RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : X I / 2
Standar Kompetensi : 2.
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar :
2. 3. Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural.
Indikator Pencapaian
Kompetensi:
o Mendeskripsikan pengertian masyarakat multikultural dan multikulturalisme.
o Menjelaskan faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam masyarakat
multikultural.
o Menejalaskan pengeruh perubahan sosial terhadap perkembagnan masyarakat
multikultural.
o Membedakan kelompok-kelompok sosial di masyarakat.
o Melakukan pengamatan tentang kelompok sosial di
masyarakat.
Alokasi Waktu : 6
x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan
dapat:
o
menjelaskan pengertian
masyarakat multikultural
o
menganalisis dinamika
kelompok dalam masyarakat multikultural
o
mendeskripsikan realitas
masyarakat Indonesia sebagai masyarakat multikultural.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§
Toleransi, Rasa
Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.
Kewirausahaan /
Ekonomi Kreatif :
§
Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan
Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
o Masyarakat Multikultural
C. Metode Pembelajaran
o
Informasi
o
kerja mandiri
o
eksplorasi
o
Diskusi
o
ceramah
o penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menganalisis
keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
|
· Menggali berbagai
informasi tentang pengertian masyarakat multikultural dan pengertian
multikulturalisme
· Menggali dari berbagai
sumber belajar tentang faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam
masyarakat multikultural.
· Menjelaskan sikap yang
harus dikembangkan dalam masyarakat multikultural.
· Secara individu
mengungkapkan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial.
· Secara kelompok
mengemukakan gagasan dalam penanganan kasus yang diakibatkan dari
keanekaragaman kelompok sosial.
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian masyarakat
multikultural dan multikulturalisme.
· Siswa dapat Menjelaskan faktor penyebab terjadinya
kemajemukan dalam masyarakat multikultural.
· Siswa dapat Menejalaskan pengeruh perubahan sosial
terhadap perkembagnan masyarakat multikultural.
· Siswa dapat Membedakan kelompok-kelompok sosial di
masyarakat.
· Siswa dapat Melakukan pengamatan tentang kelompok
sosial di masyarakat.
|
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan
siswa.
b. Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
tujuan mempelajari masyarakat multikultural.
c. Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema msyarakat
multikultural.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa menjawab pertanyaan tentang kelompok-kelompok yang ada dalam
masyarakat. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang masyarakat multikultural dan
multikulturalisme dan faktor-faktor yang mempengaruhi perlunya masyarakat
multikultural. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 160
dan 162. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengarang tentang masyarakat multikultural. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa merancang sebuah slogan atau kata mutiara yang menggambarkan
penilaiannya terhadap multikulturalisme. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan tugasnya untuk diperiksa oleh guru. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang masyarakat
multikultural. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru secara lisan
tentang masyarakat multikultural. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa diberi tugas untuk menyempurnakan karangannya agar bisa dikirim ke
media massa. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
Pertemuan II |
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas berupa karangan untuk diseleksi guru.
b. Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
tujuan mempelajari realitas sosial
masyarakat Indonesia.
c. Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan beberapa gambaran yang telah
dibuat oleh guru tentang realitas sosial dan mewujudkan masyarakat
multikultural.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan pengelompokkan
masyarakat Indonesia. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang realitas sosial
masyarakat Indonesia dan mewujudkan masyarakat multikultural. Serta Manfaat
masyarakat multikultural.(nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 169 dan 170. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa membuat ulasan berdasarkan pengamatannya tentang hal-hal positif
yang ada dalam masyarakat. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mendiskusikan artikel yang ada dalam buku halaman 172-173. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai
pemandu diskusi kelas.(nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang sudah
dipelajari. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa mengerjakan latihan atau evaluasi dalam buku halaman 174-177. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa diberi tugas untuk mengerjakan tugas tentang mafnaat yang dirasakan
dalam kegiatan di sekolah. Dan merancang untuk kegiatan diskusi atau
seminar. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
Pertemuan III |
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran.
Kemudian, guru mengumpulkan hasil laporan siswa tentang unsur-unsur
kebudayaan dan dinamikanya.
b. Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok.
c. Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan
ulangan blok.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh
siswa. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan
blok. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
E. Sumber pembelajaran:
o
Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS halaman
158-177
o
Kelompok-kelompok sosial
dalam masyarakat
o Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
o
Papan tulis
o
Alat-alat tulis
o
Lembar soal
o
Transparan Konsep
o
Power Point
o
OHP
G. Penilaian
o
Hasil pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil
wawacanra dan pengamatannya.
o
Tugas laporan wawancara
siswa.
o
Test pilihan ganda dan uraian
dalam buku halaman 174-177.
o
Diskusi kelompok dalam buku halaman 172-173.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan
pendapat
|
Kerja sama |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai
maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skor/
Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
o
Kemampuan menyampaikan pendapat.
o
Kemampuan memberikan
argumentasi.
o
Kemampuan memberikan kritik.
o
Kemampuan mengajukan
pertanyaan.
o
Kemampuan menggunakan bahasa
yang baik.
o
Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor
1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor
2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17
= Cukup
D. Baik Skor
4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor
5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rentang skor : 1—3
o
Aktivitas dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
o
Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
o
Pemikiran 6—8 = Cukup
o
Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
o Keberanian
tampil
Mengetahui,
Kepala
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Sosiologi
|
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar