Rabu, 16 April 2014

RPP PAI SMA Berkarakter Kelas X Semester 2 Aspek Fiqih



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : X / 2
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        : Fiqih

A.  Standar Kompetensi
11.       Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf

B.  Kompetensi Dasar
11.1    Menjelaskan   perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf
11.2    Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf
11.3    Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
C.  INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI            :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
  Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
  Mampu menjelaskan tentang manasik haji.
  Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.
  Menjelaskan ketentuan syar’i tentang zakat, haji dan wakaf.
  Mampu menyebutkan contoh pengelolaan zakat
  Mampu menyebutkan contoh pengelolaan haji
  Mampu menyebutkan contoh pengelolaan wakaf
  Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang zakat
  Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang haji.
  Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
Perundang-undangan tentang pengelolaan :
  Zakat
  Haji
  Wakaf.
Contoh-contoh pengelolaan :
  Zakat
  Haji
  Wakaf.
Ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan :
  Zakat
  Haji
  Wakaf.

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
  Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
  Mampu menjelaskan tentang manasik haji.
  Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.
  Menjelaskan ketentuan syar’i tentang zakat, haji dan wakaf.
  Mampu menyebutkan contoh pengelolaan zakat
  Mampu menyebutkan contoh pengelolaan haji
  Mampu menyebutkan contoh pengelolaan wakaf
  Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang zakat
  Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang haji.
  Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf.

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mendiskusikan perundang-undangan tentang pengelolaan  zakat.
  Mendiskusikan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
  Mendiskusikan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.
  Siswa menyebutkan contoh pengelolaan zakat.
  Siswa menyebutkan contoh pengelolaan haji.
  Siswa menyebutkan contoh pengelolaan wakaf
  Siswa berlatih penerapan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
  Siswa berlatih penerapan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
  Siswa berlatih penerapan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
         Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi    Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf.
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar tentang zakat, haji dan wakaf ?
·         Pernahkah kalian mengetahui ketentuan syar’i tentang zakat, haji dan wakaf ?
·         Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti zakat, haji dan wakaf ?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang zakat, haji dan wakaf untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
-      Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
-      Guru menjelaskan tentang sumber hukum zakat, haji dan wakaf.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan sumber hukum zakat, haji dan wakaf  dari sumber bacaan dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang apakah yang menjadi sumber hukum zakat, haji dan wakaf kepada siswa.
-      Setelah selesai guru menjelaskan tentang sumber hukum zakat, haji dan wakaf.
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam zakat, haji dan wakaf.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Abu Hurairah r.a. mengatakannya bahwa seorang dusun datang kepada Nabi saw lalu berkata, "Tunjukkan kepadaku amal yang apabila saya amalkan, maka saya masuk surga." Beliau menjawab, "Kamu menyembah Allah, tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun, mendirikan shalat fardhu, menunaikan zakat yang diwajibkan, dan berpuasa pada bulan Ramadhan." Ia berkata, "Demi Zat yang diriku berada dalam genggaman-Nya (kekuasaan-Nya), saya tidak menambah atas ini." Ketika orang itu berpaling, Nabi saw bersabda, "Barangsiapa yang ingin melihat seseorang dari penghuni surga, maka lihat lah orang ini."


c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi menerangkan tentang hikmah yang terkandung dalam zakat, haji dan wakaf sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam zakat, haji dan wakaf.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Apakah yang dimaksud dengan Zakat itu.............
Memberikan sebagian harta kepada yang berhak menerima sebagai penyuci harta.

2.
Apakah yang dimaksud dengan haji……

Beribadah kepada Allah di Mekkah berdasar pada syarat dan rukunya.
3.
Badan atau organisasi yang mengurusi zakat, dan sodakoh adalah……

Bazis : Badan amal zakat infak dan sodakoh

II. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
"Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam




2.
Apabila anak Adam wafat putuslah amalnya kecuali tiga hal yaitu sodaqoh jariyah, pengajaran dan penyebaran ilmu yang dimanfaatkannya untuk orang lain, dan anak (baik laki-laki maupun perempuan) yang mendoakannya




3.
Allah Tidak Menerima Sedekah dari Hasil Pengkhianatan (Korupsi) dan Tidak Menerima Melainkan dari Hasil Usaha yang Halal




dst
……………………………………………….




Keterangan :                              Skor Tes Sikap:
SS            = Sangat Setuju                               = 50
S              = Setuju                                             = 40
TS            = Tidak Setuju                                  = 10
STS         = Sangat Tidak Setuju                    = 0

III. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-       apa yang dilihat;
-       laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-       laporan dari orangtua murid atau siswa.
                                                                                   


Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:

 


Sumber : http://rppsilabusberkarakter.blogspot.com/2013/08/rpp-pai-sma-berkarakter-dan-silabus.html

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...