Rabu, 16 April 2014

RPP PAI SMA Berkarakter Kelas X Semester 2 Aspek Tarikh dan Kebudayaan Islam



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : X / 2
Waktu                        : 4 x 45 menit
Aspek                        : Tarikh dan Kebudayaan Islam


A.  Standar Kompetensi
12.       Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah.

B.  Kompetensi Dasar
12.1    Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah
12.2    Mendeskripsikan strategi dakwah  Rasulullah SAW periode Madinah

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menunjukkan koleksi kisah-kisah perjuangan Rasulullah pada periode Madinah.
  Mampu menjelaskan latar belakang hijrah Rasulullah ke Madinah.
  Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah.
  Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah.
  Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
  Mampu meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
  Mampu menjelaskan keberhasilan yang diperoleh Rasulullah dakwahnya pada periode Madinah
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  Keteladanan Rasulullah SAW:
Sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah.
  Keteladanan Rasulullah SAW:
Strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menunjukkan koleksi kisah-kisah perjuangan Rasulullah pada periode Madinah.
  Mampu menjelaskan latar belakang hijrah Rasulullah ke Madinah.
  Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah.
  Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah.
  Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
  Mampu meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
  Mampu menjelaskan keberhasilan yang diperoleh Rasulullah dakwahnya pada periode Madinah

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.
  Mendiskusikan dalam kelompok tentang strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.
  Presentasi hasil diskusi kelompok tentang strategi dakwah  Rasulullah periode Madinah.
  Presentasi hasil diskusi kelompok tentang dakwah Rasulullah periode Madinah.
  Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah pada periode Madinah.
  Meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.



Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
-      Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi     keteladanan Rasulullah SAW pada periode Madinah.
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang Keteladanan Rasulullah SAW pada periode Madinah?
·         Pernahkah kalian membaca tentang kisah Keteladanan Rasulullah SAW pada periode Madinah ?
·         Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang kisah Keteladanan Rasulullah SAW pada periode Madinah ?.
·         Guru menunjuk seorang siswa yang mengetahui tentang kisah Keteladanan Rasulullah SAW pada periode Madinah untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
·         Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
·         Guru menjelaskan tentang kisah Keteladanan Rasulullah SAW pada periode Madinah.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan kisah tentang kisah Keteladanan Rasulullah SAW pada periode Madinah dari sumber bacaan dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang apakah yang harus diteladani dari Rasulullah SAW kepada siswa.
-      Setelah selesai guru menjelaskan tentang kisah kisah Keteladanan Rasulullah SAW pada periode Madinah, dengan ringkasan sebagai berikut :



·         Cobaan kaum muslimin di Madinah
­       Kaum Munafiq menyakiti Rasulullah saw
­       Penderitaan para utusan yang ingin memeluk Islam
­       Orang Yahudi menyakiti kaum muslimin
­       Sikap orang-orang arab badui terhadap Islam
·         Beberapa peristiwa di tahun kedua Hijrah
­       Perpindahan arah kiblat ke Ka'bah
­       Perang Badar Al Kubra
­       Perang Bani Qainuqaa'
·         Beberapa peristiwa di tahun ketiga Hijrah
­       Perang Hamra Al Asad
·         Beberapa peristiwa di tahun kelima Hijrah
­       Tuduhan terhadap Aisyah ra
·         Peperangan
Perang Badar
­       Mimpi Nabi saw. mengenai perang Badar
­       Seruan untuk perang Badar
­       Rasul saw. memohon bantuan Allah dalam perang Badar.
­       Perang adu ketangkasan pertama dalam Islam.
­       Suasana perang Badar.
­       Kesaksian malaikat dalam perang Badar.
­       Hasil perang Badar.
­       Kaum musyrikin menebus tawanan perang Badar.
­       Harta rampasan perang Badar:
Perang Uhud
­       Perang Uhud dan pengaturan pasukan
­       Beberapa hal pasukan dan perang Uhud
­       Cobaan besar dalam perang Uhud
­       Perbuatan syetan dalam perang Uhud
­       Orang munafik kembali dalam perang Uhud
­       Nabi saw. cidera:
­       Kekalahan kaum muslimin dalam perang Uhud
Perang Hunain
­       Kekalahan muslimin pada awal perang
­       Hasil perang Hunain
­       Janji setia tawanan Hunain untuk memeluk Islam
Perang Khandaq
­       Kesulitan pada perang Khandak
­       Munculnya orang munafiq
­       Kegagalan pasukan Ahzab (sekutu
Perjanjian Hudaibiah
­       Kaum musyrikin menghalangi pelaksanakan umrah
­       Bai'at Ridwan
­       Keutamaan mereka yang berbai'at Ridwan
­       Tertundanya pelaksanaan umrah
­       Syarat-syarat perjanjian Hudaibiyah
­       Harta rampasan Khaibar untuk mereka yang menghadiri Hudaibiah
Perang Bani Nadhir
­       Persekongkolan orang munafik dengan Bani Nadhir
­       Pengusiran Bani Nadhir
­       Harta yang diperoleh dari Bani Nadhir
Perang Tabuk
­       Penderitaan para sahabat dalam perang Tabuk
­       Perang Tabuk dalam kondisi paceklik
­       Beberapa orang sahabat yang tidak ikut perang Tabuk
­       Sikap orang munafik dalam perang Tabuk
­       Kisah Masjid Dhirar
Penaklukan Kota Mekkah
­       Berita gembira tentang penaklukan kota Mekah
­       Mimpi Nabi saw. tentang pembukaan kota Mekah
­       Kisah Hathib bin Abu Balta'ah:
­       Nabi dan para sahabat memasuki kota Mekah:
Penaklukan Khaibar
­       Berita gembira penaklukan Khaibar
­       Beberapa surat dan perjanjian kenegaraan (hubungan diplomasi)
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah kisah Keteladanan Rasulullah SAW pada periode Madinah.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang kisah Keteladanan Rasulullah SAW pada periode Madinah secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.


Konfirmasi
-      Rasullullah SAW adalah suri tauladan utama yang mengajarkan umat tentang akhlakul karimah kepada umat. Oleh sebab itu dengan akhlakul karimah kita menjadi rahmatan lil’alamin.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam keteladanan Rasulullah SAW  sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam keteladanan Rasulullah SAW.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Quran).Siapakah yang dimaksud kamu dalam ayat tersebut….

Nabi Muhammad SAW

2.
Sebutkanlah salah satu Akhlak nabi Muhammad SAW. ……

Lemah lembut
3.
Sebutkan contoh-contoh keteladanan Rasullullah dalam periode Makkah
Contoh dalam syariat : tidak ada lagi beban-beban yang berat yang dipikulkan kepada Bani Israil. Umpamanya: mensyari'atkan membunuh diri untuk sahnya taubat, mewajibkan kisas pada pembunuhan baik yang disengaja atau tidak tanpa membolehkan membayar diat, memotong anggota badan yang melakukan kesalahan, membuang atau menggunting kain yang kena najis


II. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Rasullullah SAW, memiliki strategi dalam berdakwah




2.
Dakwah yang dilakukan Rasullullah SAW di Mekkah menggunakan cara-cara yang baik.




3.
Akhlakul-Karimah adalah strategi dakwah Rasullullah SAW.




dst
……………………………………………….





Keterangan :                              Skor Tes Sikap:
SS            = Sangat Setuju                               = 50
S              = Setuju                                             = 40
TS            = Tidak Setuju                                  = 10
STS         = Sangat Tidak Setuju                    = 0

III. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-       apa yang dilihat;
-       laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-       laporan dari orangtua murid atau siswa.
                                                                                   



Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:




Sumber : http://rppsilabusberkarakter.blogspot.com/2013/08/rpp-pai-sma-berkarakter-dan-silabus.html

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...