Jumat, 18 April 2014

RPP B. Inggris Kelas X Semester 2



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : 
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : X / 2
Pertemuan Ke             :  4
Alokasi Waktu             : 2 x 45 menit


A.      Standar Kompetensi
         Mendengarkan
8.            Memahami makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative, descriptive, dan news item  sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.      Kompetensi Dasar
8.2.          Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk; narrative, descriptive, dan news item.


C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
§ Mengidentifikasi main idea dari teks yang didengar
§ Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar
§ Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar
§ Mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan
§ Mengidentifikasi inti berita yang didengar
§ Mengidentifikasi sumber berita yang didengar
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
-       Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
-       Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
-       Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
-       Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat mengidentifikasi main idea dari teks yang didengar
§  Siswa dapat mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar
§  Siswa dapat mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar
§  Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan
§  Siswa dapat mengidentifikasi inti berita yang didengar
§  Siswa dapat mengidentifikasi sumber berita yang didengar

E.      Materi Pokok
Responding to expressions of congratulating and complimenting
Responding to narrative texts

F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
§  Pendekatan                        : Contextual Teaching and Learning (CTL)
§  Strategi Pembelajaran        : Cooperative Learning

G.      Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Siswa mampu mengidentifikasi main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.

Siswa mampu menganalisa main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.
Siswa mampu mengerjakan dan mengerti main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
-       Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
-       Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
-       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
-       Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
-       Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.
§  Memberikan kesempatan pada siswa mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar..
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa berbagai main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.

Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi teks lisan fungsional pendek main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan  dan yang didengar.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.      Sumber/Bahan/Alat
-       Developing English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
-       Tape
-       Kamus
-       Kaset/CD
-       Tape/CD Player

I.       Penilaian
  • Teknik                          :     Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
  • Bentuk Instrumen    :     Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.
Contoh Instrumen     :
Create a dialogue based on the following situations, using the expressions given in 'What to Say'.

·         Your best friend has passed his exam and he gets a good mark.
·         Your relative is going abroad for studying.
·         Your brother has done excellent job.
·         Your teacher is honoured with the "Teacher of the month" title.
Mengetahui,
Kepala Sekolah,






, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,









Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...