Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama
Sekolah : SMA/MA .............................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X /
2
Waktu : 6 x 45 menit
Aspek : Akhlak
A. Standar Kompetensi
10. Menghindari Perilaku Tercela.
B. Kompetensi Dasar
10.1 Menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
10.2 Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.
10.3 Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan
diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Mampu menjelaskan pengertian hasad
Mampu menjelaskan pengertian riya.
Menjelaskan pengertian riya.
Menjelaskan pengertian diskriminasi
Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi
Mampu menghindari perilaku hasad.
Mampu menghindari perilaku riya.
Mampu menghindari perilaku aniaya.
Mampu menghindari perilaku diskriminasi.
Mampu berperilaku yang mencerminkan sikap menghargai
hak orang lain.
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai
keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak
dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan ajaran agama
yang dianutnya.
Toleran terhadap pelaksanaan ibadah
agama lain
Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan,
mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
Perilaku
Tercela :
Pengertian Hasad
Pengertian Riya
Pengertian Aniaya
Pengertian Diskriminasi.
Contoh-contoh
perilaku tercela :
Hasad
Riya
Aniaya
diskriminasi
Menghindari
perilaku:
Hasad
Riya
Aniaya
diskriminasi
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
Mampu menjelaskan pengertian hasad
Mampu menjelaskan pengertian riya.
Menjelaskan pengertian riya.
Menjelaskan pengertian diskriminasi
Mampu menyebutkan contoh perilaku
hasad
Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
Mampu menyebutkan contoh perilaku
aniaya
Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi
Mampu menghindari perilaku hasad.
Mampu menghindari perilaku riya.
Mampu menghindari perilaku aniaya.
Mampu menghindari perilaku
diskriminasi.
Mampu berperilaku yang mencerminkan
sikap menghargai hak orang lain.
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Mendiskusikan pengertian hasad.
Mendiskusikan pengertian riya.
Mendiskusikan pengertian aniaya.
Mendiskusikan pengertian diskriminasi.
|
Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku hasad.
Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku riya.
Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku aniaya.
Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku
diskriminasi.
|
Siswa membiasakan cara-cara menghindari perilaku
hasad.
Siswa membiasakan cara-cara menghindari perilaku
riya.
Siswa membiasakan cara-cara menghindari perilaku
aniaya.
Siswa membiasakan cara-cara menghindari perilaku
diskriminasi.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara
bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para
siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi
pengertian Menghindari Perilaku Tercela
-
Guru
mengawali dengan
mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·
Apakah pengertian
hasad itu ?
·
Pernahkah kalian menghindari
perilaku aniaya?
·
Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti berperilaku yang mencerminkan sikap
menghargai hak orang lain ?.
·
Guru menunjuk seorang siswa yang mengetahui tentang Menghindari
perilaku tercela untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah
bimbingan guru.
·
Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal,
guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
·
Guru menjelaskan tentang menghindari perilaku tercela.
Eksplorasi
- Selanjutnya siswa menjelaskan
pengertian hasad, iri, riya,aniaya dan diskriminasi dari
sumber bacaan dengan pengamatan dari guru.
- Selanjutnya,
guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti pengertian hasad, iri,
riya,aniaya dan diskriminasi kepada
siswa.
- Setelah
selesai guru menjelaskan pengertian hasad, iri, riya,aniaya dan diskriminasi.
- Guru
menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam menghindari perilaku
tersebut.
- Guru
menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang perilaku tersebut secara
berkelompok.
- Siswa
diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
-
Hasad,
iri, riya ,aniaya dan diskriminasi merupakan perilaku yang semestinya kita
hilangkan karena tidak sesuai dengan fitrah manusia. Waspadalah terhadap hasad
(iri dan dengki), sesungguhnya hasad mengikis pahala-pahala sebagaimana api
memakan kayu. Riya menyia-nyiakan amal sebagaimana syirik menyia-nyiakannya dan
ada tiga perkara yang membinasakan yaitu hawa nafsu yang dituruti, kekikiran
yang dipatuhi, dan seorang yang membanggakan dirinya sendiri.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para siswa
sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam perilaku tersebut sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru
meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam
perilaku tersebut .
- Guru
menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa
menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI SMA kelas I
J. Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
|
Butir – butir
Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Sebutkan arti hadist yang diriwayatkan oleh muslim
tentang orang yang sombong....
|
Tiada
masuk surga orang yang dalam hatinya terdapat sebesar biji sawi dari
kesombongan
|
2.
|
Hadist
yang menerangkan bahwa Riya adalah syirik yang kecil diriwayatkan oleh………..
|
HR.
Ahmad dan Al Hakim
|
3.
|
Apakah yang dimaksud
dengan Aniaya………..
|
Memperlakukan tanpa
adanya nilai kemanusiaan kejam, bengis dan tanpa maaf.
|
II. Tes Sikap
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Menyukai sanjungan dan
pujian membuat orang buta dan tuli.
|
|
|
|
|
2.
|
Barangsiapa
membanggakan dirinya sendiri dan berjalan dengan angkuh maka dia akan
menghadap Allah dan Allah murka kepadanya
|
|
|
|
|
3.
|
Cintamu kepada sesuatu
menjadikan kamu buta dan tuli
|
|
|
|
|
dst
|
……………………………………………….
|
|
|
|
|
Keterangan
: Skor
Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju = 50
S = Setuju = 40
TS = Tidak Setuju = 10
STS = Sangat Tidak Setuju = 0
III.
Portofolio
Tes
pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat
pengalaman agama berdasarkan antara lain:
- apa yang dilihat;
-
laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
- laporan
dari orangtua murid atau siswa.
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP/NIK:
|
|
.............. , ...............................
Guru Bidang Studi
_________________________
NIP/NIK:
|
Sumber : http://rppsilabusberkarakter.blogspot.com/2013/08/rpp-pai-sma-berkarakter-dan-silabus.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar