Senin, 21 April 2014

RPP Fisika Kelas X Semester 2 I Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                     : SMA .......................
Kelas / Semester    : X (sepuluh) / Semester II
Mata Pelajaran        : FISIKA
Alokasi Waktu         : 2 Jam Pelajaran

Standar Kompetensi
5.         Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan         berbagai produk teknologi.

Kompetensi Dasar
5.3.      Menggunakan alat ukur listrik.

Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. Menggunakan amperemeter dalam rangkaian.
  2. Menggunakan voltmeter dalam rangkaian.
  3. Menggunakan ohmmeter dalam rangkaian.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
l  Menjelaskan fungsi amperemeter.
l  Menjelaskan cara menggunakan amperemeter.
l  Menjelaskan cara mengukur arus yang melebihi batas maksimum kemampuan amperemeter.
l  Menentukan arus listrik yang mengalir dalam rangkaian.
l  Menjelaskan fungsi voltmeter.
l  Menjelaskan cara menggunakan voltmeter.
l  Menjelaskan fungsi ohmmeter.
l  Menjelaskan cara menggunakan ohmmeter
l  Menentukan hambatan dalam dari ammeter (amperemeter) dan voltmeter.
Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.


B. Materi Pembelajaran
            Pengukuran Besaran Listrik

C. Metode Pembelajaran
             1.   Model   :  -  Direct Instruction (DI)
                                    -  Cooperative Learning
             2.   Metode :  -  Diskusi kelompok
                                    -  Eksperimen
                                    -  Observasi
                                     -  Ceramah

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·       Menggunakan alat   ukur listrik.
·       Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai cara menggunakan amperemeter dan voltmeter
·       Siswa dapat  Praktek menggunakan alat ukur voltmeter, amperemeter, dan multimeter secara berkelompok.

D. Langkah-langkah Kegiatan
                                                             PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
·         Bagaimana cara mengukur arus yang nilainya melebihi kemampuan amperemeter?
·         Bagaimana cara memasang voltmeter dalam rangkaian listrik?
·         Prasyarat pengetahuan:
·         Apakah yang dimaksud dengan amperemeter?
·         Apakah yang dimaksud dengan voltmeter?
·         Pra eksperimen:
·          Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
   b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan fungsi amperemeter. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara menggunakan amperemeter. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan cara mengukur arus yang melebihi batas maksimum kemampuan amperemeter yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan arus listrik yang mengalir dalam rangkaian yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan arus listrik yang mengalir dalam rangkaian untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan fungsi voltmeter dan ohmmeter. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara menggunakan voltmeter dan ohmmeter. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil 2 buah multimeter,
1 buah power supply variable, papan rangkaian, resistor 1 kΩ, 10 kΩ, 100 kΩ,
dan 1 MΩ serta kawat penghantar sepanjang 30 cm. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk menentukan hambatan dalam dari ammeter (amperemeter) dan voltmeter (Kegiatan 11.2 halaman 148-150). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan hasil eksperimen. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
            c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);

E. Sumber Belajar
a.  Buku Fisika SMA dan MA Jl.1B (Esis) halaman 143-158
 b.  Buku referensi yang relevan
             c.  Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
·         Tes tertulis
·         Tes unjuk kerja 
             b. Bentuk Instrumen:
    -  Tes PG
    -  Tes isian
    -  Uji petik kerja produk
            c. Contoh Instrumen:
 -  Contoh tes PG
Untuk mengukur beda potensial antara dua titik dalam rangkaian secara   langsung kita menggunakan ....
 A. amperemeter                                      D. galvanometer
 B. ohmmeter                                           E. voltmeter
 C. mikrometer
-  Contoh tes isian
Untuk mengukur arus listrik dalam suatu komponen, amperemeter harus dipasang secara ....
     
                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                         Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.                              


Sumber : 

http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...