RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMA .......................
Kelas / Semester : X (sepuluh) / Semester II
Mata Pelajaran : FISIKA
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran
Standar
Kompetensi
5. Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai
penyelesaian masalah dan berbagai
produk teknologi.
Kompetensi Dasar
5.3. Menggunakan alat ukur listrik.
Indikator Pencapaian Kompetensi
- Menggunakan amperemeter dalam rangkaian.
- Menggunakan voltmeter dalam rangkaian.
- Menggunakan ohmmeter dalam rangkaian.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
l Menjelaskan
fungsi amperemeter.
l Menjelaskan
cara menggunakan amperemeter.
l Menjelaskan
cara mengukur arus yang melebihi batas maksimum kemampuan amperemeter.
l Menentukan
arus listrik yang mengalir dalam rangkaian.
l Menjelaskan
fungsi voltmeter.
l Menjelaskan
cara menggunakan voltmeter.
l Menjelaskan
fungsi ohmmeter.
l Menjelaskan
cara menggunakan ohmmeter
l Menentukan
hambatan dalam dari ammeter (amperemeter) dan voltmeter.
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Toleransi, Kerja keras,
Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan
hasil.
B. Materi Pembelajaran
Pengukuran
Besaran Listrik
C. Metode Pembelajaran
1. Model
: - Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2.
Metode : - Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
-
Ceramah
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menggunakan alat
ukur listrik.
|
·
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi
mengenai cara menggunakan amperemeter dan voltmeter
|
·
Siswa dapat
Praktek menggunakan alat ukur voltmeter, amperemeter, dan multimeter
secara berkelompok.
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
·
Bagaimana cara mengukur arus yang nilainya melebihi
kemampuan amperemeter?
·
Bagaimana cara memasang voltmeter dalam rangkaian
listrik?
·
Prasyarat pengetahuan:
·
Apakah yang dimaksud dengan amperemeter?
·
Apakah yang dimaksud dengan voltmeter?
·
Pra
eksperimen:
·
Berhati-hatilah
menggunakan peralatan laboratorium.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan fungsi amperemeter. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara menggunakan amperemeter. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta
didik memperhatikan cara mengukur arus yang melebihi batas maksimum
kemampuan amperemeter
yang disampaikan oleh guru. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l Peserta
didik memperhatikan contoh soal menentukan arus listrik yang mengalir dalam
rangkaian yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l Guru memberikan beberapa soal menentukan
arus listrik yang mengalir dalam rangkaian untuk dikerjakan oleh peserta didik.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan fungsi voltmeter dan ohmmeter.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara menggunakan voltmeter dan
ohmmeter. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil 2 buah multimeter,
1 buah power supply variable, papan
rangkaian, resistor 1 kΩ, 10 kΩ, 100 kΩ,
dan 1 MΩ serta kawat penghantar
sepanjang 30 cm. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l Guru mempresentasikan langkah
kerja untuk menentukan hambatan dalam dari ammeter (amperemeter) dan
voltmeter (Kegiatan 11.2 halaman 148-150). (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l
Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan
hasil eksperimen. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l Setiap
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang
lain. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
l Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
l Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
E. Sumber
Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl.1B (Esis) halaman
143-158
b. Buku
referensi yang relevan
c.
Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian
Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
·
Tes tertulis
·
Tes unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen:
-
Tes PG
-
Tes isian
-
Uji petik kerja produk
c. Contoh Instrumen:
-
Contoh tes PG
Untuk mengukur
beda potensial antara dua titik dalam rangkaian secara langsung kita menggunakan ....
A. amperemeter D.
galvanometer
B. ohmmeter E.
voltmeter
C. mikrometer
- Contoh tes isian
Untuk mengukur
arus listrik dalam suatu komponen, amperemeter harus dipasang secara ....
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA
Guru Mata Pelajaran
.........................
..............................
NIP/NIK.
NIP/NIK.
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar