Senin, 21 April 2014

RPP Biologi Kelas XI Semester 2 I Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu (bag. 2)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sebelas)/ II
Pertemuan                 : 15 dan 16
Alokasi Waktu           : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3.   Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu , kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar    : 3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI serta kelianan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
Tujuan                          :        Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta       kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi.       (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin    tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli             lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi pria
·         Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi wanita
·         Mendeskripsikan proses fertilisasi dan kehamilan
·         Menghubungkan alat kontrasepsi dan proses pencegahan kehamilan pada keluarga berencana
·         Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi manusia
·         Mengidentifikasi sistem reproduksi hewan

II.  Materi Ajar
·         Struktur organ reproduksi pria
·         Struktur organ reproduksi wanita
·         Proses oogensis dan ovulasi
·         Siklus menstruasi
·         Proses spermatogenesis
·         Fertilisasi dan kehamilan
·         Teknologi Keluaraga Berencana
·         Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia

III. Metode Pembelajaran
·         Diskusi- Penugasan- Pengamatan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengamati gambar tentang alat reproduksi pria dan wanita
·     Membuat peta konsep sistem  reproduksi manusia
·     Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem reproduksi  manusia
·     Menggambar struktur alat reproduksi pria
·     Menggambar struktur alat reproduksi wanita
·     Siswa dapat Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses pada sistem reproduksi manusia (pria dan wanita)
·     Siswa dapat Mendeskripsikan proses fertilisasi dan kehamilan
·     Siswa dapat Menghubungkan alat kontrasepsi dan proses pencegahan kehamilan pada keluarga berencana
·     Siswa dapat Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi manusia
·     Siswa dapat Mengidentifikasi sistem reproduksi hewan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 15 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menanyakan pengertian, cara dan hasil dari proses reproduksi.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Dengan memberikan gambar alat reproduksi pria, siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagain dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);



Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma (spermatogenesis) dan hormon yang berperan dalam proses tersebut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru memberikan gambar organ reproduksi wanita, kemudian meminta siswa untuk mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma dan telur . (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan Kegiatan 10.1 siklus menstruasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Berdasarkan Kegiatan 10.1 siswa bersama guru mendiskusikan siklus menstruasi dan hormon yang mempengaruhi proses tersebut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Dengan memperhatikan struktur organ reproduksi dalam wanita, siswa diminta mendeskripsikan proses fertilisasi dan proses kehamilan pada wanita. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan menyimpulkan sistem reproduksi pria dan wanita, proses spermatogenesis dan oogenesis, siklus menstruasi, fertilisasi, dan kehamilan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 16 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali proses terjadinya fertilisasi.


B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Dengan diberikan gambar organ reproduksi wanita dan pria siswa diminta mendiskusikan macam-macam KB dan prinsip kerjanya sehingga dapat mencegah kehamilan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa gangguan pada sistem reproduksi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru meminta siswa membaca sistem reprosuksi pada hewan dari buku teks, kemudian menyusun rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai cara dalam KB dan gangguan pada sistem reproduksi manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru mengumpulkan hasil rangkuman siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru memberi tugas pada siswa untuk melakukan studi lapangan tentang budidaya ikan hias  dengan mengunakan menggunakan Kegiatan 10.3. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.  Alat /Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina,  Esis, Bab X
·         Berbagai gambar alat reproduksi manusia
·         Sentra usaha budidaya ikan hias
VI. Penilaian
·         Rangkuman sistem reproduksi hewan
·         Uji kompetensi tertulis




Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Biologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................


 Sumber :

http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/


Tidak ada komentar:

Kisah Mata Air Keabadian

Kisah ini diriwayatkan oleh Ats-Tsa’labi dari Imam Ali ra. Pada zaman dahulu hiduplah seorang hamba Allah SWT yang melebihkan kepada d...