Jumat, 18 April 2014

RPP B. Inggris Kelas X Semester 2



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : 
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : X / 2
Pertemuan Ke             :  5
Alokasi Waktu             : 2 x 45 menit


A.      Standar Kompetensi
         Berbicara
9             Mengungkapkan makna   dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.      Kompetensi Dasar
9.1           Mengungkap-kan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
§ Menggunakan tindak tutur berterima kasih
§ Merespon tindak tutur berterima kasih
§ Menggunakan tindak tutur memuji
§ Merespon tindak tutur memuji
§ Menggunakan tindak tutur mengucapkan selamat
§ Merespon tindak tutur mengucapkan selamat
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
-       Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
-       Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
-       Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
-       Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menggunakan tindak tutur berterima kasih
§  Siswa dapat merespon tindak tutur berterima kasih
§  Siswa dapat menggunakan tindak tutur memuji
§  Siswa dapat merespon tindak tutur memuji
§  Siswa dapat menggunakan tindak tutur mengucapkan selamat
§  Siswa dapat merespon tindak tutur mengucapkan selamat

E.      Materi Pokok
Congratulate and compliment others; &
Perform a monologue of narrative texts.

Exspressions

Situations

·         What a nice dress!
·         You look great!
·         You're looking glamorous.
·         Congratulations!
·         Well, Done!
§  Thank you very much for your compliment.
·         You compliment someone on their appearance.
·         You say nice thing about your friends' dress.
·         Your colleague is very fashionable and well dress.
·         Your friend has just passed an important exam.
·         Your brother have got an award.
·         You give response to your friend compliment/congratulation.


F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
§  Pendekatan                        : Contextual Teaching and Learning (CTL)
§  Strategi Pembelajaran        : Cooperative Learning
G.      Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Siswa mampu mengidentifikasi main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.

Siswa mampu menganalisa main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.
Siswa mampu mengerjakan dan mengerti main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
-       Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
-       Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
-       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
-       Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
-       Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan berbagai main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa berbagai teks lisan fungsional pendek berupa main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi teks lisan fungsional pendek berupa main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi teks lisan fungsional pendek berupa main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

H.      Sumber/Bahan/Alat
Developing English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran berbahasa Inggris
Majalah

I.       Penilaian
  • Teknik                          :     Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
  • Bentuk Instrumen    :     Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.




Contoh Instrumen     :

Look at the picture and answer the questions.

1.      What do you see in the picture?
2.      What are they doing?
3.      How do you congratulate anyone and give compliment in your culture?
4.      On what occasions do people usually congratulate or compliment each other?
5.      Mention some expressions of congratulating and giving complement.
Mengetahui,
Kepala Sekolah,






, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,











Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...