RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMA .......................
Kelas / Semester : X (sepuluh) / Semester II
Mata Pelajaran : FISIKA
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran
Standar
Kompetensi
6. Memahami konsep dan prinsip gelombang
elektromagnetik.
Kompetensi Dasar
6.1. Mendeskripsikan
spektrum gelombang elektromagnetik.
Indikator Pencapaian Kompetensi
- Mendeskripsikan konsep gelombang elektromagnetik.
- Menyusun deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
l Menjelaskan
pengertian gelombang elektromagnetik.
l Menjelaskan
besaran gelombang elektromagnetik.
l Menjelaskan
pengertian spektrum gelombang elektromagnetik.
l Menjelaskan
karakteristik masing-masing spektrum gelombang elektromagnetik.
l Menjelaskan
pengertian indeks bias.
l Menyebutkan
syarat terjadinya pembiasan cahaya.
l Menyebutkan
bunyi hukum Snellius.
l Menentukan
sudut bias cahaya.
l Mengukur
indeks bias suatu zat cair.
l Menjelaskan
pengertian sudut kritis.
l Menentukan
sudut kritis untuk pembiasan cahaya.
l Menyebutkan
syarat terjadinya pemantulan sempurna.
l Menjelaskan
beberapa fenomena yang berkaitan dengan pemantulan cahaya.
l Membedakan
pemantulan teratur dan pemantulan bias.
l Membedakan
sifat-sifat cahaya menurut teori Newton dan teori Huygens.
l Menjelaskan
beberapa fenomena yang berkaitan dengan pembiasan cahaya.
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Toleransi, Kerja keras,
Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan
hasil.
B. Materi Pembelajaran
Gelombang
Elektromagnetik
C. Metode Pembelajaran
1. Model
: - Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2.
Metode : - Diskusi kelompok
- Eksperimen
-
Observasi
-
Ceramah
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mendeskripsikan
spektrum gelombang elektromagnetik
|
·
Melakukan
studi pustaka untuk mencari informasi mengenai ciri dan karakteristik
spektrum gelombang elektromagnetik.
|
·
Siswa dapat Menyusun deret gelombang elektromagnetik
berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang.
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Bagaimana cara mengelompokan spektrum gelombang
elektromagnetik?
-
Mengapa laju cahaya berbeda ketika memasuki bahan yang
berbeda?
·
Prasyarat pengetahuan:
l Apakah
yang dimaksud dengan spektrum gelombang elektromagnetik?
l Apakah
yang dimaksud dengan indeks bias?
·
Pra
eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan
laboratorium.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gelombang elektromagnetik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan
penjelasan guru mengenai besaran gelombang elektromagnetik.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik memperhatikan contoh soal menentukan besaran gelombang elektromagnetik
yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian spektrum gelombang
elektromagnetik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai karakteristik
masing-masing
spektrum gelombang elektromagnetik. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian indeks bias. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan
penjelasan guru mengenai perumusan untuk menentukan indeks bias.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan syarat terjadinya pembiasan
cahaya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan bunyi hukum Snellius.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik memperhatikan contoh soal menentukan sudut bias cahaya yang disampaikan
oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan beberapa soal menentukan
sudut bias cahaya untuk dikerjakan oleh peserta didik.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil gelas kaca yang berbentuk silinder,
karton hitam yang dapat menutup setengah bagian atas gelas, logam dengan luas
penampang yang sama dengan alas gelas, perekat secukupnya, air mineral, minyak
tanah, mistar dan busur derajat.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mempresentasikan langkah
kerja untuk mengukur indeks bias suatu zat cair (Kegiatan
12.1 halaman 166-167). (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l
Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan
hasil eksperimen. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l Setiap
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang
lain. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
l Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c.
Kegiatan Penutup
l Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
l Apa
yang terjadi bila sudut datang cahaya lebih besar daripada sudut kritis?
l Apakah
syarat terjadinya pemantulan bias?
·
Prasyarat pengetahuan:
l Apakah
yang dimaksud dengan sudut kritis?
l Apakah
yang dimaksud dengan pemantulan bias?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sudut kritis. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta
didik memperhatikan contoh soal menentukan sudut kritis untuk pembiasan cahaya
yang disampaikan oleh guru. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l Guru memberikan beberapa soal
menentukan sudut kritis untuk pembiasan cahaya untuk dikerjakan oleh
peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan syarat terjadinya pemantulan
sempurna. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l
Peserta
didik memperhatikan beberapa fenomena yang berkaitan dengan pemantulan cahaya
yang disampaikan oleh guru. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l
Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan pemantulan teratur dan
pemantulan bias. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan sifat-sifat cahaya
menurut teori Newton dan teori Huygens.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan
beberapa fenomena yang berkaitan dengan pembiasan cahaya yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
l Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
l Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
E. Sumber
Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl.1B (Esis) halaman
159-186
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
d.
Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian
Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen:
-
Tes PG
-
Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
-
Contoh tes PG
Urutan
spektrum gelombang elektromagnetik dari frekuensi kecil ke besar adalah ....
A. inframerah, cahaya, UV, sinar-χ, sinar-γ
B. UV, inframerah, sinar-χ, sinar-γ
C. cahaya, UV, sinar-γ, sinar-χ
D. gelombang radio, gelombang mikro, cahaya,
inframerah
E. sinar-γ, sinar-χ, UV, cahaya, inframerah
- Contoh tes uraian
Sebutkan
ciri-ciri gelombang elektromagnetik.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA
Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP/NIK. NIP/NIK.
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar