Senin, 21 April 2014

RPP Biologi Kelas XI Semester 2 I Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu (bag. 3)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sebelas)/ II
Pertemuan                 : 17, 18
Alokasi Waktu           : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3.   Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar     : 3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
Tujuan                       :        Siswa dapat mendeskripsikan mekanisme pertahanan tubuh         terhadap benda asing berupaantigen dan bibit penyakit. (nilai    yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,            Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli           lingkungan); 
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Menjelaskan fungsi sistem imun tubuh
·         Mengidentifikasi sistem pertahanan tubuh secara alami
·         Membedakan respon imun non spesifik dan spesifik pada sistem imun tubuh.
·         Mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan penyakit

II.  Materi Ajar
·         Sistem kekebalan tubuh, meliputi:
1.      Kekebalan yang tidak spesifik
2.      Kekebalan spesifik
·         Vaksin
·         Antibiotik
·         Gangguan kekebalan tubuh

III. Metode Pembelajaran
·         Diskusi- Penugasan





Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Membuat peta konsep sistem  kekebalan tubuh manusia
·     Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam  sistem kekebalan tubuh manusia
·     Menjelaskan proses kekebalan tubuh bekerja.
·     Menjelaskan prinsip kerja vaksin
·     Menjelaskan prinsip kerja antibiotik
·     Mengidentifikasi akibat lumpuhnya kekebalan tubuh pada penderita AIDS
·     Diskusi dan mendeskripsikan sistem kekebalan tubuh manusia
·     Mengumpulkan informasi tentang gangguan atau penyakit yang terjadi pada sistem kekekebalan tubuh  manusia (AIDS)
·     Siswa dapat Menjelaskan fungsi system imun tubuh
·     Siswa dapat Mengidentifikasi system pertahanan tubuh secara alami
·     Siswa dapat Membedakan respon imun non spesifik dan spesifik pada system imun
·     Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan penyakit

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 17 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·                  Dengan memberikan gejala bahwa di sekitar manusia banyak bibit penyakit tetapi tidak setiap saat manusia menderita sakit, siswa diminta mendeskripsikan penyebabnya.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·            Siswa mendiskusikan arti penting sistem dan peranan sistem imun. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·            Dengan diberikan gambar sistem pertahanan tubuh siswa bersama guru berdiskusi mendeskripsikan berbagai sistem proses pertahanan tubuh secara alami. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·            Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan respon imun non spesifik dan spesifik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan Akhir (10 menit)
·             Siswa bersama guru menyimpulkan fungsi sistem imun, sistem pertahanan tubuh secara alami dan respon imun. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·            Guru menugaskan mengumpulkan informasi tentang HIV dan AIDS untuk mendiskusikan Salingtemas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 18 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·            Dengan memberikan contoh gejala sakit akibat infeksi, siswa diminta menghubungkan antara sistem imun dan penyakit yang diderita manusia.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·             Siswa bersama guru mendiskusikan upaya manusia untuk meningkatkan imunitas tubuhnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·             Siswa menndiskusikan Salingtemas AIDS dengan menggunakan berbagai informasi tentang HIV dan AIDS yang sudah dikumpulkan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan Akhir (10 menit)
·            Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara HIV dan AIDS. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·            Siswa mengumpulkan hasil diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.  Alat /Bahan/Sumber
·         Buku Biologi SMA XI, Dyah aryulina,  Esis, Bab XI
·         Berbagai informasi HIV dan AIDS dari berbagai sumber

VI. Penilaian
·         Makalah tentang HIV dan AIDS
·         Uji kompetensi tertulis



Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Biologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................




 Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/



Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...