Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit ( 4x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Esei berbentuk Report
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Membaca
5. Memahami makna teks fungsional
pendek dan esei berbentuk report,
narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
untuk mengakses ilmu pengetahuan.
Menulis
6. Mengungkapkan makna
dalam teks esei berbentuk report, narrative, dan analytical
exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
5.2. Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative, dan
analytical exposition.
6.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam
teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada
tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko
(suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa
depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran siswa dapat :
1. Merespon wacana Esei
berbentuk Report.
2. Melakukan Esei berbentuk Report.
E. Materi Pokok
Report
Social Function:
To describe the way things are, with
reference to a range of natural, man-made and social phenomena in our
environment
Generic (Schematic)
Structure:
1. General Classification: tells what the
phenomenon under discussion is
2. Description :
tells what the phenomenon under discussion is like in terms of
parts
(and their function)
qualities
habits/behaviour
or ‘uses’ if non-natural
Significant
Lexicogrammatical Features:
Focus on Generic Participants (group of
things)
Use of simple present tense
No temporal sequence
Use of Relational Processes to state what is
and that which it is
Use of linking verbs and behavioural
verb
Use of technical term
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
·
Pre
listening
·
Whilst
listening
·
Post
Listening
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab
tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton,
dan/atau didengar.
§ Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Nonton film
§ Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§ Membacakan cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan
yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§ Dengan kelompok
belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ Bertanya jawab
tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton,
dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§ Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Nonton film.
§ Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§ Membacakan cerita
kepada kelompok (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa melakukan
berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap
muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan
setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah
diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir
karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi Esei berbentuk Report.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Esei berbentuk Report.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai Esei berbentuk Report.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai Esei berbentuk Report.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa membuat kalimat Esei
berbentuk Report.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi Esei berbentuk Report.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai Esei berbentuk Report.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi Esei berbentuk Report.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku teks yang
relevan : English Texts in Use jilid XI, English For Better Life XI
§ Transkrip percakapan
atau rekaman percakapan/ kaset
§ Gambar yang relevan
§ Script monolog
berbentuk banner, poster atau pamplet
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Merespon wacana monolog report
Menulis monolog berbentuk report
|
Tes
Tulis
Unjuk
Kerja
|
Pilihan
Ganda
Presentasi
Lisan
|
Listen
to the monolog and choose the best answer
Describe
the general facts of the following animal.
|
II. Instrumen Penilaian
Task 1
Choose the correct answer!
Text 1.
Piranha fish are the
fiercest animals in the world. They live in the fresh water rivers of South
America, from Venezuela to Northern Argentina. These fish hunt in groups,
called schools. They usually eat other fish smaller than themselves. Sometimes
Piranhas will attack and eat each other.
There are about 18
kinds of piranha fish. Only four kinds attack man. Piranhas have large head and
short thick bodies. They are usually about 20 cm { 9 inches long) but one kind
can be as much as 60 cm (two feet). It lives in the Sao Francisco river from
Eastern Brazil. It is one of the most dangerous fish.
The most noticeable
thing about Piranha fish is the large mouth. The mouth has a lot of triangular
teeth with sharp point. The points pierce the skin of the prey. The razor sharp
edges of the teeth chop out pieces of flesh. The teeth of the upper and lower
jaws fit together like scissors. The muscles moving the jaws are big and very
powerful.
On the back of the
Piranha fish there is a ridge called a keel. There is another keel running
along it belly. The tail is slender and muscular. Its tail fins are broad. All
these features held the piranha to swim fast through the water. The piranha
fish cat a large South American rat-like animal, called a Capy-bara, weighing
50 kilos (100 ponds) to a skeleton in less than 60 seconds.
1.
What is the social function of the text above?
a.
To explain.
b.
To retell events
c.
To persuade the readers
d.
To amuse the readers
e.
To describe
2.
What are schools in the text mean.....
a.
Piranha fish are the fiercest animals in the world
b.
Piranhas will attack and eat each other
c. The piranha fish eat
Capybara
d.
Piranha fish has a large mouth
e. Piranhas
fish hunt in groups
3.
These are the characteristics of piranha, except ....
a.
They live in the fresh water rivers.
b.
They usually eat other fish smaller than themselves
c.
Piranhas have large head and short thick bodies.
d.
Piranha fish has large mouth with of triangular teeth with sharp point.
e.
The muscles moving the jaws are small and very weak
4.
The razor sharp edges of the teeth chop out pieces of flesh.
The synonym of the underlined word is ....
a.
give up d. cut
b.
throw away e. bend
c.
run out
5.
Why can piranha swim fast through the water.
a.
its tail fins are not broad
b.
Piranha fish has a ridge
c.
there is another keel running along its belly
d.
they live in the fresh water rivers of South America
e.
the tail is slender and muscular
Text 2.
This text is for questions
6 to 10.
The
sense of taste is one of a person’s five senses. We taste with the help of
taste-buds in the tongue.
There
are four main kinds of taste: sweet, sour, salty and bitter. All other tasles
are just mixtures of two or more of these main type.
The
surface of the tongue has more than fifteen thousand taste-buds (or cells).
These are connected to the brain by special nerves which send the so-called “
taste messages.
When
the tongue comes into contact with food of asny kind, the taste-buds will pick
up the taste. The nerves then send a message to the brain. This will make as
aware of the taste. All this happens in just a few seconds.
There
are four kinds of tastebuds, each of which is sensitive to only a particular
taste.
These
four groups are located in different parts of the tongue.
The
taste-buds for salty and sweet tastes are found round the tip of the tongue and
along its side. Sour taste can be picked up only at the sides of the tongue.
The taste-buds for bitter taste are found at the inner-most edge of the tongue.
There are taste-buds at the centre of the tongue.
The
senses of smell and sight can affect taste. The good smell of food increases
its taste. Similarly, attractive colours can make food appear taster and more
delicious. If food does not smell good or is dull-coloured, it will look tasty
and may not taste good at all.
Very
hot or cold sensations can make the taste-buds insensitive. Food that is too
hot or cold, when placed in the mouth, will have no taste at all.
6. We
can taste any kind of food because of....
a.
the good smell of food
b.
the four main kinds of taste
c.
the taste-buds in the tongue
d.
the senses of smell and sight
e.
the taste-buds round the tip of the tongue
7.
When we eat very hot or cold food, ....
a.
the food will lose its taste
b.
the food won’t smell good
c.
the taste of the food increases
d.
the taste-buds will be sensitive
e.
the taste buds will be very response
8.
The sense of smell and sight....
a.
increase the taste of the food.
b.
affect the taste of the food
c.
make food more delicious
d.
make the food look good
e. make
the food attractive
9.
The purpose of the text is ....
a.
to explain how we can taste any food in the mouth.
b.
to give a report about the sense of taste
c.
to inform how important the tongue is
d.
to describe the use of the tongue
e.
to tell the taste of the food.
10. The following sentences are correct,
except...
a.
There
are four main kinds of taste: sweet, sour, salty and bitter
b.
The
taste-buds will pick up the taste
c.
The
taste-buds for bitter taste are found round the tip of the tongue
d.
The
senses of smell and sight can affect taste.
e.
Sour
taste can be picked up only at the sides of the tongue
Task 2
Write
your own report. Find and object about animals, plants, or others.
III. Pedoman Penilaian
1).
Untuk Task 1, soal
membaca berbentuk pilihan ganda : Betul
skor 1, salah skor 0
2).
Untuk
Task 2, soal menulis berbentuk soal uraian bebas
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan isi dan
tema
|
0 - 20
|
2
|
Struktur kalimat
|
0 - 20
|
3
|
Koherensi antar
kalimat
|
0 - 10
|
4
|
Kompleksitas (Ketepatan penggunaan kata
dan istilah)
|
0 - 20
|
5
|
Tanda baca
|
0 - 15
|
6.
|
Ejean kata
|
0 - 15
|
|
Skor maksimum
|
100
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
SUmber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar