Senin, 21 April 2014

RPP Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 I Menulis naskah drama (bag. 2))



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit
TEMA

STANDAR KOMPETENSI
16. Menulis naskah  drama
KOMPETENSI DASAR
16.2   Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mampu mendaftar pengalaman sendiri yang menarik
·   Mampu menentukan pengalaman sendiri yang akan dinarasikan dalam bentuk adegan drama
·   Mampu menentukan tema dan amanat drama
·   Mampu menciptakan latar yang mendukung adegan
·   Mampu mendeskripsikan penokohan dan alur untuk mendukung adegan
·   Mampu menyusun naskah/skenario drama
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Mandiri
·   Kepemimpinan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Contoh pengalaman-pengalaman hidup seseorang t
Unsur-unsur intrinsik drama
Cara menciptakan latar drama
Cara menyusun naskah/skenario drama
Contoh naskah/skenario drama





STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         menyusun naskah/skenario drama
·        Menulis naskah  drama
·     Siswa Mampu menyusun naskah/skenario drama


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F  Siswa saling mengungkapkan pengalamannya menonton pemen tasan drama/sinetron yang bersumberkan  pengalaman hidup
·      Bersahabat/ komunikatif

INTI
& Eksplorasi
F  Siswa mendaftar pengalaman sendiri yang menarik
F  Siswa menentukan pengalamannya  sendiri yang akan dinarasikan dalam bentuk adegan drama
F  Siswa menentukan tema dan amanat drama yang akan disusun
F  Siswa menciptakan latar dalam naskah dramanya untuk mendukung adegan drama
F  Siswa mendeskripsikan penokohan dan alur dalam naskah drama untuk mendukung adegan
F  Siswa menyusun naskah/skenario drama secara lengkap
& Elaborasi
F  Siswa masuk dalam kelompok kerja dan menentukan salah satu naskah drama untuk dipentaskan
F  Siswa berdiskusi untuk
F  Siswa mementaskan salah satu naskah drama yang sudah dipilih
F  Siswa atau kelompok lain menilai pementasan drama tersebut
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Mandiri
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

F  Siswa diminta mengungkapkan pengalamannya dalam menarasikan pengalaman hidupnya menjadi naskah drama
F  Siswa diminta mengungkapkan manfaat yang diperoleh dari narasi pengalaman hidupnya
F  Siswa mengerjakan uji kompetensi
F  Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan kuis uji teori
·   Bersahabat/ komunikatif

METODE DAN SUMBER BELAJAR



Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 153-157
Rumadi (Ed). 1991. Kumpulan Dra ma Remaja. Jakarta : PT Grasindo
  v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pengajaran menulis nas kah drama, rekaman pementasan drama/sinetron
  V
Media cetak dan elektronik
Naskah drama di majalah, pemutaran sinetron/film di TV
  V
Website internet
Publikasi naskah-naskah drama
  V
Narasumber
Penulis skenario, sutradara, aktor/ aktris drama/sinetron/film
  V
Model peraga
Siswa yang mempunyai pengalam an atau berprofesi sebagai aktor/ aktris, pemain drama sekolah
  V
Lingkungan
Pementasan drama di lingkungan sekitar siswa, pemutaran sinetron di TV atau film di bioskop


Metode
  V
Presentasi

  V
Diskusi Kelompok

  V
Inquari

  V
Demontrasi /Pemeragaan Model
Pemutaran rekaman drama/ sine tron/film, pementasan drama  kelas
PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  V
Tes  Lisan
  V
Tes Tertulis 
  V
Observasi Kinerja/Demontrasi
  V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  V
Pengukuran Sikap
  v
Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Tugas/perintah untuk mengungkapkan pengalaman, melakukan diskusi, pementasan drama
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

PENILAIAN NARASI PENGALAMAN DALAM BENTUK ADEGAN DAN LATAR
PADA NASKAH DRAMA
Kompetensi Dasar     : Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar           
                                       pada naskah drama
Nama Siswa                 :
Kelas/Nomor Absen  :
Tanggal Penilaian      :

ASPEK YANG DINILAI
SKOR
1
2
3
4
5
1.
Ketepatan pemilihan pengalaman yang dinarasikan





2.
Ketepatan pemilihan mimik





3.
Ketepatan pemilihan gerak tangan





4.
Ketepatan pemilihan cara berjalan





5.
Ketepatan pemilihan cara bertingkah laku





6.
Ketepatan pemilihan tata busana/kostum





7.
Ketepatan pemilihan latar tempat/tata panggung





8.
Ketepatan pemilihan latar waktu





9.
Ketepatan pemilihan latar suasana





10
Ketepatan pemilihan latar kejadian pendukung





JUMLAH SKOR



Mengetahui,
Kepala Sekolah






                    Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Indonesia





 
Sumber :

http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...