Minggu, 18 Mei 2014

Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran I Berbagai Jenis Inovasi dalam Kurikulum dan Pembelajaran I Penyelenggaraan Sekolah Lanjutan Pertama Terbuka (SLTPT)




SLTP Terbuka merupakan sekolah menengah umum Tingakt Pertama yang kegiatan belajarnya dilaksanakan sebagian besar di luar gedung sekolah. Penyampaian pelajaran dilakukan dengan memanfaatkan berbagai media sebagai pengganti guru, misalnya dengan menggunakan paket belajar berupa modul dan pemanfaatan media elektronik seperti radio.

SLTP Terbuka diselenggarakan untuk meningkatkan pemerataan pendidikan, khususnya bagi lulusan SD yang ingin melanjutkan pendidikanny, akan tetapi tidak dapat merealisasikan niatnya disebabkan faktor geografi, sosial dan ekonomi. Ciri-ciri SLTP Terbuka adalah sebagai berikut:

a.       Terbuka bagi peserta didik tanpa pembatasan umur dan syarat-syarat akademis.
b.      Terbuka dalam memilih program belajar untuk mencapai ijazah formal untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan jangka pendek yang bersifat praktis, insidental dan individual (perorangan).
c.       Dalam proses belajar mengajar bersifat terbuka yang tidak selalu harus diselenggarakan di dalam kelas melalui tatap muka dengan guru, akan tetapi dapat dilakukan d luar kelas sesuai dengan kesempatan masing-masing dengan belajar melalui berbagai media, seperti radio, media cetak, film, foto dan lain sebagainya.
d.      Peserta didik dapat secara bebas mengikuti program belajar sesuai dengan kesempatan yang tersedia.
e.       SLTP Terbuka dikelola secara terbuka, dengan melibatkan pegawai negeri, para tokoh masyarakat, orang tua peserta didik dan pamong pemerintah setempat.

Tujuan yang ingin dicapai oleh SLTP Terbuka adalah agar lulusan:
a.       Menjadi warga negara yang baik sebagai manusia yang sehat, dan kuat lahir dan batin.
b.      Menguasai hasil pendidikan umum yang merupakan kelanjutan dari pendidikan di sekolah dasar.
c.       Memiliki bekal untuk melanjutkan pelajarannya ke sekolah lanjutan atas dan untuk terjun ke masyarakat.
d.      Meningkatkan disiplin siswa.
e.       Menilai kemajuan siswa dan memantapkan hasil pelajaran dengan media.  
 

Sumber : Buku Kurikulum dan Pembelajaran, Wina Sanjaya

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...