Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : X
/ 2
Pertemuan Ke : 5
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Standar
Kompetensi
Berbicara
9 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional
dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
9.1 Mengungkap-kan makna
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan
menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
§
Menggunakan tindak tutur berterima kasih
§
Merespon tindak tutur berterima kasih
§
Menggunakan tindak tutur memuji
§
Merespon tindak tutur memuji
§
Menggunakan tindak tutur mengucapkan selamat
§
Merespon tindak tutur mengucapkan selamat
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
-
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
-
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
-
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
-
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
§
Siswa dapat menggunakan tindak
tutur berterima kasih
§
Siswa dapat merespon tindak
tutur berterima kasih
§
Siswa dapat menggunakan tindak
tutur memuji
§
Siswa dapat merespon tindak
tutur memuji
§
Siswa dapat menggunakan tindak
tutur mengucapkan selamat
§
Siswa dapat merespon tindak
tutur mengucapkan selamat
E. Materi Pokok
Congratulate and compliment others; &
Perform a monologue of narrative texts.
Exspressions
|
Situations
|
·
What a nice dress!
·
You look great!
·
You're looking glamorous.
·
Congratulations!
·
Well, Done!
§
Thank you very much for your compliment.
|
·
You compliment someone on their appearance.
·
You say nice thing about your friends' dress.
·
Your colleague is very fashionable and well dress.
·
Your friend has just passed an important exam.
·
Your brother have got an award.
·
You give response to your friend
compliment/congratulation.
|
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
§
Pendekatan
: Contextual Teaching and Learning (CTL)
§
Strategi
Pembelajaran : Cooperative Learning
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Siswa
mampu mengidentifikasi main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian,
ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan dan yang didengar.
|
Siswa
mampu menganalisa main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian,
ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan dan yang didengar.
|
Siswa
mampu mengerjakan dan mengerti main idea dari teks, tokoh dari cerita,
kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan dan yang didengar.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir
karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi main idea dari teks, tokoh dari cerita,
kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan dan yang didengar.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai main idea
dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang
dideskripsikan dan yang didengar.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan berbagai main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian,
ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan
dan yang didengar.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari
benda/orang yang dideskripsikan dan yang
didengar.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa berbagai teks lisan fungsional pendek berupa main idea dari teks,
tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang
dideskripsikan dan yang didengar.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi main
idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang
dideskripsikan dan yang didengar.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi teks lisan
fungsional pendek berupa main
idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang
dideskripsikan dan yang didengar.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi teks lisan fungsional pendek berupa main idea dari teks, tokoh dari cerita,
kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan dan yang didengar.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
Developing
English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbahasa Inggris
Majalah
I. Penilaian
- Teknik : Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
- Bentuk Instrumen : Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.
Contoh Instrumen :
Look at the picture
and answer the questions.
1. What
do you see in the picture?
2. What
are they doing?
3. How
do you congratulate anyone and give compliment in your culture?
4. On
what occasions do people usually congratulate or compliment each other?
5. Mention
some expressions of congratulating and giving complement.
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar