Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama
Sekolah : SMA/MA .............................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X /
2
Waktu : 4 x 45 menit
Aspek : Tarikh dan Kebudayaan
Islam
A. Standar Kompetensi
12. Memahami keteladanan
Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah.
B. Kompetensi Dasar
12.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah
periode Madinah
12.2 Mendeskripsikan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Mampu menunjukkan koleksi kisah-kisah perjuangan
Rasulullah pada periode Madinah.
Mampu menjelaskan latar belakang hijrah Rasulullah
ke Madinah.
Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada
periode Madinah.
Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada
periode Madinah.
Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode
Madinah.
Mampu meneladani strategi dakwah Rasulullah periode
Madinah.
Mampu menjelaskan keberhasilan yang diperoleh
Rasulullah dakwahnya pada periode Madinah
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai
keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak
dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan ajaran agama
yang dianutnya.
Toleran terhadap pelaksanaan ibadah
agama lain
Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan,
mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
Keteladanan Rasulullah SAW:
Sejarah
dakwah Rasulullah periode Madinah.
Keteladanan
Rasulullah SAW:
Strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
Mampu menunjukkan koleksi kisah-kisah
perjuangan Rasulullah pada periode Madinah.
Mampu menjelaskan latar belakang
hijrah Rasulullah ke Madinah.
Mampu menjelaskan sejarah dakwah
Rasulullah pada periode Madinah.
Mampu menunjukkan profil dakwah
Rasulullah SAW pada periode Madinah.
Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah
periode Madinah.
Mampu meneladani strategi dakwah
Rasulullah periode Madinah.
Mampu menjelaskan keberhasilan yang
diperoleh Rasulullah dakwahnya pada periode Madinah
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah dakwah
Rasulullah SAW periode Madinah.
Mendiskusikan dalam kelompok tentang strategi dakwah
Rasulullah SAW periode Madinah.
|
Presentasi hasil diskusi kelompok tentang strategi
dakwah Rasulullah periode Madinah.
Presentasi hasil diskusi kelompok tentang dakwah
Rasulullah periode Madinah.
|
Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah pada
periode Madinah.
Meneladani strategi dakwah Rasulullah periode
Madinah.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara
bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para
siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
- Untuk mengetahui sejauh
mana pengetahuan siswa tentang materi
keteladanan Rasulullah SAW pada periode Madinah.
-
Guru mengawali
dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·
Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang
Keteladanan Rasulullah SAW
pada periode Madinah?
·
Pernahkah kalian membaca tentang kisah Keteladanan
Rasulullah SAW pada
periode Madinah ?
·
Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang kisah Keteladanan
Rasulullah SAW pada
periode Madinah ?.
·
Guru menunjuk seorang siswa yang mengetahui tentang kisah
Keteladanan Rasulullah SAW
pada periode Madinah untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah
bimbingan guru.
·
Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal,
guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
·
Guru menjelaskan tentang kisah Keteladanan
Rasulullah SAW pada
periode Madinah.
Eksplorasi
- Selanjutnya
siswa menyebutkan kisah tentang kisah Keteladanan Rasulullah SAW pada periode
Madinah dari sumber bacaan dengan pengamatan dari guru.
- Selanjutnya,
guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang apakah yang harus diteladani dari
Rasulullah SAW kepada siswa.
- Setelah
selesai guru menjelaskan tentang kisah kisah Keteladanan Rasulullah SAW pada periode Madinah, dengan
ringkasan sebagai berikut :
·
Cobaan
kaum muslimin di Madinah
Kaum
Munafiq menyakiti Rasulullah saw
Penderitaan
para utusan yang ingin memeluk Islam
Orang
Yahudi menyakiti kaum muslimin
Sikap
orang-orang arab badui terhadap Islam
·
Beberapa
peristiwa di tahun kedua Hijrah
Perpindahan
arah kiblat ke Ka'bah
Perang
Badar Al Kubra
Perang
Bani Qainuqaa'
·
Beberapa
peristiwa di tahun ketiga Hijrah
Perang
Hamra Al Asad
·
Beberapa
peristiwa di tahun kelima Hijrah
Tuduhan
terhadap Aisyah ra
·
Peperangan
Perang Badar
Mimpi
Nabi saw. mengenai perang Badar
Seruan
untuk perang Badar
Rasul
saw. memohon bantuan Allah dalam perang Badar.
Perang
adu ketangkasan pertama dalam Islam.
Suasana
perang Badar.
Kesaksian
malaikat dalam perang Badar.
Hasil
perang Badar.
Kaum
musyrikin menebus tawanan perang Badar.
Harta
rampasan perang Badar:
Perang Uhud
Perang
Uhud dan pengaturan pasukan
Beberapa
hal pasukan dan perang Uhud
Cobaan
besar dalam perang Uhud
Perbuatan
syetan dalam perang Uhud
Orang
munafik kembali dalam perang Uhud
Nabi
saw. cidera:
Kekalahan
kaum muslimin dalam perang Uhud
Perang Hunain
Kekalahan
muslimin pada awal perang
Hasil
perang Hunain
Janji
setia tawanan Hunain untuk memeluk Islam
Perang Khandaq
Kesulitan
pada perang Khandak
Munculnya
orang munafiq
Kegagalan
pasukan Ahzab (sekutu
Perjanjian Hudaibiah
Kaum
musyrikin menghalangi pelaksanakan umrah
Bai'at
Ridwan
Keutamaan
mereka yang berbai'at Ridwan
Tertundanya
pelaksanaan umrah
Syarat-syarat
perjanjian Hudaibiyah
Harta
rampasan Khaibar untuk mereka yang menghadiri Hudaibiah
Perang Bani Nadhir
Persekongkolan
orang munafik dengan Bani Nadhir
Pengusiran
Bani Nadhir
Harta
yang diperoleh dari Bani Nadhir
Perang Tabuk
Penderitaan
para sahabat dalam perang Tabuk
Perang
Tabuk dalam kondisi paceklik
Beberapa
orang sahabat yang tidak ikut perang Tabuk
Sikap
orang munafik dalam perang Tabuk
Kisah
Masjid Dhirar
Penaklukan Kota Mekkah
Berita
gembira tentang penaklukan kota
Mekah
Mimpi
Nabi saw. tentang pembukaan kota
Mekah
Kisah
Hathib bin Abu Balta'ah:
Nabi
dan para sahabat memasuki kota
Mekah:
Penaklukan Khaibar
Berita
gembira penaklukan Khaibar
Beberapa
surat dan
perjanjian kenegaraan (hubungan diplomasi)
- Guru menjelaskan
kepada siswa akan hikmah kisah Keteladanan Rasulullah SAW pada periode Madinah.
- Guru
menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang kisah Keteladanan
Rasulullah SAW pada periode Madinah secara berkelompok.
- Siswa
diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
-
Rasullullah
SAW adalah suri tauladan utama yang mengajarkan umat tentang akhlakul karimah kepada umat. Oleh sebab itu
dengan akhlakul karimah kita menjadi rahmatan lil’alamin.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para
siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam keteladanan Rasulullah
SAW sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru
meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam
keteladanan Rasulullah SAW.
- Guru
menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa
menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI SMA kelas I
J. Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Maka
(apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati setelah
mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini
(Al-Quran).Siapakah yang dimaksud kamu dalam ayat tersebut….
|
Nabi Muhammad SAW
|
2.
|
Sebutkanlah
salah satu Akhlak
nabi Muhammad SAW. ……
|
Lemah lembut
|
3.
|
Sebutkan contoh-contoh
keteladanan Rasullullah dalam periode Makkah
|
Contoh
dalam syariat : tidak ada lagi beban-beban yang berat yang dipikulkan kepada
Bani Israil. Umpamanya: mensyari'atkan membunuh diri untuk sahnya taubat,
mewajibkan kisas pada pembunuhan baik yang disengaja atau tidak tanpa
membolehkan membayar diat, memotong anggota badan yang melakukan kesalahan,
membuang atau menggunting kain yang kena najis
|
II. Tes Sikap
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Rasullullah SAW, memiliki strategi dalam berdakwah
|
|
|
|
|
2.
|
Dakwah yang dilakukan Rasullullah SAW di Mekkah menggunakan
cara-cara yang baik.
|
|
|
|
|
3.
|
Akhlakul-Karimah
adalah strategi dakwah Rasullullah SAW.
|
|
|
|
|
dst
|
……………………………………………….
|
|
|
|
|
Keterangan
: Skor
Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju = 50
S = Setuju = 40
TS = Tidak Setuju = 10
STS = Sangat Tidak Setuju = 0
III.
Portofolio
Tes
pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat
pengalaman agama berdasarkan antara lain:
- apa yang dilihat;
-
laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
- laporan
dari orangtua murid atau siswa.
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP/NIK:
|
|
.............. , ...............................
Guru Bidang Studi
_________________________
NIP/NIK:
|
Sumber : http://rppsilabusberkarakter.blogspot.com/2013/08/rpp-pai-sma-berkarakter-dan-silabus.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar