Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI / 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Teks
monolog berbentuk Spoof
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan
sehari-hari
B. Kompetensi
Dasar
Merespon makna dalam teks monolog
yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan
hortatory exposition.
Mengungkap-kan makna dalam esei dengan mengguna-kan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan
hortatory exposition
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada
tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko
(suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa
depan (punya perspektif untuk masa depan)
§
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran siswa dapat :
- Merespon wacana monolog: spoof
- Melakukan monolog berbentuk : spoof
E. Materi Pokok
Wacana monolog
berbentuk spoof, contohnya;
|
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
·
Pre
listening
·
Whilst
listening
·
Post
Listening
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab
tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton,
dan/atau didengar.
§ Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Nonton film
§ Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§ Membacakan cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan
yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§ Dengan kelompok
belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ Bertanya jawab
tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton,
dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§ Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Nonton film.
§ Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§ Membacakan cerita
kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa melakukan
berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap
muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan
setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah
diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
§
Mengucapkan
salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang
ditanamkan: santun, peduli)
§
Mengecek
kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
§
Mengaitkan
materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
§
Dengan
merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang
hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
§
Siswa
berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi wacana monolog berbentuk spoof.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai wacana
monolog berbentuk spoof.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai wacana monolog berbentuk spoof.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai wacana monolog berbentuk spoof.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa membuat kalimat wacana monolog berbentuk spoof.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi wacana
monolog berbentuk spoof.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai wacana monolog berbentuk spoof.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi wacana monolog berbentuk
spoof.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku Look Ahead 2
§ Transkrip percakapan
atau rekaman percakapan/ kaset
§ Gambar yang relevan
§ Script monolog
berbentuk banner, poster atau pamplet
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
|
Memahami isi teks wacana monolog berbentuk spoof
|
Tes
Tertulis
|
Essay
|
Listen
to the monolog and choose the best answer
|
II. Instrumen Penilaian
Listen to Mike, talking about his experience
about earthquake. Check the answers.
Has everybody here heard of an earthquake? Do you know what it is like
when it happens? Well, I once experienced it. Okay, I’ll tell you about my
experience. Listen.
I was driving along the coast road when the
car suddenly lurched to one side.
You know what happened? At first I thought a
tire had gone flat but then I saw telegraph poles collapsing like matchsticks.
It’s terrible, isn’t it? Next, guess what? The rocks came tumbling across the
road and I had to get out of the car. When I got back to town, well as I said,
there wasn’t much left. My God, that was a nightmare.
Say It Right
·
earthquake
·
coast
·
collapsing
·
nightmare
·
experience
·
tyre
·
matchsticks
·
abandoned
·
tumbling
·
terrible
III. Pedoman Penilaian
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan isi dan tema
|
0 – 17
|
2
|
Struktur kalimat
|
0 – 17
|
3
|
Koherensi antar kalimat
|
0 – 17
|
4
|
Kompleksitas (Ketepatan penggunaan
kata dan istilah)
|
0 – 17
|
5
|
Tanda baca
|
0 – 16
|
6.
|
Ejean kata
|
0 – 16
|
|
Skor maksimum
|
100
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
SUmber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar