RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : X I / 2
Standar Kompetensi : 2.
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar :
2. 2. Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural.
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
·
Mengidentifikasi kelompok
sosial yang terdapat dalam masyarakat.
·
Mengklasifikasikan
kelompok-kelompok sosial yang terdapat dalam masyarakat.
·
Mendeskripsikan dimensi hubungan antarkelompok sosial.
·
Mendeskripsikan dinamika
kelompok sosial di Indonesia.
Alokasi Waktu : 6
x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan
dapat:
o
mendeskripsikan pengertian
kelompok sosial.
o
mengidentifikasi tipe-tipe
kelompok sosial
o
mendeskripsikan dimensi
hubungan antarkelompok sosial
o
mendeskripsikan dinamika
kelompok sosial di Indonesia
Karakter siswa yang
diharapkan :
§
Toleransi, Rasa
Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.
Kewirausahaan /
Ekonomi Kreatif :
§
Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan
Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
o Kelompok
sosial
C. Metode Pembelajaran
o
Informasi
o
kerja mandiri
o
eksplorasi
o
Diskusi
o
ceramah
o penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis perkembangan
kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
·
Secara kelompok membuat
tulisan melalui studi pustaka tentang keanekaragaman suku bangsa Indonesia
bagian barat, tengah dan timur.
·
Secara klasikal
mendiskusikan hasil tulisan tentang keanekaragaman suku bangsa di Indonesia
bagian barat, tengah dan timur.
·
Secara klasikal menguraikan
konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan
kelompok sosial.
|
·
Siswa dapat Mendeskripsikan keanekaragaman suku bangsa
di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur.
·
Menjelaskan konsekuensi
perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok
sosial.
·
Membedakan konflik dengan
kekerasan
·
Mengidentifikasi
sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat.
|
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas dan menanyakan kepada
para siswa beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kebudayaan.
b. Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
tujuan mempelajari kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat.
c. Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema kelompok sosial dalam
masyarakat.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat kelompok sosial dan
tipe-tipe kelompok sosial. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 139
dan 146. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mereka mendiskusikan
perbedaan antar kelompok sosial, organisasi sosial, dan lembaga sosial! (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,
Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai
pemandu diskusi klasikal.(nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru membuat rangkuman materi tentang kelompok sosial.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa melakukan post test berupa pertanyaan essey.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa diberi tugas untuk mengamati masyarakat di daerahnya sendiri
kemudia membuat laporannya. Laporannya bisa dibuat dengan pola yang ada dalam
buku halaman 146. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
Pertemuan II |
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas laporan pengamatan
masyarakat yang ada di daerah siswa.
b. Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
tujuan tujuan menjalin hubungan dalam kelompok sosial.
c. Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambaran guru tentang
hubungan antarkelompok dalam masyarakat.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan
kelompok-kelompok sosial yang ada dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang hubungan antarkelompok
dalam masyarakat. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 151. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan kasus yang ada
dalam buku halaman 151. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa dan guru membuat kesimpulan atau rangkuman tentang materi yang
dipelajari bersama. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa mengerjakan latihan atau evaluasi dalam buku halaman 153-156. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa diberi tugas untuk mencari bahan tentang kelompok mayoritas dan
minoritas. Dan bagaimana pola hubungan kelompok sosial tersebut. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
Pertemuan III |
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran.
Kemudian, guru mengumpulkan hasil laporan siswa tentang unsur-unsur
kebudayaan dan dinamikanya.
b. Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok.
c. Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan
ulangan blok.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh
siswa. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan
blok. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
E. Sumber pembelajaran:
o
Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS halaman
136-156.
o
Kelompok-kelompok sosial
dalam masyarakat
o Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
o
Papan tulis
o
Alat-alat tulis
o
Lembar soal
o
Transparan Konsep
o
Power Point
o
OHP
G. Penilaian
o
Hasil pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil
wawacanra dan pengamatannya.
o
Tugas laporan wawancara
siswa.
o
Test pilihan ganda dan uraian
dalam buku halaman 153-156.
o
Diskusi kelompok dalam buku halaman 140 dan 152-153.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan
pendapat
|
Kerja sama |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai
maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skor/
Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
o
Kemampuan menyampaikan pendapat.
o
Kemampuan memberikan
argumentasi.
o
Kemampuan memberikan kritik.
o
Kemampuan mengajukan
pertanyaan.
o
Kemampuan menggunakan bahasa
yang baik.
o
Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor
1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor
2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor
3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor
4 6—11 =
Kurang
E. Sangat Baik Skor
5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rentang skor : 1—3
o
Aktivitas dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
o
Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
o
Pemikiran 6—8 = Cukup
o
Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
o Keberanian
tampil
Mengetahui,
Kepala
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/ |
|
, Juli 2011
Guru Mapel Sosiologi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar