RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA PELAJARAN
|
Bahasa dan Sastra Indonesia
|
||
KELAS /SEMESTER
|
XI (sebelas) / 2 (dua)
|
||
PROGRAM
|
Umum
|
||
ALOKASI WAKTU
|
3 x 45 menit
|
||
TEMA
|
|
||
STANDAR KOMPETENSI
|
16. Menulis naskah
drama
|
||
KOMPETENSI DASAR
|
16.2 Menarasikan pengalaman manusia dalam
bentuk adegan dan latar pada naskah drama
|
||
ASPEK PEMBELAJARAN
|
Menulis
|
||
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
|
·
Mampu mendaftar pengalaman sendiri yang
menarik
·
Mampu menentukan pengalaman sendiri yang
akan dinarasikan dalam bentuk adegan drama
·
Mampu menentukan tema dan amanat drama
·
Mampu menciptakan latar yang mendukung
adegan
·
Mampu mendeskripsikan penokohan dan alur
untuk mendukung adegan
·
Mampu menyusun naskah/skenario drama
|
·
Bersahabat/ komunikatif
·
Mandiri
|
·
Kepemimpinan
|
|
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
|
Contoh pengalaman-pengalaman hidup seseorang t
Unsur-unsur intrinsik drama
Cara menciptakan latar drama
Cara menyusun naskah/skenario drama
Contoh naskah/skenario drama
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
menyusun naskah/skenario drama
|
·
Menulis naskah drama
|
·
Siswa Mampu
menyusun naskah/skenario drama
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
PEMBUKA
(Apersepsi)
|
F Siswa saling mengungkapkan pengalamannya menonton pemen tasan
drama/sinetron yang bersumberkan pengalaman hidup
|
·
Bersahabat/ komunikatif
|
INTI
|
& Eksplorasi
F Siswa mendaftar
pengalaman sendiri yang menarik
F Siswa
menentukan pengalamannya sendiri yang
akan dinarasikan dalam bentuk adegan drama
F Siswa
menentukan tema dan amanat drama yang akan disusun
F Siswa menciptakan
latar dalam naskah dramanya untuk mendukung adegan drama
F Siswa
mendeskripsikan penokohan dan alur dalam naskah drama untuk mendukung adegan
F Siswa
menyusun naskah/skenario drama secara lengkap
& Elaborasi
F Siswa masuk dalam kelompok kerja dan menentukan salah satu naskah drama untuk dipentaskan
F Siswa berdiskusi untuk
F Siswa mementaskan salah satu naskah drama yang sudah dipilih
F Siswa atau kelompok lain menilai pementasan drama tersebut
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Mandiri
|
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)
|
F Siswa diminta mengungkapkan pengalamannya dalam menarasikan pengalaman hidupnya menjadi naskah drama
F Siswa diminta mengungkapkan manfaat yang diperoleh dari narasi pengalaman
hidupnya
F Siswa mengerjakan uji kompetensi
F Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan kuis uji teori
|
· Bersahabat/
komunikatif
|
METODE DAN
SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar
|
v
|
Pustaka rujukan
|
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI
Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 153-157
Rumadi (Ed). 1991. Kumpulan Dra ma
Remaja. Jakarta : PT Grasindo
|
v
|
Material: VCD, kaset, poster
|
Rekaman pengajaran menulis nas kah drama, rekaman pementasan
drama/sinetron
|
|
V
|
Media cetak dan elektronik
|
Naskah drama di majalah, pemutaran sinetron/film di TV
|
|
V
|
Website internet
|
Publikasi naskah-naskah drama
|
|
V
|
Narasumber
|
Penulis skenario, sutradara, aktor/ aktris drama/sinetron/film
|
|
V
|
Model peraga
|
Siswa yang mempunyai pengalam an atau berprofesi sebagai aktor/ aktris,
pemain drama sekolah
|
|
V
|
Lingkungan
|
Pementasan drama di lingkungan sekitar siswa, pemutaran sinetron di TV
atau film di bioskop
|
|
Metode
|
V
|
Presentasi
|
|
V
|
Diskusi Kelompok
|
|
|
V
|
Inquari
|
|
|
V
|
Demontrasi /Pemeragaan Model
|
Pemutaran rekaman drama/ sine tron/film, pementasan drama kelas
|
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK
|
V
|
Tes Lisan
|
V
|
Tes Tertulis
|
|
V
|
Observasi Kinerja/Demontrasi
|
|
V
|
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
|
|
V
|
Pengukuran Sikap
|
|
v
|
Penilaian diri
|
|
INSTRUMEN /SOAL
|
||
Tugas/perintah untuk
mengungkapkan pengalaman, melakukan diskusi, pementasan drama
Daftar pertanyaan uji kompetensi
dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan
konsep yang sudah dipelajari
|
||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO
OBSERVASI
|
PENILAIAN NARASI
PENGALAMAN DALAM BENTUK ADEGAN DAN LATAR
PADA NASKAH DRAMA
Kompetensi Dasar : Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk
adegan dan latar
pada
naskah drama
Nama Siswa :
Kelas/Nomor Absen :
Tanggal Penilaian :
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Ketepatan pemilihan pengalaman yang dinarasikan
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ketepatan pemilihan mimik
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ketepatan pemilihan gerak tangan
|
|
|
|
|
|
4.
|
Ketepatan pemilihan cara berjalan
|
|
|
|
|
|
5.
|
Ketepatan pemilihan cara bertingkah laku
|
|
|
|
|
|
6.
|
Ketepatan pemilihan tata busana/kostum
|
|
|
|
|
|
7.
|
Ketepatan pemilihan latar tempat/tata panggung
|
|
|
|
|
|
8.
|
Ketepatan pemilihan latar waktu
|
|
|
|
|
|
9.
|
Ketepatan pemilihan latar suasana
|
|
|
|
|
|
10
|
Ketepatan pemilihan latar kejadian pendukung
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
|
Juli 2011
Guru
Mapel Bahasa Indonesia
|
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar