Senin, 21 April 2014

RPP Biologi Kelas X Semester 2 I Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                 : 11 dan 12
Alokasi Waktu           :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi:   4.   Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar    : 4.1.Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
Tujuan                       : Siswa mampu menjelaskan ruang lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem, perjalanan energi, dan materi dalam ekosistem. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.                   Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mendefinisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
·         Membedakan pengunaan istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
·         Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
·         Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi, dan daur energi
·         Mengambarkan bagan/skema daur biogeokimia

II.                Materi Ajar
·         Pengertian ekologi sebagai ilmu
·         Ekosistem dan komponen penyusunnya
·         Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fungsinya
·         Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem
·         Berbagai interaksi dalam ekosistem
·         Rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi
·         Aliran energi dan siklus materi  dalam ekosistem
·         Daur biogeokimia

III.             Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mendeskripsikan struktur keilmuan Biologi
·     Menemukan contoh komponen biotik dan abiotik
·     Menemukan contoh individu, populasi, dan komunitas pada ekosistem yang ada di lingkungan sekitar
·     Menemukan ekosistem dan batas-batasnya
·     Menemukan adanya interaksi dalam ekosistem
·     Diskusi ruang lingkup ekologi sebagai ilmu
·     Mengamati komponen ekosistem dan interaksi yang terjadi di dalamnya
·     Mengamati interaksi yang terjadi dalam ekosistem
·     Siswa dapat Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
·     Siswa dapat Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
·     Siswa dapat Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem

IV.             Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk menunjukkan adanya interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru bersama siswa mendiskusikan ruang lingkup ekologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru membagi kelas menjadi enam kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru meminta siswa mengamati komponen abiotik dalam ekosistem dengan menggunakan Kegiatan 10.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru dan siswa mendiskusikan komponen ekosistem. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru dan siswa mendiskusikan interaksi yang terjadi dalam ekosistem. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian eksosistem dan komponen-komponennya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 12 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menunjukkan interaksi yang paling menonjol adalah aktivitas makan.
B.     Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa menggambar rantai-antai makanan tersebut, sehingga akan membentuk jaring-jaring makanan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);




Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa menggambar piramida ekologi berdasarkan jaring-jaring makanan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mendeskripsikan perjalanan energi dan materi dalam ekosistem serta daur biogeokimia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rantai makanan, perjalanan energi dan materi dalam ekosistem, serta daur biogeokimia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.                Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IB, Esis
·         Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab X
·         Ekosistem yang ada di sekitar sekolah

VI. Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis



Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Biologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................




Sumber : 
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...