Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama
Sekolah : SMA/MA .............................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI
/ 2
Waktu : 6 x 45 menit
Aspek : Fiqih
A. Standar Kompetensi
12. Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.
B. Kompetensi Dasar
12.1 Menjelaskan pengertian khutbah,
tabligh, dan dakwah
12.2 Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh, dan
dakwah
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Mampu menjelaskan pengertian khutbah.
Mampu menjelaskan pengertian tabligh
Mampu menjelaskan pengertian dakwah.
Mampu menjelaskan tata cara khutbah yang baik
Mampu menjelaskan tatacara tabligh yang baik
Mampu menjelaskan tatacara dakwah
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai
keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak
dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan ajaran agama
yang dianutnya.
Toleran terhadap pelaksanaan ibadah
agama lain
Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan,
mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
Pengertian :
Khutbah
Tabligh
Dakwah
Tatacara :
Khutbah
Tabligh
Dakwah
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
Mampu menjelaskan pengertian khutbah.
Mampu menjelaskan pengertian tabligh
Mampu menjelaskan pengertian dakwah.
Mampu menjelaskan tata cara khutbah
yang baik
Mampu menjelaskan tatacara tabligh
yang baik
Mampu menjelaskan tatacara dakwah
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Mendiskusikan pengertian khutbah.
Mendiskusikan pengertian tabligh
Mendiskusikan pengertian dakwah.
|
Siswa menyebutkan tatacara khutbah
Siswa menyebutkan tata cara tabligh.
Siswa menyebutkan tata cara dakwah.
|
Menyusun teks khutbah dan dakwah.
Memperagakan khutbah.
Memperagakan tabligh.
Memperagakan dakwah.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara
bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para
siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
- Untuk mengetahui sejauh
mana pengetahuan siswa tentang materi
Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.
-
Guru mengawali
dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·
Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah?
·
Pernahkah kalian membaca tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah ?
·
Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah ?.
·
Guru menunjuk seorang siswa yang mengetahui tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah untuk
memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
·
Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal,
guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
·
Guru menjelaskan tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.
Eksplorasi
-
Selanjutnya
siswa menyebutkan kisah tentang Memahami khutbah, tabligh dan
dakwah dari sumber bacaan
dengan pengamatan dari guru.
- Selanjutnya,
guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang Memahami khutbah, tabligh dan
dakwah kepada siswa.
- Setelah
selesai guru menjelaskan tentang kisah Memahami khutbah, tabligh dan dakwah,
dengan ringkasan sebagai berikut :
- Guru
menjelaskan kepada siswa akan hikmah Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.
- Guru
menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang Memahami khutbah, tabligh
dan dakwah secara berkelompok.
- Siswa
diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
-
Da’wah
yang terbaik adalah da’wah yang menyeru kepada jalan Allah dan meninggikan agama Allah.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para siswa
sekali lagi tentang Memahami khutbah, tabligh dan dakwah sebagai penutup materi
pembelajaran.
- Guru
meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah Memahami khutbah,
tabligh dan dakwah.
- Guru
menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa
menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI SMA kelas 2
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP/NIK:
|
|
.............. , ...............................
Guru Bidang Studi
_________________________
NIP/NIK:
|
Sumber : http://rppsilabusberkarakter.blogspot.com/2013/08/rpp-pai-sma-berkarakter-dan-silabus.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar