Setiap
orang dalam mengerjakan sesuatu termasuk kegiatan belajar selalu menginginkan
hasil belajar yang lebih baek. Dalam hal ini hasil belajar diartikan sebagai
suatu kemampuan atau tingkat pengusaan yang dicapai seseorang sebagai akibat
kegiatan belajar mengajar.
Winkel
(1987: 77) mengatakan bahwa hasil belajar merupakan kemampuan intelektual yang
telah menjadi milik pribadi seseorang yang memungkinkan orang itu melakukan
sesuatu atau memberikan prestasi tertentu.
Menurut
Bloom dalam Nana Sudjana (1989: 22) mengemukakan hasil belajar adalah
kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman
belajarnya. Howard Kingslay membagi tiga macam hasil belajar, yakni (a)
keterampilan dan kebiasaan, (b) pengetahuan dan pengertian, (c) sikap dan
cita-cita. Masing-masing jenis hasil belajar dapat diisi dengan bahan yang
telah ditetapkan dalam kurikulum. Sedangkan Gagne membagi tiga kategori hasil
belajar, yakni (a) informasi verbal, (b) keterampilan intelektual, (c) Strategi
kognitif, (d) sikap dan (e) keterampilan motoris.
Berdasarkan
pendapat para ahli maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah kemampuan
intelektual yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya atau
menberikan prestasi tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar