RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XI
(sebelas) / 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami
penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
Kompetensi Dasar : 5.7 Menyusun laporan
keuangan perusahaan jasa
Indikator Pencapaian
Kompetensi : 1. Menyusun laporan laba-rugi berdasarkan saldo akun
dalam kertas kerja.
2. Menyusun laporan perubahan modal berdasarkan saldo akun dalam kertas
kerja.
3. Menyusun neraca berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
4. Menyusun laporan arus kas berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
5. Membuat jurnal penutup.
6. Menyusun neraca
saldo setelah penutupan.
7. Membuat jurnal pembalik.
8. Mendeskripsikan siklus akuntansi
perusahaan jasa
Alokasi Waktu : 20 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menyusun laporan laba-rugi berdasarkan saldo akun dalam kertas
kerja.
b) Siswa dapat menyusun laporan perubahan modal berdasarkan saldo akun dalam
kertas kerja.
c) Siswa dapat menyusun neraca berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
d) Siswa dapat menyusun laporan arus kas berdasarkan saldo akun dalam kertas
kerja.
e) Siswa dapat membuat jurnal penutup.
f) Siswa dapat menyusun neraca
saldo setelah penutupan.
g)
Siswa dapat membuat
jurnal pembalik.
h)
Siswa dapat
mendeskripsikan siklus akuntansi perusahaan jasa.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan /
Ekonomi Kreatif :
§
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Laporan keuangan
perusahaan jasa
C. Uraian Materi
a)
Pembuatan
laporan keuangan
b)
Jurnal
penutup
c)
Neraca
saldo setelah penutupan
d) Jurnal pembalik
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi
kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami penyusunan
siklus akuntansi perusahaan jasa
|
· Mengkaji referensi untuk menyusun laporan keuangan berdasarkan saldo akun
dalam kertas kerja.
· Mengkaji referensi untuk membuat
jurnal penutup.
· Mengkaji referensi untuk menyusun
neraca saldo setelah penutupan.
|
· Siswa dapat Menyusun laporan laba-rugi berdasarkan saldo akun dalam
kertas kerja.
· Siswa dapat Menyusun laporan
perubahan modal berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
· Siswa dapat Menyusun neraca
berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator
Pencapaian Kompetensi pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
Siswa dapat memahami penyusunan siklus
akuntansi perusahaan jasa.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menyusun laporan keuangan perusahaan jasa. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi delapan kelompok (disesuaikan dengan jumlah
siswa). (nilai yang
ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menyusun laporan laba-rugi
berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menyusun laporan perubahan modal
berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menyusun neraca berdasarkan saldo
akun dalam kertas kerja. (nilai yang
ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas
untuk menyusun laporan arus kas berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.);
f. Kelompok kelima diberi tugas
untuk membuat jurnal penutup. (nilai yang
ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Kelompok keenam diberi tugas
untuk menyusun neraca
saldo setelah penutupan. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
h. Kelompok ketujuh diberi tugas
untuk membuat jurnal pembalik.(nilai yang
ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
i. Kelompok kedelapan diberi tugas
untuk mendeskripsikan siklus
akuntansi perusahaan jasa (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
j. Masing-masing kelompok
mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain
menanggapi. (nilai yang
ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
k. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru
dan siswa melakukan refleksi (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b.
Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c.
Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
.
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
|
|
,
Juli 2011
Guru
mapel Ekonomi
|
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar