RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMA .................
Kelas / Semester : XI (Sebelas) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Standar
Kompetensi
3. Menerapkan
konsep termodinamika dalam mesin kalor
Kompetensi Dasar
3.2 Menganalisis
perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam
berdasarkan hukum utama termodinamika
·
Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik
tekanan-volume (P-V)
·
Mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
· Mendeskripsikan
usaha, kalor, dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika
· Menganalisis
proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan-volume (P-V)
· Mendeskripsikan
prinsip kerja mesin Carnot
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Toleransi, Kerja keras,
Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan
hasil.
B. Materi Pembelajaran
Termodinamika : Hukum utama
termodinamika, Mesin Carnot
C. Metode Pembelajaran1
1. Model
: - Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2.
Metode : - Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
- Ceramah
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menganalisis
karakteristik proses isobarik, isokhorik, isotermik, dan adiabatik dalam
diskusi kelas
|
· Menghitung
usaha, kalor, dan/atau energi dalam dengan menggunakan prinsip hukum utama
termodinamika dalam diskusi kelas
|
· Siswa
dapat Mendeskripsikan usaha, kalor,
dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan Apersepsi:
-
Bagaimana syarat benda dikatakan menerima tekanan?
l Prasyarat
pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan usaha ?
-
Pra
eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan
mesin carnot.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Menghitung usaha, kalor, dan/atau energi dalam dengan menggunakan
prinsip hukum utama termodinamika dalam diskusi kelas (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Menganalisis karakteristik proses isobarik, isokhorik,
isotermik, dan adiabatik dalam diskusi kelas. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Menghitung efisiensi mesin kalor dan koefiseien
performans mesin pendingin Carnot dalam diskusi pemecahan masalah (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c.
Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
E. Sumber
Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 2b
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian
Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
l Tes
tertulis
l Tes
unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen:
l PG
l Uraian
l Uji petik
kerja produk
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP/NIK. NIP/NIK.
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar