Selasa, 13 Mei 2014

RPP Sosiologi Kelas XI Semester 2 I Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural (bag. 2)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah                   :
Mata Pelajaran         : Sosiologi
Kelas/semester        :  X I / 2

Standar Kompetensi  : 2.  Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar              : 2. 3. Menganalisis  keanekaragaman kelompok sosial dalam                 masyarakat multikultural.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
o   Mendeskripsikan pengertian masyarakat multikultural dan multikulturalisme.
o   Menjelaskan faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam masyarakat multikultural.
o   Menejalaskan pengeruh perubahan sosial terhadap perkembagnan masyarakat multikultural.
o   Membedakan kelompok-kelompok sosial di masyarakat.
o   Melakukan pengamatan tentang kelompok sosial di masyarakat.
Alokasi Waktu      :  6 x 45 menit (3 X Pertemuan)

A.  Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o  menjelaskan pengertian masyarakat multikultural
o  menganalisis dinamika kelompok dalam masyarakat multikultural
o  mendeskripsikan realitas masyarakat Indonesia sebagai masyarakat multikultural.
Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
               

B.  Materi Pembelajaran

o  Masyarakat Multikultural

C.  Metode Pembelajaran

o  Informasi
o  kerja mandiri
o  eksplorasi
o  Diskusi
o  ceramah
o  penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
·   Menggali berbagai informasi tentang pengertian masyarakat multikultural dan pengertian multikulturalisme
·   Menggali dari berbagai sumber belajar tentang faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam masyarakat multikultural.
·   Menjelaskan sikap yang harus dikembangkan dalam masyarakat multikultural.
·   Secara individu mengungkapkan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial.
·   Secara kelompok mengemukakan gagasan dalam penanganan kasus yang diakibatkan dari keanekaragaman kelompok sosial.
·   Siswa dapat  Mendeskripsikan pengertian masyarakat multikultural dan multikulturalisme.
·   Siswa dapat   Menjelaskan faktor penyebab terjadinya kemajemukan dalam masyarakat multikultural.
·   Siswa dapat  Menejalaskan pengeruh perubahan sosial terhadap perkembagnan masyarakat multikultural.
·   Siswa dapat  Membedakan kelompok-kelompok sosial di masyarakat.
·   Siswa dapat  Melakukan pengamatan tentang kelompok sosial di masyarakat.


D. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan I

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.  Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan siswa.
b.  Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari masyarakat multikultural.
c.  Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema msyarakat multikultural.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa menjawab pertanyaan tentang kelompok-kelompok yang ada dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang masyarakat multikultural dan multikulturalisme dan faktor-faktor yang mempengaruhi perlunya masyarakat multikultural. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 160 dan 162.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengarang tentang masyarakat multikultural. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa merancang sebuah slogan atau kata mutiara yang menggambarkan penilaiannya terhadap multikulturalisme. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengumpulkan tugasnya untuk diperiksa oleh guru.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang masyarakat multikultural.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru secara lisan tentang masyarakat multikultural. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk menyempurnakan karangannya agar bisa dikirim ke media massa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



Pertemuan II

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.   Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas  berupa karangan untuk diseleksi guru.
b.  Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan  mempelajari realitas sosial masyarakat Indonesia.
c.   Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan beberapa gambaran yang telah dibuat oleh guru tentang realitas sosial dan mewujudkan masyarakat multikultural. 


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan pengelompokkan masyarakat Indonesia. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang realitas sosial masyarakat Indonesia dan mewujudkan masyarakat multikultural. Serta Manfaat masyarakat multikultural.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku  halaman 169 dan 170. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membuat ulasan berdasarkan pengamatannya tentang hal-hal positif yang ada dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mendiskusikan artikel yang ada dalam buku halaman 172-173.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang sudah dipelajari.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa mengerjakan latihan atau evaluasi dalam buku halaman 174-177. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mengerjakan tugas tentang mafnaat yang dirasakan dalam kegiatan di sekolah. Dan merancang untuk kegiatan diskusi atau seminar.    (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



Pertemuan III

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.   Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan hasil laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan dinamikanya.
b.  Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud  diadakan ulangan blok.
c.   Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



E.  Sumber pembelajaran:

o  Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS  halaman  158-177
o  Kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat
o  Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.  Media

o  Papan tulis
o  Alat-alat tulis
o  Lembar soal
o  Transparan Konsep
o  Power Point
o  OHP

G. Penilaian

o  Hasil pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil wawacanra dan pengamatannya.
o  Tugas laporan wawancara siswa.
o  Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman  174-177.
o  Diskusi kelompok dalam buku halaman   172-173. 

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
         
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20

LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
o  Kemampuan menyampaikan pendapat.
o  Kemampuan memberikan argumentasi.
o  Kemampuan memberikan kritik.
o  Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o  Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o  Kelancaran berbicara.


Penskoran:                                        Jumlah skor:
A. Tidak Baik           Skor 1                    24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik         Skor 2                    18—23 = Baik
C. Cukup Baik           Skor 3                    12—17 = Cukup
D. Baik                   Skor 4                    6—11   = Kurang
E. Sangat Baik          Skor 5

 

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                Rentang skor : 1—3
o  Aktivitas dalam kelompok                         2—15           = Sangat baik
o  Tanggung jawab individu                           9—11            = Baik
o  Pemikiran                                               6—8             = Cukup       
o  Keberanian berpendapat                           3—5             = Kurang      
o  Keberanian tampil         


Mengetahui,
Kepala






, Juli 2011
Guru Mapel Sosiologi







Sumber :

http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/


Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...