RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : X/ 2
Standar Kompetensi :
2 . Menerapkan
nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.
Kompetensi Dasar :
2.2. . Mendeskripsikan terjadikanya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial.
Indikator Pencapaian
Kompetensi:
1.
Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil
sosialisasi yang tidak sempurna.
2.
Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
3.
Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang.
4.
Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat
Alokasi Waktu :
6 x 40 menit ( 4 x Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan
dapat:
o
mendeskripsikan pengertian
perilaku menyimpang.
o
mengidentifikasi
bentuk-bentuk dan contoh perilaku menyimpang dalam masyarakat.
o
mengidentifikasi terjadinya
perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§
Toleransi, Disiplin, Demokratis, Rasa
Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai,
Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan /
Ekonomi Kreatif :
§
Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan
Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
o Konformitas
o
Perilaku Menyimpang
o
Hubungan Antara Perilaku
Menyimpang dan Sosialisasi yang tidak Sempurna
o Sifat dan
Macam Perilaku Menyimpang
C. Metode Pembelajaran
o
informasi
o
kerja mandiri
o
eksplorasi
o diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mendeskripsikan terjadinya
perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial.
|
· Secara individu mengungkapkan kembali hasil pengamatan yang didapat di
masyarakat sekitar.
· Secara bergantian melaporkan terjadinya perilaku menyimpang sesuai dengan
hasil temuan di kliping korang/internet.
· Secara kelompok mendiskusikan jenis-jenis perilaku menyimpang.
·
Secara berkelompok
menyimpulkan solusi yang tepat untuk menanggulangi terjadinya perilaku
menyimpang.
|
·
Siswa dapat Mengidentifkasikan
terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna.
·
Siswa dapat Mengklasifikasi
jenis-jenis perilaku menyimpang
·
Siswa dapat
Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang.
·
Siswa dapat Memberikan
opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat
|
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Ket.
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk
pembelajaran. Kemudian guru
mengingatkan siswa tentang pelajaran sosialisasi.
b. Memotivasi
Guru menjelaskan
perilaku menyimpang sebagai akibat dari sosialisasi yang tidak sempurna.
|
10 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang konformitas dan perilaku
menyimpang. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa membaca sendiri materi yang sudah dijelaskan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa mendiskusian faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku menyimpang
dalam masyarakat. Misalnya, prostitusi dan lain sebagainya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas. Guru menjadi pemandu
diskusi secara klasikal. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengerjakan tugas secara mandiri tentang uji penguasaan materi
dalam buku halaman 120 dan 126. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
|
60 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru
membuat rangkuman tentang korfomitas dan perilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
b.
Penilaian
Guru memberi
penilaian hasil diskusi kelompok dan hasil kerja mandiri. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
c.
Penugasan
Guru memberi tugas untuk membuat kliping tentang
berbagai prilaku menyimpang dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa
Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai,
Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
10 Menit
|
|
2.
Pertemuan II
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Ket.
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran,
misalnya, absensi, pengumpulan tugas, dan mempersiapkan kelas.
Kemudian guru mengingatkan siswa tentang
pelajaran sosialisasi.
b. Memotivasi
Guru menjelaskan
tujuan mempelajari hubungan antara perilaku menyimpang dan sosialisasi yang
tidak sempurna.
|
10 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hubungan antara perilaku
menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna dan sifat dan macam prilaku
menyimpang. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 128.
Siswa mengumpulkan tugasnya kepada guru untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus
perilaku menyimpang yang terjadi dalam keluarga yang baik-baik dan taat beragama.
(nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan siswa yang lain
menanggapinya. Dalam diskusi ini, guru berperan sebagai moderator atau
pemandu diskusi kelas. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan hasil diskusi kepada guru untuk dinilai.
Guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
|
60 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama
tentang hubungan antara
perilaku menyimpang dan sosialisasi yang
tidak sempurna. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap tugas
secara pribadi dan tugas
kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa
Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai,
Peduli social, Tanggung Jawab.);
c. Penugasan
Guru
memberi tugas kepada siswa untuk membuat poster atau stiker
tentang
tidak lagi melakukan perilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa
Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai,
Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
10 Menit
|
|
3.
Pertemuan III.
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Ket.
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk ulangan blok.
b. Memotivasi
Guru menjelaskan
tujuan melakukan ulangan blok.
|
5 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa mendapatkan lembar soal yang dibagikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan hasil kerja yang telah diselesaikan untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
|
60 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian
terhadap hasil pekerjaan siswa. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
c.
Penugasan
Guru memberi tugas untuk mempelajari
pengendalian sosial. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
15 Menit
|
|
E. Sumber pembelajaran:
o
Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman 118-138
o
Perilaku Menyimpang dalam
masyarakat
o
Peraturan perundang-undangan
o
Keluarga, masyarakat, dan
sekolah.
o Media massa
seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
a. Papan tulis
b. Lembar soal
c. Transparan Konsep
d. Power Point
e. OHP
G. Penilaian
o
Mengerjakan latihan Uji
Penguasaan Materi halaman 120, 126, 128, dan 133. ( Jumlah nilai dari setiap uji penguasaan
materi digabung lalu dibagi 4)
o Unjuk
kerja siswa, dalam buku Sosiologi Esis, halaman 133.
Contoh format penilain tugas!
No
|
Nama
Siswa
|
Kesesuaian materi dengan
Tugas
|
Ide dan tulisan
|
Kerapian/
penampilan
|
Jumlah Nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
1. Penilaian diskusi
No.
|
Nama
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan
pendapat
|
Kerja sama |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skor/
Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
o
Kemampuan menyampaikan
pendapat.
o
Kemampuan memberikan
argumentasi.
o
Kemampuan memberikan kritik.
o
Kemampuan mengajukan
pertanyaan.
o
Kemampuan menggunakan bahasa
yang baik.
o
Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30
= Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor
2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17
= Cukup
D. Baik Skor
4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rentang skor : 1—3
o
Aktivitas dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
o
Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
o
Pemikiran 6—8 = Cukup
o
Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
o
Keberanian tampil
o Test
pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 49-52
o Test
pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 136-138
Mengetahui,
Kepala
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Sosiologi
|
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar