Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI / 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Tesk
fungsional pendek “Advertisement /iklan”
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
2. Memahami makna teks
fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion
dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
2.1 Merespon makna yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat,
lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada
tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko
(suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa
depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran siswa dapat :
§ Menemukan gagasan umum tesk iklan
§ Menemukan informasi rinci dalam teks iklan
§ Menemukan makna kata tertentu dalam teks iklan
E. Materi Pokok
§ Tesk fungsional pendek”Iklan ”
§ Kosakata terkait tema/ jenis tesk
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
·
Pre
listening
·
Whilst
listening
·
Post
Listening
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab
tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton,
dan/atau didengar.
§ Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Nonton film
§ Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§ Membacakan cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan
yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§ Dengan kelompok
belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ Bertanya jawab
tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton,
dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§ Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Nonton film.
§ Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§ Membacakan cerita
kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa melakukan
berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap
muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan
setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah
diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
§
Mengucapkan
salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang
ditanamkan: santun, peduli)
§
Mengecek
kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
§
Mengaitkan
materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
§
Dengan
merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang
hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
§
Siswa
berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi Tesk fungsional
pendek”Iklan ”.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Tesk fungsional pendek”Iklan ”.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai Tesk fungsional
pendek”Iklan ”.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai Tesk fungsional pendek”Iklan ”.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa membuat kalimat Tesk fungsional pendek”Iklan ”.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi Tesk narrative.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai Tesk fungsional pendek”Iklan ”.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi Tesk fungsional pendek”Iklan ”.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku teks yang
relevan : English Texts in Use jilid XI, English For Better Life XI
§ Transkrip percakapan
atau rekaman percakapan/ kaset
§ Gambar yang relevan
§ Script monolog berbentuk
banner, poster atau pamplet
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
|
Memahami isi Tesk
fungsional pendek”Iklan ”
|
Tes
Lisan
|
Pertanyaan
Lisan
|
Listen
to the following advertisement and answer the questions!
|
II. Instrumen Penilaian
I.
Listen to the following advertisement and answer the questions!
![]() |
Listen to
the following advertisement and answer the questions!
1.
What
is on sale?
2.
Whom
is the sale for?
3.
Where
is the store located
4.
What
time is the store opened?
5.
How
many days is the store opened?
Kunci
Jawaban
1. Busines’s clothes, shoes and
summer’s clothes
2. Men and women
3. At Simpang Lima Semarang
4. 8.30 am to 9.00 pm
5. Six days
III. Pedoman Penilaian
No
|
Uraian
|
Skor
|
1,2,3,4,5
|
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
|
20
10
0
|
Jumlah skor maksimal = 5 x 20 = 100
Penilaian : Jumlah skor perolehan : skor maksimal x 100
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
SUmber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar