Senin, 21 April 2014

RPP Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 I Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 SEKOLAH                          :
MATA PELAJARAN           : Bahasa Indonesia
KELAS                                 : X
SEMESTER                        : 2

A.           STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : 16.     Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam  cerpen

B.           KOMPETENSI DASAR :
16.1    Menulis karangan berdasarkan  kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar

C.           MATERI PEMBELAJARAN :
Contoh cerpen
·         ciri-ciri cerita pendek
·         syarat topik cerpen
·         Kerangka cerita pendek
·         unsur-unsur cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik)

D.           INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi           
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis  cerita pendek
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kreatif

·   Kepemimpinan
·   Keorisinilan
2
Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa
3
Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis  cerita pendek
·         Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa
·         Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.

F.            METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.          Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menulis karangan berdasarkan  kehidupan diri sendiri
·         Contoh cerpen
·     Siswa dapat Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa

H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
F  Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti     :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F  Menulis cerpen
F  Membahas cerpen yang ditulis teman dari segi penentuan topik, diksi, dan ejaan.
F  Membahas cerpen yang ditulis teman dari segi alur dan penokohan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F  Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa
F  Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kreatif

3.
Kegiatan Akhir   :
F  Refleksi
F  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif


I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
       buku kumpulan cerpen

K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat

Mengetahui,
Kepala Sekolah






                    Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Indonesia






 Sumber :

http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/



Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...