Jumat, 16 Mei 2014

RPP B. Inggris Kelas XI Semester 2 I Topik : Teks monolog berbentuk Spoof



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah                   :    
Mata Pelajaran                 :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester                :     XI / 2
Alokasi Waktu                   :     2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran         :     Teks monolog berbentuk Spoof
Pertemuan Ke                   :

A.      Standar Kompetensi
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari 

B.      Kompetensi Dasar
Merespon makna dalam teks  monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition.

Mengungkap-kan makna dalam esei dengan mengguna-kan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition

                 
C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  • Merespon wacana monolog: spoof
  • Melakukan monolog berbentuk : spoof
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§   
D.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
    • Merespon wacana monolog: spoof
    • Melakukan monolog berbentuk : spoof

E.      Materi Pokok
Wacana monolog berbentuk spoof, contohnya;



        
                Okay students. Listen to me. I have a good story. The story is about a boy named Michael. He was ten years old. He was not a very good pupil. Why? Because he didn’t like doing his homework. What did he like then ?Oh, he liked playing in his leisure time. He liked football very much. Do you know why he didn’t like doing his homework? Because he always made a lot of mistakes when he did it.
            Well, one day, his mathematics teacher looked at Michael’s homework and found that all his homework was correct. Wow, that’s a good job! Of course students, the teacher was very pleased and surprised. So, he called Michael to his office and said to him, Michael, you’ve got all your homework right this time. You’re doing great. Well done, Michael. Did your father help you?
            “No, sir” Michael said, “Usually my father did it for me. But last night he was very busy. He had a meeting. So, he couldn’t do my homework. Then, I had to do it by myself.

 (Adapted from: Intermediate Reading Comprehension,L.G.Alexander)
 
 






















F.      Metode Pembelajaran/Teknik:

Three – phase technique

·                      Pre listening
·                      Whilst listening
·                      Post Listening

G.      Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
§  Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar.
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Nonton film
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.

§  Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
§  Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Nonton film.
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok (monolog).

§  Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§  Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
§  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§  Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
§  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
§  Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
§  Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi wacana monolog berbentuk spoof.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai wacana monolog berbentuk spoof.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai wacana monolog berbentuk spoof.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai wacana monolog berbentuk spoof.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa membuat kalimat wacana monolog berbentuk spoof.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi wacana monolog berbentuk spoof.
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi mengenai wacana monolog berbentuk spoof.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi wacana monolog berbentuk spoof.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.      Sumber/Bahan/Alat
§  Buku Look Ahead 2
§  Transkrip percakapan atau rekaman percakapan/ kaset
§  Gambar yang relevan
§  Script monolog berbentuk banner, poster atau pamplet

I.       Penilaian

 

I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.



No.

Indikator
Teknik
Bentuk
Contoh
1.






Memahami isi teks wacana monolog berbentuk spoof

Tes Tertulis




Essay


Listen to the monolog and choose the best answer



II. Instrumen  Penilaian


Listen to Mike, talking about his experience about earthquake. Check the answers.

            Has everybody here heard of an earthquake? Do you know what it is like when it happens? Well, I once experienced it. Okay, I’ll tell you about my experience. Listen.
I was driving along the coast road when the car suddenly lurched to one side.
You know what happened? At first I thought a tire had gone flat but then I saw telegraph poles collapsing like matchsticks. It’s terrible, isn’t it? Next, guess what? The rocks came tumbling across the road and I had to get out of the car. When I got back to town, well as I said, there wasn’t much left. My God, that was a nightmare.

Say It Right
·         earthquake
·         coast
·         collapsing
·         nightmare
·         experience
·         tyre
·         matchsticks
·         abandoned
·         tumbling
·         terrible





III.  Pedoman Penilaian    

No.
Aspek yang dinilai
Skor
1
Ketepatan isi dan tema
0 – 17
2
Struktur kalimat
0 – 17
3
Koherensi antar kalimat
0 – 17
4
Kompleksitas (Ketepatan penggunaan kata  dan istilah)
0 – 17
5
Tanda baca
0 – 16
6.
Ejean kata
0 – 16

Skor maksimum
100


Mengetahui,
Kepala Sekolah,






, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,







 SUmber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/


Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...