Senin, 21 April 2014

RPP Fisika Kelas XI Semester 2 I Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor (bag. 2)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMA .................
Kelas / Semester       : XI (Sebelas) / Semester I
Mata Pelajaran           : FISIKA

Standar Kompetensi
          3.   Menerapkan  konsep termodinamika dalam mesin kalor

Kompetensi Dasar
3.2 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum  termodinamika

Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika
·         Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan-volume (P-V)
·         Mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
·      Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika
·      Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan-volume (P-V)
·      Mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot
Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

B. Materi Pembelajaran
      Termodinamika : Hukum utama termodinamika, Mesin Carnot

C. Metode Pembelajaran1
             1.  Model   :  -  Direct Instruction (DI)
                                   -  Cooperative Learning
             2.  Metode :  -  Diskusi kelompok
                                   -  Eksperimen
                                   -  Observasi
                         -  Ceramah

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menganalisis karakteristik proses isobarik, isokhorik, isotermik, dan adiabatik dalam diskusi kelas
·     Menghitung usaha, kalor, dan/atau energi dalam dengan menggunakan prinsip hukum utama termodinamika dalam diskusi kelas
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika

D. Langkah-langkah Kegiatan                                                         

PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
-         Motivasi dan Apersepsi:
      -   Bagaimana syarat benda dikatakan menerima tekanan?
l  Prasyarat pengetahuan:
      -   Apakah yang dimaksud dengan usaha ?
-         Pra eksperimen:
                              -   Berhati-hatilah menggunakan mesin carnot.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-         Menghitung usaha, kalor, dan/atau energi dalam dengan menggunakan prinsip hukum utama termodinamika dalam diskusi kelas (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Menganalisis karakteristik proses isobarik, isokhorik, isotermik, dan adiabatik dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-         Menghitung efisiensi mesin kalor dan koefiseien performans mesin pendingin Carnot dalam diskusi pemecahan masalah (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
          c. Kegiatan Penutup
-         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);

E. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 2b
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
l  Tes tertulis
l  Tes unjuk kerja
        b. Bentuk Instrumen:
l  PG
l  Uraian
l  Uji petik kerja produk





                              ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                         Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.



Sumber : 
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...