RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ II
Pertemuan : 17, 18
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu
Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu,
kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh
terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupaantigen dan
bibit penyakit. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Menjelaskan fungsi sistem imun tubuh
·
Mengidentifikasi sistem pertahanan tubuh secara
alami
·
Membedakan respon imun non spesifik dan spesifik
pada sistem imun tubuh.
·
Mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan
penyakit
II. Materi Ajar
·
Sistem kekebalan tubuh, meliputi:
1. Kekebalan
yang tidak spesifik
2. Kekebalan
spesifik
·
Vaksin
·
Antibiotik
·
Gangguan kekebalan tubuh
III. Metode Pembelajaran
·
Diskusi-
Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Membuat peta konsep sistem kekebalan tubuh manusia
· Mengidentifikasi komponen yang terlibat
dalam sistem kekebalan tubuh manusia
· Menjelaskan proses kekebalan tubuh
bekerja.
· Menjelaskan prinsip kerja vaksin
· Menjelaskan prinsip kerja antibiotik
· Mengidentifikasi akibat lumpuhnya
kekebalan tubuh pada penderita AIDS
|
· Diskusi dan mendeskripsikan sistem
kekebalan tubuh manusia
· Mengumpulkan informasi tentang gangguan
atau penyakit yang terjadi pada sistem kekekebalan tubuh manusia (AIDS)
|
· Siswa dapat Menjelaskan fungsi system
imun tubuh
· Siswa dapat Mengidentifikasi system
pertahanan tubuh secara alami
· Siswa dapat Membedakan respon imun non
spesifik dan spesifik pada system imun
· Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai
upaya untuk pencegahan penyakit
|
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 17 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Dengan
memberikan gejala bahwa di sekitar manusia banyak bibit penyakit tetapi tidak
setiap saat manusia menderita sakit, siswa diminta mendeskripsikan penyebabnya.
B. Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa mendiskusikan arti penting sistem dan
peranan sistem imun. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Dengan diberikan gambar sistem pertahanan
tubuh siswa bersama guru berdiskusi mendeskripsikan berbagai sistem proses
pertahanan tubuh secara alami. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan
respon imun non spesifik dan spesifik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan Akhir (10 menit)
·
Siswa bersama guru menyimpulkan fungsi
sistem imun, sistem pertahanan tubuh secara alami dan respon imun. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru menugaskan mengumpulkan informasi
tentang HIV dan AIDS untuk mendiskusikan Salingtemas. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 18 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Dengan
memberikan contoh gejala sakit akibat infeksi, siswa diminta menghubungkan
antara sistem imun dan penyakit yang diderita manusia.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa bersama guru mendiskusikan upaya
manusia untuk meningkatkan imunitas tubuhnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa menndiskusikan Salingtemas AIDS dengan
menggunakan berbagai informasi tentang HIV dan AIDS yang sudah dikumpulkan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan Akhir (10 menit)
·
Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan
antara HIV dan AIDS. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa mengumpulkan hasil diskusi. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat /Bahan/Sumber
·
Buku
Biologi SMA XI, Dyah aryulina, Esis, Bab
XI
·
Berbagai
informasi HIV dan AIDS dari berbagai sumber
VI. Penilaian
·
Makalah
tentang HIV dan AIDS
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar