RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X
(Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 11 dan 12
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran
Standar Kompetensi: 4. Menganalisis
hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan
manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar : 4.1.Mendeskripsikan peran komponen ekosistem
dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem
bagi kehidupan
Tujuan
: Siswa
mampu menjelaskan ruang lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem,
perjalanan energi, dan materi dalam ekosistem. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mendefinisikan
pengertian ekologi sebagai ilmu
·
Membedakan
pengunaan istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor
biotik, faktor abiotik
·
Mengidentifikasi
berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
·
Menghubungkan
pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus
materi, dan daur energi
·
Mengambarkan
bagan/skema daur biogeokimia
II.
Materi Ajar
·
Pengertian
ekologi sebagai ilmu
·
Ekosistem
dan komponen penyusunnya
·
Pengelompokan
komponen biotik berdasarkan fungsinya
·
Tingkat
organisasi komponen biotik dalam ekosistem
·
Berbagai
interaksi dalam ekosistem
·
Rantai
makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi
·
Aliran
energi dan siklus materi dalam ekosistem
·
Daur
biogeokimia
III.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan
– Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mendeskripsikan
struktur keilmuan Biologi
·
Menemukan
contoh komponen biotik dan abiotik
·
Menemukan
contoh individu, populasi, dan komunitas pada ekosistem yang ada di
lingkungan sekitar
·
Menemukan
ekosistem dan batas-batasnya
·
Menemukan
adanya interaksi dalam ekosistem
|
·
Diskusi
ruang lingkup ekologi sebagai ilmu
·
Mengamati
komponen ekosistem dan interaksi yang terjadi di dalamnya
·
Mengamati
interaksi yang terjadi dalam ekosistem
|
·
Siswa
dapat Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
·
Siswa
dapat Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi,
komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 11 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa untuk menunjukkan adanya interaksi antara makhluk hidup dengan
lingkungannya. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan ruang lingkup ekologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
membagi kelas menjadi enam kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
B.
Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
meminta siswa mengamati komponen abiotik dalam ekosistem dengan menggunakan Kegiatan
10.1. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
dan siswa mendiskusikan komponen ekosistem. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
dan siswa mendiskusikan interaksi yang terjadi dalam ekosistem. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C.
Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan pengertian eksosistem dan komponen-komponennya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Pertemuan 12 (2 jam
pelajaran)
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
menunjukkan interaksi yang paling menonjol adalah aktivitas makan.
B.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa rantai makanan yang terjadi dalam
ekosistem. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
menggambar rantai-antai makanan tersebut, sehingga akan membentuk jaring-jaring
makanan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
menggambar piramida ekologi berdasarkan jaring-jaring makanan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mendeskripsikan perjalanan energi dan materi dalam ekosistem serta daur
biogeokimia. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rantai makanan, perjalanan energi
dan materi dalam ekosistem, serta daur biogeokimia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku
Kerja Biologi IB, Esis
·
Buku
Biologi SMA kelas X, Esis, Bab X
·
Ekosistem
yang ada di sekitar sekolah
VI.
Penilaian
·
Laporan
hasil pengamatan
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar