Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : X
/ 2
Pertemuan Ke : 6
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Standar
Kompetensi
Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
9.2. Mengungkap-kan makna
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima
dengan mengguna-kan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan
rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
§
Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§
Merespon tindak tutur menyatakan rasa terkejut
§
Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa tak percaya
§
Merespon tindak tutur menyatakan rasa tak percaya
§
Menggunakan tindak tutur menerima undangan
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan).
D. Tujuan
Pembelajaran
§
Siswa dapat menggunakan tindak
tutur menyatakan rasa terkejut
§
Siswa dapat merespon tindak
tutur menyatakan rasa terkejut
§
Siswa dapat menggunakan tindak
tutur menyatakan rasa tak percaya
§
Siswa dapat merespon tindak
tutur menyatakan rasa tak percaya
§
Siswa dapat menggunakan tindak
tutur menerima undangan
E. Materi Pokok
Congratulate and compliment others; &
Perform a monologue of narrative texts.
§ It's really great. I'm so happy.
§ I'm delighted to hear that.
§ It gives me a great pleasure.
§ What a nice news. It makes me happy.
§ I'm really sorry to hear that!
§ Oh that's awful. What a shame.
§ Are you fine?
§ Oh dear. I know how it feels.
§ Please accept my condolences!
§ What a terrible situation for you.
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
§
Pendekatan
: Contextual Teaching and Learning (CTL)
§
Strategi
Pembelajaran : Cooperative Learning
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Siswa
mampu menggunakan dan merespon tindak
tutur menyatakan rasa terkejut dan menerima
undangan.
|
Siswa
mampu menganalisa menggunakan dan merespon
tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan menerima undangan.
|
Siswa
mampu mengerjakan dan mengerti menggunakan dan merespon tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan
menerima undangan.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
a.
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
b. Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
c. Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
d. Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir
karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
e. Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan
menerima undangan.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai tindak
tutur menyatakan rasa terkejut dan menerima
undangan.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan berbagai tindak tutur menyatakan rasa terkejut dan
menerima undangan.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai tindak tutur:
berkenalan, bertemu dan berpisah.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa berbagai teks lisan fungsional pendek berupa tindak tutur
menyatakan rasa terkejut dan menerima
undangan.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi tindak
tutur menyatakan rasa terkejut dan menerima
undangan.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi teks lisan
fungsional pendek berupa tindak
tutur menyatakan rasa terkejut dan menerima
undangan.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi tindak tutur menyatakan
rasa terkejut dan menerima undangan.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
Developing
English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbahasa Inggris
Majalah
I. Penilaian
- Teknik : Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
- Bentuk Instrumen : Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.
Contoh Instrumen :
X :
I haven't met John for three days.
What happened to him?
Y :
He was sent to the hospital because of
his sickness.
X : Oh,
poor John. I hope he'll be better soon. The italicised sentence is used to
express ..............
a.
pleasure
b.
agreement
c.
sympathy
d.
expectation
e.
satisfaction
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar