Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama
Sekolah : SMA/MA .............................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X /
2
Waktu : 6 x 45 menit
Aspek : Al-Qur’an
A. Standar Kompetensi
7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang Demokrasi.
B. Kompetensi Dasar
7.1 Membaca QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
7.2 Menyebutkan arti QS Ali Imran
159: dan QS Asy Syura: 38
7.3 Menampilkan perilaku hidup
demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imran;159, dan QS Asy Syura: 38
dalam kehidupan sehari-hari
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38
dengan baik dan benar.
Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran : 159
dan Asy-Syura : 38.
Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran; 159 dan
Asy-Syura; 38.
Mampu menyimpulkan isi kandungan
Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura: 38
Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang
demokratis sesuai dengan QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti
yang terkandung dalam QS Ali Imran;159.
Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti
yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38.
Mampu menunjukkan manfaat perilaku demokratis dalam
kehidupan bermasyarakat.
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai
keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak
dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan ajaran agama
yang dianutnya.
Toleran terhadap pelaksanaan ibadah
agama lain
Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan,
mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
QS Ali Imran : 159
QS Asy-Syura : 38
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan
Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali
Imran : 159 dan Asy-Syura : 38.
Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran;
159 dan Asy-Syura; 38.
Mampu menyimpulkan isi kandungan
Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura: 38
Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang
yang demokratis sesuai dengan QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
Mampu menunjukkan perilaku yang
demokratis seperti yang terkandung dalam QS Ali Imran;159.
Mampu menunjukkan perilaku yang
demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38.
Mampu menunjukkan manfaat perilaku
demokratis dalam kehidupan bermasyarakat.
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Membaca dengan fasih Q.S. Ali Imran: 159 dan
Asy-Syura:38
Siswa mengamati Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura:
38
|
§ Menyebutkan arti per-kata Q.S. Ali Imran : 159 dan
Asy Syura: 38.
§ Menyebutkan per-ayat Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy
Syura: 38.
|
Siswa membiasakan perilaku demokra-tis yang terdapat
dalam Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
Mempraktikkan perilaku demokra-tis yang terdapat
dalam Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
Menunjukkan perilaku demokra-tis yang terdapat dalam
Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara
bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para
siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk
mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran QS Ali
Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
-
guru
mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
- Pernahkah
kalian mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas ?
- Pernahkah
kalian membaca surat tersebut diatas ?
- Siapakah
diantara kalian yang sudah hafal QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38?
- Guru
menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca QS Ali Imran: 159 dan Asy -
Syura: 38, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah
bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
- Setelah
para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk
membaca QS Ali Imran: 159
, yaitu sebagai berikut.
- Setelah
para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk
membaca QS Asy - Syura:
38, yaitu sebagai berikut.
-
Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum
bacaan yang terdapat dalam QS
Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
Eksplorasi
- Selanjutnya
siswa membaca arti QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38 dengan berpedoman
kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan
dari guru.
- Selanjutnya,
guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti QS Ali Imran: 159 dan Asy -
Syura: 38 kepada siswa.
-
Setelah
mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin QS Ali Imran: 159 dan
Asy - Syura: 38 berikut artinya dengan
benar.
QS Ali Imran: 159
“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu
berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi
berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu
maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan
mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka
bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang
bertawakal kepada-Nya”.
Asy - Syura: 38
“Lalu dikumpulkanlah
ahli-ahli sihir pada waktu yang ditetapkan di hari yang maklum,”
- Guru
menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam QS Ali Imran: 159 dan
Asy - Syura: 38.
- Guru
menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang perilaku yang demokratis
sebagaimana yang terkandung dalam isi QS
Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38 secara berkelompok.
- Siswa
diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
-
Dalam
QS Ali Imran: 159 dan
Asy - Syura: 38 banyak mengandung
nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti perilaku
demokratis yang selalu mengutamakan kepentingan umum dibanding dengan
kepentingan pribadi dan selalu mengambil keputusan secara bersama dan tidak diktator dalam hal mengambil keputusan . Jika direnungkan, betapa tingginya
nilai demokratis yang selalu dilakukan dengan kebersamaan.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para
siswa sekali lagi membaca QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38 sebagai penutup
materi pembelajaran.
- Guru
meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan QS Ali
Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
- Guru
menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa
menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI SMA kelas I
J. Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
|
Butir – butir
Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Bacalah penggalan ayat yang mengandung arti dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu.
|
وَشَاوِرْهُمْ فِي الأمْرِ
|
2.
|
فَجُمِعَ
السَّحَرَةُ Arti
penggalan ayat tersebut adalah........
|
Lalu dikumpulkanlah ahli-ahli sihir
|
3.
|
Hukum bacaan “nun mati”
bertemu dengan “lam” adalah…….
|
Idgham
Bilaghunnah
|
II. Tes Perbuatan
No.
|
Nama Siswa
|
Kemampuan
Membaca
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Masdar
|
|
|
|
|
|
2.
2
|
Haykal
|
|
|
|
|
|
3.
3
|
Sugi
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Skor Tes Perbuatan :
1.
= Membaca lancar dan baik =
80 – 90 = A
2.
= Membaca lancar kurang baik = 70 – 79 = B
3.
= Membaca Terbata-bata =
60 – 69 = C
4.
= Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru = 50 – 59 = D
5.
= Tidak dapat membaca = kurang dari 50 = E
III. Tes Sikap
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Kepentingan golongan adalah diatas kepentingan pribadi
|
|
|
|
|
2.
|
Falsafah demokrasi adalah dari kita untuk kita dan
kembali kekita
|
|
|
|
|
3.
|
Sebelum dunia mengenal
demokrasi, Islamlah pertama kali mengajarkan demokrasi
|
|
|
|
|
dst
|
……………………………………………….
|
|
|
|
|
Keterangan
: Skor
Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju = 50
S = Setuju = 40
TS = Tidak Setuju = 10
STS = Sangat Tidak Setuju = 0
IV.
Portofolio
Tes
pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat
pengalaman agama berdasarkan antara lain:
- apa yang dilihat;
- laporan
rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-
laporan dari orangtua murid atau siswa.
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP/NIK:
|
|
.............. , ...............................
Guru Bidang Studi
_________________________
NIP/NIK:
|
Sumber : http://rppsilabusberkarakter.blogspot.com/2013/08/rpp-pai-sma-berkarakter-dan-silabus.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar