Selasa, 13 Mei 2014

RPP Ekonomi Kelas X Semester 2 I Memahami uang dan perbankan (bag.2)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                        :
Mata Pelajaran              : Ekonomi
Kelas / Semester           : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi     : 7. Memahami uang dan perbankan

Kompetensi Dasar        : 7.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter

Indikator Pencapaian Kompetensi        : 1. Mendeskripsikan tujuan kebijakan moneter
                          2. Mendeskripsikan kebijakan dan instrumen kebijakan                                moneter

Alokasi Waktu  : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)     Siswa dapat mendeskripsikan tujuan kebijakan moneter
b)    Siswa dapat mendeskripsikan kebijakan moneter
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Kebijakan pemerintah di bidang moneter

C. Uraian Materi
a)     Tujuan kebijakan moneter
b)    Kebijakan moneter pasar terbuka
c)     Kebijakan moneter diskonto
d)    Kebijakan moneter cadangan kas
e)     Kebijakan moneter dorongan moral

D. Pendekatan
            Kontekstual


E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
· Merumuskan kebijakan melalui referensi.
· Siswa dapat Mendeskripsikan kebijakan dan instrumen kebijakan moneter

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
     Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator Pencapaian Kompetensi pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
     Kebijakan moneter adalah kebijakan yang dilakukan oleh bank sentral untuk memperbaiki keadaan ekonomi dengan cara mengubah jumlah uang beredar. Siswa sudah semestinya mempelajari tentang kbijakan moneter.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter pasar terbuka. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter diskonto. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter cadangan kas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter dorongan moral. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui,
Kepala Sekolah





, Juli 2011
Guru mapel Ekonomi







Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...