RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X
(sepuluh) / 2
Standar Kompetensi : 7. Memahami
uang dan perbankan
Kompetensi Dasar : 7.3 Mendeskripsikan
kebijakan pemerintah di bidang moneter
Indikator Pencapaian
Kompetensi : 1. Mendeskripsikan tujuan kebijakan moneter
2.
Mendeskripsikan kebijakan dan instrumen kebijakan moneter
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa dapat
mendeskripsikan tujuan kebijakan moneter
b)
Siswa dapat
mendeskripsikan kebijakan moneter
Karakter siswa yang
diharapkan :
§
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan /
Ekonomi Kreatif :
§
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Kebijakan pemerintah
di bidang moneter
C. Uraian Materi
a) Tujuan kebijakan moneter
b) Kebijakan moneter pasar terbuka
c) Kebijakan moneter diskonto
d) Kebijakan moneter cadangan kas
e) Kebijakan moneter dorongan moral
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi
kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami Produk
Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan
Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
|
· Merumuskan kebijakan melalui referensi.
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan kebijakan dan instrumen kebijakan moneter
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru
menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator Pencapaian Kompetensi pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
Kebijakan
moneter adalah kebijakan yang dilakukan oleh bank sentral untuk memperbaiki keadaan ekonomi dengan cara mengubah jumlah uang beredar. Siswa sudah
semestinya mempelajari tentang kbijakan moneter.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di
bidang moneter. (nilai yang
ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
a.
Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok
terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b.
Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter pasar
terbuka. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
c.
Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter diskonto. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
d.
Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter cadangan
kas. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
e.
Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter dorongan
moral. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
f.
Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan
kelompok yang lain menanggapi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g.
Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.);
b.
Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c.
Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);.
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
|
|
,
Juli 2011
Guru
mapel Ekonomi
|
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar