Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : X
/ 2
Pertemuan Ke : 4
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
8. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang
berbentuk narrative, descriptive, dan
news item sederhana dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
8.2. Merespon makna dalam
teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk; narrative, descriptive, dan
news item.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
§
Mengidentifikasi main idea dari teks yang
didengar
§
Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar
§
Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar
§
Mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/orang yang
dideskripsikan
§
Mengidentifikasi inti berita yang didengar
§
Mengidentifikasi sumber berita yang didengar
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
-
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
-
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
-
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
-
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
§
Siswa dapat mengidentifikasi main
idea dari teks yang didengar
§
Siswa dapat mengidentifikasi
tokoh dari cerita yang didengar
§
Siswa dapat mengidentifikasi
kejadian dalam teks yang didengar
§
Siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan
§
Siswa dapat mengidentifikasi
inti berita yang didengar
§
Siswa dapat mengidentifikasi
sumber berita yang didengar
E. Materi Pokok
Responding to expressions of congratulating and
complimenting
Responding to narrative texts
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
§
Pendekatan
: Contextual Teaching and Learning (CTL)
§
Strategi
Pembelajaran : Cooperative Learning
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Siswa
mampu mengidentifikasi main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian,
ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan dan yang didengar.
|
Siswa
mampu menganalisa main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian,
ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan dan yang didengar.
|
Siswa
mampu mengerjakan dan mengerti main idea dari teks, tokoh dari cerita,
kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan dan yang didengar.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir
karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi main idea dari teks, tokoh dari cerita,
kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan dan yang didengar.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai main idea
dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang
dideskripsikan dan yang didengar.
§
Memberikan
kesempatan pada siswa mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan main
idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang
dideskripsikan dan yang didengar..
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari
benda/orang yang dideskripsikan dan yang
didengar.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa berbagai main idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari
benda/orang yang dideskripsikan dan yang
didengar.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi main
idea dari teks, tokoh dari cerita, kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang
dideskripsikan dan yang didengar.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi main idea dari teks, tokoh dari cerita,
kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan dan yang didengar.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi teks lisan fungsional pendek main idea dari teks, tokoh dari cerita,
kejadian, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan dan yang didengar.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
-
Developing
English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
-
Tape
-
Kamus
-
Kaset/CD
-
Tape/CD
Player
I. Penilaian
- Teknik : Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
- Bentuk Instrumen : Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.
Contoh Instrumen :
Create a dialogue
based on the following situations, using the expressions given in 'What to
Say'.
·
Your
best friend has passed his exam and he gets a good mark.
·
Your
relative is going abroad for studying.
·
Your
brother has done excellent job.
·
Your
teacher is honoured with the "Teacher of the month" title.
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar