Minggu, 11 Mei 2014

Prinsip, Karateristik, Unsur dan Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif




            Faiq (2009:1) mengemukakan bahwa prinsip dasar dalam pembelajaran kooperatif sebagai berikut :
a)      Setiap anggota kelompok (siswa) bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dikerjakan dalam kelompoknya.
b)      Setiap anggota kelompok (siswa) harus mengetahui bahwa semua anggota kelompok mempunyai tujuan yang sama.
c)      Setiap anggota kelompok (siswa) harus membagi tugas dan tanggung jawab yang sama diantara anggota kelompoknya.
d)     Setiap anggota kelompok (siswa) akan dikenai evaluasi.
e)      Setiap anggota kelompok (siswa) berbagai kepemimpinan dan membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama selama proses belajarnya.
f)       Setiap anggota kelompok (siswa) akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.
           Ibrahim (2000:6) mengemukakkan bahwa pembelajaran yang menggunakan model kooperatif memiliki karakteristik sebagai berikut : 1). Siswa berkerja dalam kelompok secara kooperatif untuk menuntaskan materi belajarnya; 2). Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah; 3). Bila mana mungkin anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku, jenis kelamin berbeda-beda; dan 4). Penghargaan lebih berorientasi pada kelompok ketimbang individu.
            Lie dalam Awaliyah  (2008:10) mengemukakan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning dimunculkan dalam 5 unsur  dimana setiap siswa harus: 1) Adanya saling ketergantungan positif antara anggota kelompok, 2) Adanya tanggung jawab perseorangan. Artinya, setiap anggota kelompok harus melaksanakan tugasnya dengan baik untuk keberhasilan tugas kelompok, 3) Adanya tatap muka, setiap kelompok harus diberikan kesempatan untuk bertatap muka dan berdiskusi, 4) Harus ada komunikasi antar anggota. Dalam hal ini siswa tentu harus dibekali dengan teknik berkomunikasi, 5) Adanya evaluasi proses kelompok, yang dijadwalkan dan dilaksanakan oleh guru.

Langkah-langkah pembelajaran kooperatif (Ibrahim, 2000:10) sebagai berikut:
Langkah
Tingkah laku guru
1)      Menyampaikan tujuan dan motivasi  siswa


2)      Menyajikan informasi


3)      Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar



4)      Membimbing kelompok bekerja dan belajar

5)      Evaluasi



6)      Memberikan penghargaan
1) Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa dalam belajar
2) Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan.
3) Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien

4) Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengajarkan tugas-tugas mereka.
5) Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasekan hasil kerjanya.
6) Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar indifidu dan kelompok

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...