Diskusi adalah suatu
proses yang teratur yang melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap muka
yang informal dengan berbagai pengalaman dan informasi, pengambilan kesimpulan
atau pemecahan masalah (Usman, 2008:94).
Yang
dimaksud dengan metode diskusi adalah suatu kegiatan kelompok dalam memecahkan
masalah untuk mengambil kesimpulan.Diskusi tidak sama dengan berdebat, diskusi
selalu diarahkan kepada pemecahan masalah yang menimbulkan berbagai macam
pendapat dan akhirnya diambil suatu kesimpulan yang dapat diterima oleh anggota
dalam kelompoknya (Abu Ahmadi, 1986:114).
Sedangkan
menurut Syah (2000), metode diskusi adalah metode mengajar yang sangat erat
hubungannya dengan belajar memecahkan masalah (problem solving), metode ini lazim disebut sebagai diskusi kelompok
(group discussion) dan resitasi
bersama (socialitized recitation). Metode
diskusi sendiri dimaksudkan untuk merangsang pemikiran serta berbagai jenis
pandangan (Muhaimin, dkk, 1996:83).
Metode diskusi adalah
suatu cara mempelajari materi pelajaran dengan memperdebatkan masalah yang
timbul dan saling mengadu argumentasi, secara rasional dan objektif (Usman, 2008:94).
Metode diskusi ialah
suatu cara penyajian bahan pelajaran, guru memberi kesempatan pada siswa
(kelompok-kelompok siswa) untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna
mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternatif
pemecahan atas suatu masalah (Hasibuan dan
Moedjiono, 2008:20).
Metode diskusi adalah
suatu cara penyajian atau penyampaian bahan pelajaran, guru memberi kesempatan
kepada peserta didik/kelompok untuk mengadakan pembicaraan ilmiah guna
mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternatif
pemecahan atas suatu masalah (Ramayulis, 2008:289).
Dari beberapa
pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa metode diskusi adalah suatu metode yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan saling tukar menukar pendapat atau
ide, pengalaman, untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar