Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : X
/ 2
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
7. Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
7.1. Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang
menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:
berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
§ Mengidentifikasi kata yang didengar
§ Mengidentifikasi makna kata
§ Mengidentifikasi hubungan antar pembicara
§ Mengidentifikasi makna tindak tutur berterima kasih
§ Merespon tindak tutur berterima kasih
§ Mengidentifikasi makna tindak tutur memuji
§ Merespon tindak tutur memuji
§ Mengidentifikasi makna tindak tutur mengucapkan selamat
§ Merespon tindak tutur mengucapkan
§ selamat
§
Mengidentifikasi konteks situasi
|
Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta
damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
-
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
-
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
-
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
-
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
§ Siswa dapat mengidentifikasi kata
yang didengar
§ Siswa dapat mengidentifikasi makna
kata
§ Siswa dapat mengidentifikasi
hubungan antar pembicara
§ Siswa dapat mengidentifikasi makna
tindak tutur berterima kasih
§ Siswa dapat merespon tindak tutur
berterima kasih
§ Siswa dapat mengidentifikasi makna
tindak tutur memuji
§ Siswa dapat merespon tindak tutur
memuji
§ Siswa dapat mengidentifikasi makna
tindak tutur mengucapkan selamat
§ Siswa dapat merespon tindak tutur
mengucapkan selamat
§ Siswa dapat mengidentifikasi
konteks situasi
E. Materi Pokok
Responding to expressions of congratulating and
complimenting.
No.
|
Words
|
Exspressions
|
1.
|
great
|
You look great!
|
2.
|
charming
|
What a charming
dress!
|
3.
|
fantastic
|
That's a very
fantastic!
|
4.
|
congratulate
|
I must
congratulate you!
|
5.
|
terrific
|
Nice to meet you
|
6.
|
farewell
|
See you later
|
7.
|
achievements
|
Terrific. Well
done!
|
8.
|
extremely
|
How extremely nice
of
|
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Three-phase
technique
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Siswa mampu mengidentifikasi kata yang didengar, makna kata, hubungan
antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur
memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi
|
Siswa menganalisa kata yang didengar, makna kata,
hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak
tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi
|
Siswa mengetahui dan menghafal kata yang didengar,
makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih,
makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan
konteks situasi
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter
yang hendak dikembangkan selain
yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi teks kata
yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur
berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan
selamat, dan konteks situasi.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai kata yang didengar, makna kata, hubungan antar
pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna
tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan
berbagai teks kata yang didengar, makna kata,
hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak
tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai kata yang didengar, makna kata,
hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak
tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa berbagai teks lisan fungsional pendek berupa kata
yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur
berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan
selamat, dan konteks situasi.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi teks kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara,
makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak
tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi teks kata
yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur
berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan
selamat, dan konteks situasi.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi teks kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara,
makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak
tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
-
Developing
English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
-
Tape
-
Kamus
-
Kaset/CD
-
Tape/CD
Player
-
OHP/LCD
-
Foto/
Poster
-
Gambar
-
Koran
berbahasa Inggris
-
Majalah
I. Penilaian
- Teknik : Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
- Bentuk Instrumen : Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.
Contoh Instrumen :
Answer these
questions orally.
1. Have
your ever got any achievements in your life?
2. What
was the best achievement you got?
3. How
did you feel when you got an achievement?
4. How
did people respond to your achievement? Did they congratulate you?
5. What
do you say when you want to congratulate someone?
6. How
do you respond to someone congratulations?
7. What
do you say when you want to compliment someone?
8. How
do you respond to someone compliment?
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar