Jumat, 18 April 2014

RPP B. Inggris Kelas X Semester 2



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : 
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : X / 2
Pertemuan Ke             :  6
Alokasi Waktu             :  2 x 45 menit


A.      Standar Kompetensi
         Berbicara
9.            Mengungkapkan makna   dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.      Kompetensi Dasar
9.2.          Mengungkap-kan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan mengguna-kan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
§ Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§ Merespon tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§ Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa tak percaya
§ Merespon tindak tutur menyatakan rasa tak percaya
§ Menggunakan tindak tutur menerima  undangan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).

D.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menggunakan tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§  Siswa dapat merespon tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§  Siswa dapat menggunakan tindak tutur menyatakan rasa tak percaya
§  Siswa dapat merespon tindak tutur menyatakan rasa tak percaya
§  Siswa dapat menggunakan tindak tutur menerima  undangan

E.      Materi Pokok
Congratulate and compliment others; &
Perform a monologue of narrative texts.

§  It's really great. I'm so happy.
§  I'm delighted     to hear that.
§  It gives me a     great     pleasure.
§  What a nice       news. It makes me        happy.
§  I'm really sorry to hear that!
§  Oh that's awful. What a shame.
§  Are you fine?
§  Oh dear. I know how it feels.
§  Please accept my condolences!
§  What a terrible situation for you.

F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
§  Pendekatan                        : Contextual Teaching and Learning (CTL)
§  Strategi Pembelajaran        : Cooperative Learning

G.      Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Siswa mampu menggunakan dan merespon  tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan menerima  undangan.

Siswa mampu menganalisa menggunakan dan merespon  tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan menerima  undangan.
Siswa mampu mengerjakan dan mengerti menggunakan dan merespon  tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan menerima  undangan.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
a.     Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
b.     Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
c.     Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
d.     Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
e.     Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan menerima  undangan.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan menerima  undangan.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan berbagai tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan menerima  undangan.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa berbagai teks lisan fungsional pendek berupa tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan menerima  undangan.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan menerima  undangan.
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi teks lisan fungsional pendek berupa tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan menerima  undangan.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan menerima  undangan.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

H.      Sumber/Bahan/Alat
Developing English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran berbahasa Inggris
Majalah

I.       Penilaian
  • Teknik                          :     Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
  • Bentuk Instrumen    :     Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.
Contoh Instrumen     :
X          :     I haven't met John for three days. What happened to him?
Y          :     He was sent to the hospital because of his sickness.
X          :     Oh, poor John. I hope he'll be better soon. The italicised sentence is used to express ..............

a. pleasure
b. agreement
c. sympathy
d. expectation
e. satisfaction

Mengetahui,
Kepala Sekolah,






, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,









Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/

Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...