Selasa, 13 Mei 2014

RPP PAI SMA Berkarakter Kelas XI Semester 2 Aspek Fiqh



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XI / 2
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        :  Fiqih


A.  Standar Kompetensi
12. Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.

B.  Kompetensi Dasar
12.1    Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh, dan dakwah
12.2    Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh, dan dakwah

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menjelaskan pengertian khutbah.
  Mampu menjelaskan pengertian tabligh
  Mampu menjelaskan pengertian dakwah.
  Mampu menjelaskan tata cara khutbah yang baik
  Mampu menjelaskan tatacara tabligh yang baik
  Mampu menjelaskan tatacara dakwah
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
Pengertian :
  Khutbah
  Tabligh
  Dakwah
Tatacara :
  Khutbah
  Tabligh
  Dakwah

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menjelaskan pengertian khutbah.
  Mampu menjelaskan pengertian tabligh
  Mampu menjelaskan pengertian dakwah.
  Mampu menjelaskan tata cara khutbah yang baik
  Mampu menjelaskan tatacara tabligh yang baik
  Mampu menjelaskan tatacara dakwah

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mendiskusikan pengertian khutbah.
  Mendiskusikan pengertian tabligh
  Mendiskusikan pengertian dakwah.
  Siswa menyebutkan tatacara khutbah
  Siswa menyebutkan tata cara  tabligh.
  Siswa menyebutkan tata cara dakwah.
  Menyusun teks khutbah dan dakwah.
  Memperagakan khutbah.
  Memperagakan tabligh.
  Memperagakan dakwah.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
-      Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi     Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah?
·         Pernahkah kalian membaca tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah ?
·         Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah ?.
·         Guru menunjuk seorang siswa yang mengetahui tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
·         Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
·         Guru menjelaskan tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan kisah tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah dari sumber bacaan dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah kepada siswa.
-      Setelah selesai guru menjelaskan tentang kisah Memahami khutbah, tabligh dan dakwah, dengan ringkasan sebagai berikut :
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Da’wah yang terbaik adalah da’wah yang menyeru kepada jalan Allah dan meninggikan agama Allah.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas 2



Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:






Sumber : http://rppsilabusberkarakter.blogspot.com/2013/08/rpp-pai-sma-berkarakter-dan-silabus.html

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...