Selasa, 13 Mei 2014

RPP Ekonomi Kelas XI Semester 2 I Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa (bag.2)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                        :
Mata Pelajaran  : Ekonomi
Kelas / Semester           : XI (sebelas) / 2

Standar Kompetensi     : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa 

Kompetensi Dasar        : 5.7 Menyusun laporan keuangan perusahaan jasa

Indikator Pencapaian Kompetensi : 1. Menyusun laporan laba-rugi berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
2. Menyusun laporan perubahan modal berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
3. Menyusun neraca berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
4. Menyusun laporan arus kas berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
5. Membuat jurnal penutup.
6. Menyusun neraca saldo setelah penutupan.
7. Membuat jurnal pembalik.
 8. Mendeskripsikan siklus akuntansi perusahaan jasa

Alokasi Waktu  : 20 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)     Siswa dapat menyusun laporan laba-rugi berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
b)    Siswa dapat menyusun laporan perubahan modal berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
c)     Siswa dapat menyusun neraca berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
d)    Siswa dapat menyusun laporan arus kas berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
e)     Siswa dapat membuat jurnal penutup.
f)     Siswa dapat menyusun neraca saldo setelah penutupan.
g)    Siswa dapat membuat jurnal pembalik.
h)     Siswa dapat mendeskripsikan siklus akuntansi perusahaan jasa.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Laporan keuangan perusahaan jasa

C. Uraian Materi
a)     Pembuatan laporan keuangan
b)    Jurnal penutup
c)     Neraca saldo setelah penutupan
d)    Jurnal pembalik

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·       Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa 
·   Mengkaji referensi untuk menyusun laporan keuangan berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
·    Mengkaji referensi untuk membuat jurnal penutup.
·    Mengkaji referensi untuk menyusun neraca saldo setelah penutupan.
·   Siswa dapat Menyusun laporan laba-rugi berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
·   Siswa dapat  Menyusun laporan perubahan modal berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
·   Siswa dapat  Menyusun neraca berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator Pencapaian Kompetensi pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
Siswa dapat memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa. 

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menyusun laporan keuangan perusahaan jasa. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi delapan kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menyusun laporan laba-rugi berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menyusun laporan perubahan modal berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menyusun neraca berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e.  Kelompok keempat diberi tugas untuk menyusun laporan arus kas berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f.  Kelompok kelima diberi tugas untuk membuat jurnal penutup. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g.  Kelompok keenam diberi tugas untuk menyusun neraca saldo setelah penutupan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
h.  Kelompok ketujuh diberi tugas untuk membuat jurnal pembalik.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
i.   Kelompok kedelapan diberi tugas untuk mendeskripsikan siklus akuntansi perusahaan jasa (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
j.  Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
k. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.); .

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui,
Kepala Sekolah





, Juli 2011
Guru mapel Ekonomi







Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...