RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Genap
Standar Kompetensi : 6. Menentukan
kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang
dalam ruang dimensi tiga.
Kompetensi Dasar :6.2. Menentukan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam
ruang dimensi tiga.
Indikator :
· Menentukan jarak titik ke titik, jarak
titik ke garis, jarak titik ke bidang, jarak antara dua garis sejajar, jarak
antara dua garis yang bersilangan, dan jarak antara garis dan bidang yang
sejajar dalam ruang.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat menentukan jarak titik ke titik, jarak titik ke garis, jarak titik
ke bidang, jarak antara dua garis sejajar, jarak antara dua garis yang
bersilangan, dan jarak antara garis dan bidang yang sejajar dalam ruang. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Rasa
ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratis.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Berorientasi
tugas dan hasil, Percaya diri, Keorisinilan
B. Materi
Ajar
Jarak
pada bangun ruang.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menentukan
jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga.
|
·
Contohkan
jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga.
|
·
Siswa
dapat Menyembutkan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam
ruang dimensi tiga.
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat
kembali mengenai bentuk - bentuk bangun ruang serta kedudukan titik, garis, dan
bidang dalam ruang.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, peserta didik diharapkan dapat menentukan
jarak titik ke titik, jarak titik ke garis, jarak titik ke bidang, jarak antara
dua garis sejajar, jarak antara dua garis yang bersilangan, dan jarak antara
garis dan bidang yang sejajar dalam ruang.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta
didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan
dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet / materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau
pemberian contoh - contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb) mengenai cara menentukan jarak titik ke titik, jarak
titik ke garis, jarak titik ke bidang, jarak antara dua garis sejajar, jarak
antara dua garis yang bersilangan, dan jarak antara garis dan bidang yang
sejajar dalam ruang, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan
materi tersebut (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS
Kelas X Semester Genap Jilid 1B, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 152-157
mengenai menentukan jarak pada bangun ruang). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan
jarak titik ke titik, jarak titik ke garis, jarak titik ke bidang, jarak antara
dua garis sejajar, jarak antara dua garis yang bersilangan, dan jarak antara
garis dan bidang yang sejajar dalam ruang. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
b. Peserta didik dan guru secara bersama - sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 152, 153, 154, 156 mengenai cara
menentukan jarak titik ke titik, jarak titik ke garis, jarak titik ke bidang,
jarak antara dua garis sejajar, jarak antara dua garis yang bersilangan, dan
jarak antara garis dan bidang yang sejajar dalam ruang. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai penentuan jarak titik ke titik, jarak titik ke garis, jarak titik ke
bidang, jarak antara dua garis sejajar, jarak antara dua garis yang
bersilangan, dan jarak antara garis dan bidang yang sejajar dalam ruang dari
“Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 156. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
d. Peserta
didik dan guru secara bersama - sama membahas jawaban soal - soal dari
“Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 156. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
e. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 157 sebagai tugas
individu. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras. Demokratis);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
Penutup
a.
Peserta didik membuat rangkuman dari
materi mengenai cara menentukan jarak titik ke titik, jarak titik ke garis,
jarak titik ke bidang, jarak antara dua garis sejajar, jarak antara dua garis
yang bersilangan, dan jarak antara garis dan bidang yang sejajar dalam ruang. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi mengenai cara menentukan jarak titik ke titik, jarak
titik ke garis, jarak titik ke bidang, jarak antara dua garis sejajar, jarak
antara dua garis yang bersilangan, dan jarak antara garis dan bidang yang
sejajar dalam ruang berdasarkan latihan hal. 157 yang belum terselesaikan di
kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras. Demokratis.);
E. Alat
dan Sumber Belajar
Sumber:
- Buku
paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Genap Jilid 1B,
karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 152-157.
- Buku
referensi lain.
Alat: Laptop, LCD,
OHP
F. Penilaian
Teknik :
tugas individu.
Bentuk Instrumen : uraian obyektif.
Contoh Instrumen :
· Pada
bidang empat beraturan T.ABC dengan
panjang rusuk 6 cm, jarak antara titik T
dan bidang ABC adalah.....
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Matematika.
|
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar