Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama
Sekolah : SMA/MA .............................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X /
1
Waktu : 6 x 45 menit
Aspek : Akhlak
A. Standar Kompetensi
4. Membiasakan perilaku
terpuji.
B. Kompetensi Dasar
4.1 Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan.
4.2 Menyebutkan
contoh-contoh perilaku husnuzhan
terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
4.3 Membiasakan perilaku
husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap
Allah.
Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap
diri sendiri.
Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap
sesama manusia.
Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap Allah.
Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap diri
sendiri.
Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap sesama
manusia.
Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah.
Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama
manusia.
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai
keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak
dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan ajaran agama
yang dianutnya.
Toleran terhadap pelaksanaan ibadah
agama lain
Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan,
mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
Husnuzhan :
-
Pengertian Perilaku Husnuzhan
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
Mampu menyebutkan pengertian husnu
zhan terhadap Allah.
Mampu menyebutkan pengertian husnu
zhan terhadap diri sendiri.
Mampu menyebutkan pengertian husnu
zhan terhadap sesama manusia.
Mampu menyebutkan contoh husnu zhan
terhadap Allah.
Mampu menyebutkan contoh husnu zhan
terhadap diri sendiri.
Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap
sesama manusia.
Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap
Allah.
Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap
diri sendiri.
Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap
sesama manusia.
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Bertanya jawab
tentang pengertian
perilaku husnu zhan.
Bertanya jawab
tentang prilaku-prilaku yang berkaitan dengan
husnuzhan.
|
Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku
husnu dzan terhadap Allah.
Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku
husnuzhan terhadap diri sendiri.
Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku
terhadap sesama manusia.
|
Mempraktikkan contoh-contoh perilaku
husnu dzan terhadap Allah.
Mempraktikkan contoh-contoh perilaku
husnuzhan terhadap diri sendiri.
Mempraktikkan contoh-contoh perilaku
terhadap sesama manusia
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara
bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para
siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk
mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pengertian Perilaku
Husnuzhan
-
Guru
mengawali dengan
mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·
Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang perilaku husnuzhan?
·
Pernahkah kalian berperilaku
husnuzhan?
·
Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti perilaku husnuzhan?
- Guru
menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang perilaku husnuzhan untuk
memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
- Setelah
para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa
untuk menerangkanya kembali.
- Guru
menjelaskan tentang perilaku
husnuzhan baik terhadap Allah maupun terhadap diri sendiri.
Eksplorasi
- Selanjutnya
siswa menyebutkan perilaku husnuzhan dari
sumber bacaan dengan pengamatan dari guru.
-
Selanjutnya,
guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti perilaku husnuzhan kepada siswa.
- Setelah selesai guru
menjelaskan perilaku husnuzhan.
- Guru
menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan.
- Guru
menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang perilaku husnuzhan secara
berkelompok.
- Siswa
diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
-
Perilaku
husnuzhan banyak mengandung nilai-nilai sikap dan
perilaku yang utama, seperti selalu berfikir positif
terhadap takdir Allah dan tidak berprasangka terhadap nikmat-Nya . Jika direnungkan, betapa Indah dan
mulianya bersikap positif tanpa prasangka .
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para siswa sekali
lagi tentang hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru
meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam
perilaku husnuzhan .
- Guru
menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab
salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI SMA kelas I
J. Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
|
Butir – butir
Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Apakah yang dimaksud dengan Husnuzhan itu.............
|
Berfikir dan bersikap yang baik. (Positif Thinking)
|
2.
|
Segala
musibah yang terjadi di Negeri ini merupakan azab karena kesalahan kolektif
dari pemimpin dan rakyat yang tidak menghendaki adanya syariat,dengan tanpa
menyalahkan Allah. Merupakan cerminan dari……
|
Husnuzhan terhadap Allah.
|
3.
|
Nanang berghorim kepada
Udin sebesar Rp. 50.000 dan belum juga terlunasi. Sikap Udin membiarkan
karena ia berpendapat bahwa Nanang sedang tidak ada uang dan mungkin tertimpa
kesulitan.
|
Husnuzhan terhadap sesama manusia.
|
II. Tes Sikap
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Musibah datang dari Allah untuk memberikan pelajaran dan hikmah.
|
|
|
|
|
2.
|
Allah Yang Berkuasa dan Yang Menentukan .
|
|
|
|
|
3.
|
Tanamkan
kebaikan sejak dini karena ia merupakan benih yang akan kita peroleh hasilnya
dilain hari
|
|
|
|
|
dst
|
……………………………………………….
|
|
|
|
|
Keterangan
: Skor
Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju = 50
S = Setuju = 40
TS = Tidak Setuju = 10
STS = Sangat Tidak Setuju = 0
III.
Portofolio
Tes
pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat
pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-
apa
yang dilihat;
- laporan rekan
guru dan pegawai lainnya; dan
-
laporan dari orangtua murid atau siswa.
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP/NIK:
Sumber : http://rppsilabusberkarakter.blogspot.com/2013/08/rpp-pai-sma-berkarakter-
|
|
.............. , ...............................
Guru Bidang Studi
_________________________
NIP/NIK:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar