RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ II
Pertemuan : 15 dan 16
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu
Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu ,
kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi,
fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI serta kelianan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem reproduksi manusia
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem reproduksi. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mengidentifikasi
struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi pria
·
Mengidentifikasi
struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi wanita
·
Mendeskripsikan proses fertilisasi dan kehamilan
·
Menghubungkan alat kontrasepsi dan proses
pencegahan kehamilan pada keluarga berencana
·
Mengidentifikasi
kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi manusia
·
Mengidentifikasi sistem reproduksi hewan
II. Materi Ajar
·
Struktur organ reproduksi pria
·
Struktur organ reproduksi wanita
·
Proses oogensis dan ovulasi
·
Siklus menstruasi
·
Proses spermatogenesis
·
Fertilisasi dan kehamilan
·
Teknologi Keluaraga Berencana
·
Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem
reproduksi manusia
III. Metode Pembelajaran
·
Diskusi-
Penugasan- Pengamatan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengamati gambar tentang alat reproduksi
pria dan wanita
|
· Membuat peta konsep sistem reproduksi manusia
· Mengidentifikasi komponen yang terlibat
dalam sistem reproduksi manusia
· Menggambar struktur alat reproduksi pria
· Menggambar struktur alat reproduksi
wanita
|
· Siswa dapat Mengidentifikasi struktur,
fungsi, dan proses pada sistem reproduksi manusia (pria dan wanita)
· Siswa dapat Mendeskripsikan proses
fertilisasi dan kehamilan
· Siswa dapat Menghubungkan alat
kontrasepsi dan proses pencegahan kehamilan pada keluarga berencana
· Siswa dapat Mengidentifikasi kelainan
yang terjadi pada sistem reproduksi manusia
· Siswa dapat Mengidentifikasi sistem
reproduksi hewan
|
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 15 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
menanyakan pengertian, cara dan hasil dari proses reproduksi.
B. Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Dengan
memberikan gambar alat reproduksi pria, siswa diminta mengidentifikasi
bagian-bagain dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma (spermatogenesis) dan
hormon yang berperan dalam proses tersebut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
memberikan gambar organ reproduksi wanita, kemudian meminta siswa untuk
mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma dan telur . (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan Kegiatan 10.1 siklus menstruasi. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Berdasarkan
Kegiatan 10.1 siswa bersama guru mendiskusikan siklus menstruasi dan hormon
yang mempengaruhi proses tersebut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Dengan
memperhatikan struktur organ reproduksi dalam wanita, siswa diminta
mendeskripsikan proses fertilisasi dan proses kehamilan pada wanita. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan menyimpulkan sistem reproduksi pria dan wanita,
proses spermatogenesis dan oogenesis, siklus menstruasi, fertilisasi, dan
kehamilan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 16 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali proses terjadinya fertilisasi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Dengan
diberikan gambar organ reproduksi wanita dan pria siswa diminta mendiskusikan
macam-macam KB dan prinsip kerjanya sehingga dapat mencegah kehamilan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan beberapa gangguan pada sistem reproduksi. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa membaca sistem reprosuksi pada hewan dari buku teks, kemudian
menyusun rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan berbagai cara dalam KB dan gangguan pada sistem
reproduksi manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
mengumpulkan hasil rangkuman siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
memberi tugas pada siswa untuk melakukan studi lapangan tentang budidaya ikan
hias dengan mengunakan menggunakan
Kegiatan 10.3. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat /Bahan/Sumber
·
Buku
Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis
·
Buku
Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab X
·
Berbagai
gambar alat reproduksi manusia
·
Sentra
usaha budidaya ikan hias
VI. Penilaian
·
Rangkuman
sistem reproduksi hewan
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
Sumber :
http://aguswuryanto.wordpress.com/rpp-dan-silabus-berkarakter-sma/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar