siswa mampu menganalisa topik sebuah pengumuman lisan,
undangan lisan dan pengumuman yang didengar.
|
3
Siswa mampu mengerjakan dan mengerti topik sebuah
pengumuman lisan, undangan lisan dan pengumuman yang didengar.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin)
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari
dengan karakter
Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar,
menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait
dengan SK/KD
Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku
teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi topik sebuah pengumuman lisan, undangan lisan
dan pengumuman yang didengar.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai topik
sebuah pengumuman lisan, undangan lisan dan pengumuman yang didengar.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan berbagai topik sebuah pengumuman lisan, undangan lisan dan
pengumuman yang didengar.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai topik sebuah pengumuman lisan, undangan lisan dan pengumuman yang
didengar.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa berbagai topik pengumuman lisan, undangan lisan dan pengumuman yang
didengar.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi topik
sebuah pengumuman lisan, undangan lisan dan pengumuman yang didengar.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi topik sebuah pengumuman lisan, undangan
lisan dan pengumuman yang didengar.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi topik sebuah pengumuman
lisan, undangan lisan dan pengumuman yang didengar.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
-
Developing
English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
-
Tape
-
Kamus
-
Kaset/CD
-
Tape/CD
Player
-
OHP/LCD
-
Foto/
Poster
-
Gambar
-
Koran
berbahasa Inggris
-
Majalah
I. Penilaian
- Teknik : Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
- Bentuk Instrumen : Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.
Contoh Instrumen :
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
.
Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar