Faiq (2009:1)
mengemukakan bahwa prinsip dasar dalam pembelajaran kooperatif sebagai berikut
:
a)
Setiap anggota kelompok (siswa) bertanggung jawab
atas segala sesuatu yang dikerjakan dalam kelompoknya.
b)
Setiap anggota kelompok (siswa) harus mengetahui
bahwa semua anggota kelompok mempunyai tujuan yang sama.
c)
Setiap anggota kelompok (siswa) harus membagi tugas
dan tanggung jawab yang sama diantara anggota kelompoknya.
d)
Setiap anggota kelompok (siswa) akan dikenai evaluasi.
e)
Setiap anggota kelompok (siswa) berbagai
kepemimpinan dan membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama selama proses
belajarnya.
f)
Setiap anggota kelompok (siswa) akan diminta
mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok
kooperatif.
Ibrahim (2000:6) mengemukakkan bahwa
pembelajaran yang menggunakan model kooperatif memiliki karakteristik sebagai
berikut : 1). Siswa berkerja dalam kelompok secara kooperatif untuk menuntaskan
materi belajarnya; 2). Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan
tinggi, sedang dan rendah; 3). Bila mana mungkin anggota kelompok berasal dari
ras, budaya, suku, jenis kelamin berbeda-beda; dan 4). Penghargaan lebih
berorientasi pada kelompok ketimbang individu.
Lie dalam
Awaliyah (2008:10) mengemukakan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning dimunculkan dalam 5 unsur dimana setiap siswa harus: 1) Adanya saling ketergantungan positif
antara anggota kelompok, 2) Adanya tanggung jawab perseorangan. Artinya, setiap
anggota kelompok harus melaksanakan tugasnya dengan baik untuk keberhasilan
tugas kelompok, 3) Adanya tatap muka, setiap kelompok harus diberikan
kesempatan untuk bertatap muka dan berdiskusi, 4) Harus ada komunikasi antar
anggota. Dalam hal ini siswa tentu harus dibekali dengan teknik berkomunikasi,
5) Adanya evaluasi proses kelompok, yang dijadwalkan dan dilaksanakan oleh
guru.
Langkah-langkah pembelajaran kooperatif
(Ibrahim, 2000:10) sebagai berikut:
Langkah
|
Tingkah
laku guru
|
1) Menyampaikan tujuan dan motivasi siswa
2) Menyajikan informasi
3) Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok-kelompok belajar
4) Membimbing kelompok bekerja dan belajar
5) Evaluasi
6) Memberikan penghargaan
|
1) Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran
yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa dalam belajar
2) Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan
jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan.
3) Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secara efisien
4) Guru
membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengajarkan tugas-tugas
mereka.
5) Guru mengevaluasi hasil belajar tentang
materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasekan
hasil kerjanya.
6) Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik
upaya maupun hasil belajar indifidu dan kelompok
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar