Rabu, 16 April 2014

RPP PAI SMA Berkarakter Kelas X Semester 2 Aspek Akhlak



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : X / 2
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        : Akhlak


A.  Standar Kompetensi
10.       Menghindari Perilaku Tercela.

B.  Kompetensi Dasar
10.1    Menjelaskan pengertian  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
10.2    Menyebutkan contoh perilaku  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.
10.3    Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.

C.  INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI            :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menjelaskan pengertian hasad
  Mampu menjelaskan pengertian riya.
  Menjelaskan pengertian riya.
  Menjelaskan pengertian diskriminasi
  Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
  Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
  Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
  Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi
  Mampu menghindari perilaku hasad.
  Mampu menghindari perilaku riya.
  Mampu menghindari perilaku aniaya.
  Mampu menghindari perilaku diskriminasi.
  Mampu berperilaku yang mencerminkan sikap menghargai hak orang lain.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
Perilaku Tercela :
  Pengertian Hasad
  Pengertian Riya
  Pengertian Aniaya
  Pengertian Diskriminasi.
Contoh-contoh perilaku tercela :
  Hasad
  Riya
  Aniaya
  diskriminasi
Menghindari perilaku:
  Hasad
  Riya
  Aniaya
  diskriminasi

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menjelaskan pengertian hasad
  Mampu menjelaskan pengertian riya.
  Menjelaskan pengertian riya.
  Menjelaskan pengertian diskriminasi
  Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
  Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
  Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
  Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi
  Mampu menghindari perilaku hasad.
  Mampu menghindari perilaku riya.
  Mampu menghindari perilaku aniaya.
  Mampu menghindari perilaku diskriminasi.
  Mampu berperilaku yang mencerminkan sikap menghargai hak orang lain.

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mendiskusikan pengertian hasad.
  Mendiskusikan pengertian riya.
  Mendiskusikan pengertian aniaya.
  Mendiskusikan pengertian diskriminasi.
  Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku  hasad.
  Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku  riya.
  Siswa menyebutkan contoh-contoh   perilaku aniaya.
  Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku diskriminasi.
  Siswa membiasakan cara-cara menghindari perilaku hasad.
  Siswa membiasakan cara-cara menghindari perilaku riya.
  Siswa membiasakan cara-cara menghindari perilaku aniaya.
  Siswa membiasakan cara-cara menghindari perilaku diskriminasi.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
   Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi
   pengertian Menghindari Perilaku Tercela
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Apakah pengertian hasad itu ?
·         Pernahkah kalian menghindari perilaku aniaya?
·         Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti berperilaku yang mencerminkan sikap menghargai hak orang lain ?.
·         Guru menunjuk seorang siswa yang mengetahui tentang Menghindari perilaku tercela untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
·         Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
·         Guru menjelaskan tentang menghindari perilaku tercela.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menjelaskan pengertian hasad, iri, riya,aniaya dan diskriminasi  dari  sumber bacaan dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti pengertian hasad, iri, riya,aniaya dan diskriminasi  kepada siswa.
-      Setelah selesai guru menjelaskan pengertian hasad, iri, riya,aniaya dan diskriminasi.
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam menghindari perilaku tersebut.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang perilaku tersebut secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Hasad, iri, riya ,aniaya dan diskriminasi merupakan perilaku yang semestinya kita hilangkan karena tidak sesuai dengan fitrah manusia. Waspadalah terhadap hasad (iri dan dengki), sesungguhnya hasad mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan kayu. Riya menyia-nyiakan amal sebagaimana syirik menyia-nyiakannya dan ada tiga perkara yang membinasakan yaitu hawa nafsu yang dituruti, kekikiran yang dipatuhi, dan seorang yang membanggakan dirinya sendiri.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam perilaku tersebut  sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam perilaku tersebut .
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan arti hadist yang diriwayatkan oleh muslim tentang orang yang sombong....
Tiada masuk surga orang yang dalam hatinya terdapat sebesar biji sawi dari kesombongan
2.
Hadist yang menerangkan bahwa Riya adalah syirik yang kecil diriwayatkan oleh………..
HR. Ahmad dan Al Hakim
3.
Apakah yang dimaksud dengan Aniaya………..
Memperlakukan tanpa adanya nilai kemanusiaan kejam, bengis dan tanpa maaf.

II. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Menyukai sanjungan dan pujian membuat orang buta dan tuli.




2.
Barangsiapa membanggakan dirinya sendiri dan berjalan dengan angkuh maka dia akan menghadap Allah dan Allah murka kepadanya




3.
Cintamu kepada sesuatu menjadikan kamu buta dan tuli




dst
……………………………………………….





Keterangan :                              Skor Tes Sikap:
SS            = Sangat Setuju                               = 50
S              = Setuju                                             = 40
TS            = Tidak Setuju                                  = 10
STS         = Sangat Tidak Setuju                    = 0

III. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-       apa yang dilihat;
-       laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-       laporan dari orangtua murid atau siswa.
                                                                                   



Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:


Sumber : http://rppsilabusberkarakter.blogspot.com/2013/08/rpp-pai-sma-berkarakter-dan-silabus.html

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...