Selasa, 13 Mei 2014

RPP Geografi Kelas XI Semester 2 I Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup (bag.1)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH                 :
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi                 :3.        Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan                        hidup
Kompetensi Dasar                   :3.2.     Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam       kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator Pencapaian Kompetensi: -  Menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu                         : 1 x 45 menit

A.     Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Pembangunan berkelanjutan

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan
·     Merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi secara berkelompok
·     Buatlah ringkasan tentang konsep pembangunan berkelanjutan!
·     Bagaimanakah konsep pembangunan berkelanjutan di Indonesia?

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedelapan
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salan dan mengabsen.
·         Apersepsi: tanya jawab pengertian pembangunan berkelanjutan.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan secara garis besar              (hal 90-91). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·           Penugasan secara kelompok,  mencari pengertian pembangunan berklelanjutan dari berbagai referensi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Siswa membuat karangan secara berkelompok mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pengertian pembangunan berkelanjutan di buku sumber (hal 90-91). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·           Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar atau foto lingkungan hidup
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi. Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi menunjukkan data curah hujan dan perhitungannya




Isi menunjukkan ketepatan hasil perhitungan dan penentuan klasifikasi iklim




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,
Kepala SMA/MA,





, Juli 2011
Guru Mapel Geografi






Sumber:
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...